Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 11:04 WIB | Rabu, 16 Juni 2021

450.000 Mendaftar Online Ibadah Haji Tahun 2021

Foto bertanggal 29 Juli 2020 menunjukkan peziarah saat menjaga jarak sosial sebagai tindakan pencegahan virus corona saat mengelilingi Ka'bah, tempat suci umat Islam, di tengah Masjidil Haram di kota suci Mekah, pada awal ibadah haji tahunan. (Foto: AFP)

MEKAH, SATUHARAPAN.COM-Lebih dari 450.000 orang di Arab Saudi telah mendaftar untuk melakukan haji tahun ini dalam waktu 24 jam sejak pembukaan platform pendaftaran, menurut Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

“Jalur digital menerima lebih dari 450.000 aplikasi untuk melakukan haji, termasuk penduduk dan warga negara, dalam 24 jam pertama pembukaan pendaftaran,” kata kementerian itu dalam infografis, hari Selasa (15/6).

Menurut pengumuman itu, 60 persen pelamar adalah laki-laki sementara 40 persen adalah perempuan. Dan ini untuk pertama kalinya, Arab Saudi mengizinkan perempuan mendaftar untuk ibadah haji tanpa wali laki-laki.

“Mereka yang ingin melakukan haji harus mendaftar secara individual. Perempuan bisa mendaftar tanpa mahram (wali laki-laki) bersama perempuan lain,”kata Kemendagri dalam infografik, Minggu (13/6) dikutip Al Arabiya.

Arab Saudi akan membatasi haji tahun ini hanya untuk 60.000 penduduk dan warga negara yang tinggal di Kerajaan itu karena pandemi virus corona yang sedang terjadi.

Mereka yang berusia antara 18-65 dan telah divaksinasi lengkap, telah menerima dosis pertama setidaknya 14 hari sebelumnya, atau mereka yang divaksinasi dan telah pulih dari infeksi COVID-19 diizinkan untuk mendaftar.

Portal pendaftaran diluncurkan pada 13 Juni pukul 13:00 siang, dan  tidak ada prioritas untuk pendaftaran awal. “Kementerian Haji dan Umrah menegaskan bahwa pemerintah Kerajaan Arab Saudi selalu mengutamakan keselamatan, kesehatan, dan keamanan jemaah,” demikian laporan kantor berita resmi Saudi Press Agency (SPA).

Ibadah haji tahun ini diperkirakan akan dimulai pertengahan Juli. Tautan untuk mendaftar dapat diakses di localhaj.haj.gov.sa.

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home