Loading...
RELIGI
Penulis: Eben E. Siadari 18:04 WIB | Minggu, 09 Oktober 2016

3.000 Ayat Alquran Miliki Kemiripan dengan Ayat Alkitab

Safi Kaskas (kiri dan David Hungerford (Foto: Ist)

CHICAGO, SATUHARAPAN.COM - Dua orang sahabat, yang seorang Muslim dan seorang lagi Kristen, bekerja sama menerbitkan sebuah terjemahan Alquran dalam Bahasa Inggris. Terjemahan itu dimaksudkan untuk menjembatani kesenjangan pemahaman antara kalangan Islam dan Kristen.

.Salah satu temuan mereka adalah ada lebih dari 3.000 ayat Alquran dan Alkitab memiliki kemiripan. Itu sebabnya, dalam terjemahan baru Alquran yang mereka buat, padanan ayat Alquran di Alkitab dicantumkan di halaman yang sama, sehingga pembaca dapat melihat persamaannya.

Adalah Safi Kaskas, seorang Muslim kelahiran Lebanon, pendiri East-West University di Chicago, yang memulai proyek ini sejak 10 tahun lalu. Ia bekerja sama dengan sahabatnya, David Hungerford, seorang Kristen pensiunan ahli bedah ortopedi di Johns Hopkins University dan The Good Samaritan Hospital di Baltimore, Maryland. Mereka berdua menerbitkan  The Qur'an — With References to the Bible: A Contemporary Understanding, awal tahun ini. Hungerford  berharap dengan proyek ini dapat mengurangi kecurigaan kawan-kawannya terhadap kalangan Muslim, karena ternyata dua kitab suci mereka memiliki banyak hal yang sama.

"Sebagian besar ketegangan yang muncul di Dunia Barat pasca era 11 September adalah karena orang Kristen takut kepada Muslim dan kitab suci mereka, Quran," kata Safi Kaskas, dikutip dari Religion News Services.

"Terjemahan baru ini didesain sebagai alat rekonsiliasi antara Muslim dan pengikut agama Abraham lainnya," tutur dia.

"Di kalangan masyarakat Kristen saat ini, tidak ada yang bicara tentang hal-hal yang sama di antara sesama penganut agama Abraham, sebagian besar berpusat di sekitar pribadi Yesus dari Nasaret," kata Hungerford.

Yesus sendiri, kata dia, merupakan tokoh suci yang penting di Alquran, dimana dia dikenal sebagai Isa.

Menurut mereka, terjemahan baru ini menunjukkan lebih dari 3.000 ayat pada kitab suci kedua agama memiliki kesamaan.

Dalam Alquran terjemahan baru ini, mereka menyajikannya dengan cara menampilkan terjemahan Alquran bahasa Inggris di bagian atas halaman, sedangkan ayat Alkitab analogisnya di tempatkan di bagian bawah.

Sebagai contoh, bab keenam dari 114 bab Alquran dapat ditemukan kesamaannya pada Kejadian 1:3-5 di Alkitab dan Yesaya 46:5.

Buku ini adalah sebuah proyek dari Bridges to Common Ground, sebuah organisasi nirlaba yang didirikan untuk mengurangi sikap anti-Islam di kalangan Kristen, dan untuk mencegah radikalisasi kaum muda Muslim, berdasarkan teori bahwa pengetahuan atas kitab suci penganut agama lain akan memunculkan nilai-nilai bersama.

"Tujuan kami sama sekali tidak untuk mengkonversi pembaca dari satu agama ke agama lain, atau menggabungkan dua agama menjadi satu," kata Kaskas.

"Sebaliknya, kami berusaha untuk membangun jembatan pemahaman antara orang-orang dari tiga agama Abraham."

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home