Loading...
HAM
Penulis: Reporter Satuharapan 11:49 WIB | Selasa, 17 Juli 2018

5 Negara Eropa Sepakat Terima Migran

Ilustrasi. Gelombang migran yang memasuki Sicilia setelah melintasi Lautan Mediterania. Lima negara bersedia menampung sebagian migran di negara mereka, yakni Jerman, Spanyol, Portugal, Prancis, dan Malta. (Foto: CNBC.com/Getty Images)

SICILIA, SATUHARAPAN.COM – Lima negara Eropa setuju untuk menerima sebagian dari hampir 450 migran yang diangkut dua kapal militer yang nasibnya terkatung-katung di lepas pantai Sicilia, kata Perdana Menteri Italia Giueseppe Conte, Minggu (15/7).

Jerman, Spanyol, dan Portugal, masing-masing sepakat, Minggu, untuk menerima 50 dari para migran itu setelah Prancis dan Malta setuju untuk melakukan hal yang sama pada Sabtu (14/7).

Tapi, Republik Ceko menolak permohonan itu, menyebut rencana pembagian itu “jalan menuju neraka”.

Kedua kapal itu, satu milik instansi perbatasan Uni Eropa Frontex dan satunya lagi dimiliki polisi perbatasan Italia, terdampar di perairan Italia setelah Menteri Dalam Negeri Italia Matteo Salvini, yang bergaris keras, mengatakan kapal-kapal itu seharusnya dikirim ke Malta, “atau lebih baik Libya”, dari mana para migran itu bertolak.

Pemerintah populis baru Italia, yang berkuasa sejak 1 Juni, telah mengubah kebijakan migran yang telah berlaku bertahun-tahun, dengan melarang kapal-kapal yang dioperasikan oleh yayasan-yayasan migran untuk berlabuh di Italia. Yayasan-yayasan itu dituduh membantu para penyelundup manusia. (voaindonesia.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home