Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 10:34 WIB | Rabu, 24 Februari 2016

3 Program Studi Baru di Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya Malang. (Foto: ub.ac.id)

MALANG, SATUHARAPAN.COM – Universitas Brawijaya membuka tiga program studi (prodi) baru dalam seleksi mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan SPMK tahun 2016 ini.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof Dr Ir Kusmartono mengemukakan hal itu pada akhir pekan lalu di Malang.

Wakil Rektor I menjelaskan, tiga prodi baru yang akan dibuka adalah kewirausahaan (FIA), instrumentasi (FMIPA), dan teknologi informasi (Filkom).

Untuk angkatan pertama dalam penerimaan mahasiswa baru, kuota mahasiswa pada prodi kewirausahaan sebanyak 60, instrumentasi 50 mahasiswa, dan teknologi informasi 80 mahasiswa.

Kusmartono menambahkan, izin sudah keluar dalam kaitan dengan pembukaan tiga prodi baru tersebut. Dengan turunnya izin tiga prodi baru tersebut, UB saat ini memiliki 67 prodi.

Untuk menjaga rasio dosen dan mahasiswa proporsional,penerimaan mahasiswa baru pada program agrokompleks, seperti Fakultas Peternakan (Fapet), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), dan Fakultas Pertanian (FP) akan dikurangi 40 hingga 50 mahasiswa setiap fakultas. Hal itu disebabkan di setiap fakultas tersebut jumlah dosen dan mahasiswa masih dianggap belum proporsional.

Upaya memproporsionalkan rasio antara dosen dan mahasiswa dilakukan dengan cara mengurangi jumlah mahasiswa baru untuk jenjang sarjana, sesuai dengan program rektor mencapai world class university (WCU).

UB, seperti dikutip dari prasetya.ub.ac.id, menjelaskan  tidak melakukan sosialisasi untuk merekrut mahasiswa baru. Namun, kampus akan tetap melayani jika ada undangan.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home