Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 06:51 WIB | Kamis, 24 September 2020

380 Paus Pilot Mati Terdampar di Australia Selatan

Sebuah foto yang disebarkan dan diterima pada Rabu (23/9) dari The Mercury menunjukkan paus terdampar di gosong pasir di Macquarie Harbour di pantai barat Tasmania yang berbatu, ketika ratusan paus pilot telah mati akibat terdampar massal di Australia selatan meskipun ada upaya untuk menyelamatkan mereka, dengan penyelamat berlomba untuk membebaskan beberapa lusin lainnya. (Foto: AFP)

SATUHARAPAN.COM-Setidaknya 380 paus mati ketika terdampar secara massal di Australia selatan, kata para pejabat hari Rabu (23/9), dengan tim penyelamat berhasil membebaskan hanya beberapa lusin.

 Hampir seluruhnya dari kelompok 460 paus pilot bersirip panjang yang terjebak di Pelabuhan Macquarie, di pantai barat Tasmania yang berbatu dan jarang penduduknya, kini telah musnah.

 "Kami mendapatkan penghitungan yang lebih akurat dan kami dapat memastikan bahwa 380 paus telah mati," kata manajer Taman dan Satwa Liar Tasmania, Nic Deka. "Ada sekitar 30 yang masih hidup, tetapi kabar baiknya adalah kami telah menyelamatkan 50," katanya, menggambarkan upaya penyelamatan itu sangat melelahkan secara emosional.

 Mamalia laut raksasa itu kali pertama ditemukan pada hari Senin (21/9), memicu upaya besar untuk membebaskan mereka dari gundukan pasir yang hanya dapat diakses dengan perahu.

Ini adalah kasus terdampar massal terbesar yang pernah tercatat di Tasmania, sebuah negara pulau di lepas pantai selatan daratan Australia, dan kemungkinan terbesar dalam sejarah negara itu.

Kru penyelamat yang terdiri dari 60 konservasionis, relawan terampil, dan pekerja budidaya ikan setempat memusatkan upaya pada sekelompok paus yang sebagian terendam air.

Para penyelamat telah menghabiskan dua hari mengarungi perairan dangkal yang dingin untuk membebaskan yang masih hidup, menggunakan perahu yang dilengkapi tali khusus untuk memandu mereka kembali ke laut terbuka.

Mereka sekarang berlomba untuk membebaskan sebanyak mungkin dari 30 paus hidup yang tersisa. "Mereka fokus pada pekerjaan, ini menuntut pekerjaan, beberapa dari mereka berendam hingga dada dalam air dingin, jadi kami mencoba untuk merotasi kru," kata Deka. "Ini sangat menguras tenaga secara fisik. Ini juga menguras emosi."

Kembali Terdampar

Paus-paus tersebut ditemukan terdampar hingga jarak 10 kilometer, dan para pejabat sekarang telah memperluas area pencarian mereka untuk melihat apakah lebih banyak mamalia laut itu yang terjebak di dekatnya.

 Beberapa paus yang diselamatkan pada hari Selasa (22/9) kembali terdampar semalaman, sejalan dengan prediksi para ahli perilaku paus, tetapi Deka tetap optimis tentang prospek langsung bagi mereka yang tetap berada di laut.

"Kabar baiknya adalah mayoritas paus yang diselamatkan masih berada di perairan dalam dan berenang," katanya kepada wartawan di kota terdekat, Strahan. "Mereka belum terlantar. Jadi kami lebih sukses daripada tidak."

Penyebab terdamparnya massal masih belum diketahui, bahkan bagi para ilmuwan yang telah mempelajari fenomena tersebut selama beberapa dekade. Namun, beberapa peneliti telah menyebutkan bahwa paus pilot yang sangat ramah mungkin keluar jalur setelah makan di dekat garis pantai atau dengan mengikuti satu atau dua paus yang tersesat.

Ahli biologi kelautan di Departemen Lingkungan Tasmania, Kris Carlyon, mengatakan itu adalah "peristiwa alam" dengan terdamparnya spesies yang terjadi secara teratur sepanjang sejarah di Australia selatan dan Selandia Baru yang berdekatan. "Kami merespons situasi ini, tetapi sejauh dapat mencegah, hal ini bisa terjadi di masa mendatang, hanya sedikit yang dapat kami lakukan," katanya. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home