Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 15:22 WIB | Kamis, 26 Januari 2017

2.709 Siswa Yatim Piatu Terima Kartu Indonesia Pintar

Presiden Joko Widodo memberikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada sejumlah siswa yatim piatu yang berasal dari berbagai panti asuhan di wilayah Jabodetabek pada acara Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) Tahun 2017, di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, hari Kamis (26/1). (Foto: BPMI Setpres)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Presiden Joko Widodo memberikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada sejumlah siswa yatim piatu yang berasal dari berbagai panti asuhan di wilayah Jabodetabek. Sebanyak 2.709 siswa menerima bantuan KIP yang menjadi program prioritas pemerintah dalam memperluas akses pendidikan.

Kepala Negara menargetkan sebanyak 19 juta KIP dapat didistribusikan pada tahun 2017 ini. Jumlah tersebut meningkat dari sebelumnya yang berjumlah 16,4 juta KIP.

"Khusus untuk yatim akan dibagikan kepada 760.000 anak di seluruh Indonesia. Sekali lagi, 760.000 anak yatim yang akan kita berikan baik yang berada di SD, SMP, maupun di SMA," kata Presiden Jokowi saat membuka acara Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) Tahun 2017, di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, hari Kamis (26/1).

Adapun besaran bantuan yang didapatkan para siswa penerima bantuan ialah sebesar Rp 450.000 per tahun untuk yang berada di tingkat SD, Rp 750.000 bagi yang berada di tingkat SMP, dan Rp 1 juta bagi pelajar SMA. Presiden pun mengingatkan agar para siswa dapat lebih bijak dalam membelanjakan bantuan pendidikan tersebut.

"Hati-hati, ini harus dipakai untuk hal-hal yang berkaitan dengan sekolah. Bisa untuk beli sepatu, buku, seragam, dan bayar sekolah juga boleh. Tapi tidak boleh untuk beli pulsa," katanya.

Turut hadir dalam acara tersebut di antaranya Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, dan Plt. Gubernur DKI Jakarta Sumarsono. (PR)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home