Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:06 WIB | Sabtu, 01 April 2023

36 Tewas Akibat Jatuh ke Sumur di Sebuah Kuil di India

Tim penyelamat bekerja di lokasi sebuah bangunan yang dibangun di atas sumur candi tua yang runtuh pada hari Kamis ketika kerumunan besar umat berkumpul untuk festival Hindu Ram Navami, di Indore, India, Jumat, 31 Maret 2023. Tiga puluh lima mayat telah ditemukan di dalam sebuah sumur di sebuah kuil Hindu di India tengah setelah puluhan orang jatuh ke dalam air berlumpur ketika penutup sumur itu ambruk. (Foto: AP)

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM-Sebanyaki 36 mayat telah ditemukan di dalam sebuah sumur di sebuah kuil Hindu di India tengah setelah puluhan orang yang menghadiri festival jatuh ke dalam air berlumpur ketika penutupnya runtuh, kata para pejabat hari Jumat (31/3).

Video runtuhnya kompleks candi pada hari Kamis (30/3) di Indore di negara bagian Madhya Pradesh menunjukkan kekacauan sesudahnya, dengan orang-orang bergegas pergi. Sebuah ekskavator merobohkan dinding kuil berusia puluhan tahun untuk membantu orang melarikan diri.

Hampir 140 penyelamat, termasuk personel tentara, menggunakan tali dan tangga untuk menarik jenazah dari sumur setelah memompa keluar air. Jalan sempit dan puing-puing di dalam sumur mempersulit tugas itu.

"Kami telah menemukan 36 mayat dan semua orang telah dipertanggungjawabkan sekarang," kata Pawan Kumar Sharma, komisaris perusahaan kota setempat, kepada The Associated Press.

Sekretaris dewan kuil termasuk di antara yang tewas dan presiden pulih dari cedera, kata Sharma. Polisi membawa kasus itu sebagai pembunuhan, tetapi sejauh ini belum ada penangkapan, katanya.

Saksi mata mengatakan kerumunan besar pemuja memadati kuil untuk melakukan ritual api dan merayakan festival untuk dewa Rama. Lusinan orang jatuh ke air ketika bangunan itu runtuh dan tertutup puing-puing yang berjatuhan, kata Komisaris Polisi Makrand Deoskar.

Kantibhai Patel, presiden asosiasi warga, mengatakan kepada wartawan bahwa pihak berwenang lambat bereaksi dan ambulans pertama tiba di lokasi satu jam setelah peringatan.

Struktur tersebut tampaknya ambruk karena tidak dapat menangani beban massa yang besar, kata pejabat terpilih negara bagian, Shivraj Singh Chauhan. Dia memerintahkan penyelidikan.

Sebuah tim penyelamat tentara bergabung dalam operasi pada Kamis malam. Surat kabar The Times of India melaporkan pekerjaan penyelamatan dipercepat setelah kamera bawah air menunjukkan mayat-mayat mengambang di perairan sumur yang berlumpur.

Chauhan mengatakan 33 mayat telah diidentifikasi. Enam belas orang yang terluka tetap dirawat di rumah sakit pada hari Jumat.

Kerabat yang menangis mengambil jenazah para korban dan mengunjungi rumah sakit tempat para korban luka dirawat.

Otoritas kuil telah berhenti menggunakan sumur bertahun-tahun yang lalu dan menutupi mulutnya dengan besi dan ubin.

Otoritas kota pada Januari memerintahkan pemilik kuil untuk membuka penutup sumur karena itu adalah struktur yang tidak aman dan tidak sah, tetapi otoritas kuil mengabaikan peringatan itu, kata surat kabar itu.

Runtuhnya bangunan umum terjadi di India karena konstruksi yang buruk dan kegagalan mematuhi peraturan. Pada bulan Oktober, jembatan gantung kabel berusia seabad runtuh ke sungai di negara bagian barat Gujarat, menyebabkan ratusan orang terjun ke air dan menewaskan sedikitnya 132 orang dalam salah satu kecelakaan terburuk di negara itu dalam dekade terakhir. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home