Loading...
BUDAYA
Penulis: Francisca Christy Rosana 12:31 WIB | Sabtu, 12 September 2015

40 Stand Kuliner Ramaikan Wisata Balai Kota

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), berkeliling di selasar Balai Kota DKI dalam pembukaan Balai Kota sebagai tempat wisata, Sabtu (12/9). (Foto: Francisca Christy Rosana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Sebanyak 40 stand binaan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta turut menyemarakkan pembukaan wisata Balai Kota DKI, Sabtu (12/9). Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah Perdagangan (KUMKMP), Irwandi mengatakan, dilibatkannya para pedagang binaan diharapkan dapat mendongkrak perekonomian pengusaha kecil di tengah kondisi ekonomi global yang lesu. 

Stand yang terdiri atas kelompok pedagang kuliner dan multiproduk ini ditempatkan di Gedung Blok G, Balai Kota dan selasar yang menghubungkan Blok B dan Blok G. 

"Kami berusaha memberdayakan masyarakat. Ini nanti yang di sini, sebulan sekali diganti pedagangnya. Mudah-mudahan pengunjung ramai, jadi stand juga ramai," ujar Irwandi saat ditemui wartawan di Balai Kota DKI, Sabtu siang. 

Irwandi memastikan, pemerintah tak akan menarik biaya retribusi. Artinya, pedagang binaan secara gratis dapat menggelar dagangannya di Balai Kota. 

Saat ini pemerintah provinsi belum berniat menambah jumlah stand yang dipersiapkan untuk melayani pengunjung. 

"Kalau nanti berkembang, pasti ada pertambahan stand. Ini kan masih ada tempat kosong, masih bisa kita susun. Tapi kan ini uji coba dulu," kata dia. 

Dalam perkembangannya nanti, Irwandi berharap tak hanya pedagang binaan yang mendapat tempat berjualan di kantor gubernur. Pedagang kaki lima (PKL) juga didorong untuk mendaftar kepada pemerintah provinsi untuk berdagang di Balai Kota setiap akhir pekan. Namun, Irwandi berpesan, kebersihan harus tetap dijaga. 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home