Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:13 WIB | Senin, 17 Januari 2022

26 Rumah di Sumedang Terancam Tertimbun Longsoran

Tanah longsor di Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada hari Minggu (16/1). (Foto: Ist)

SUMEDANG, SATUHARAPAN.COM-Dua hektare sawah tertimbun longsor, dan 26 unit rumah yang dekat longsoran terancam tertimbun longsor di Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada Minggu (16/1), menurut laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang.

Longsor terjadi pasca hujan dengan intensitas tinggi melanda wilayah itu hari Minggu siang hingga sore yang mengakibatkan tebing dengan ketinggian sekitar 150 meter dan lebar sekitar 80 meter longsor. Longsoer berdampak pada dua hektare sawah sampai tertutup dan sebagian sawah terbawa longsoran hingga menutup aliran sungai Cipo.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Sumedang tengah melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan instansi terkait. Mengantisipasi longsoran susulan. BPBD mengarahkan masyarakat untuk mengungsi sementara ke rumah Saudara.

Berdasarkan prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk 16 hingga 17 Januari  berpotensi hujan ringan hingga sedang.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home