Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:40 WIB | Jumat, 10 April 2020

50 Kru Kapal Induk Prancis Positif COVID-19

100 Kru USS Theodore Roosevelt Positif Terinfeksi COVID-19.
Kapal Indul Prancis "Charles de Gaulle" di Palabuhan Brest, Prancis barat. (Foto: dok. AFP)

PARIS, SATUHARAPAN.COM-Kapal induk Prancis “Charles de Gaulle” mencatat 50 kasus terinfeksi virus corona baru di antara para kru, kata kementerian pertahanan hari Jumat (10/4). Tiga pelaut telah dievakuasi dari kapal ke rumah sakit di pelabuhan Mediterania Toulon sebagai "tindakan pencegahan".

Namun,sejauh ini tidak ada kru yang dites positif COVID-19 dan tetap di kapal yang "kesehatannya memburuk," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan dikutip AFP. Asal usul virus belum diketahui, tetapi semua kru sekarang memakai masker wajah.

Kementerian pertahanan mengumumkan pada hari Rabu (8/4) bahwa kapal induk Prancis akan dibawa pulang lebih awal dari penempatan di Atlantik setelah beberapa anggota awak menunjukkan gejala terinfeksi virus.

Mereka yang memiliki gejala ditempatkan dalam isolasi, tetapi tidak ada yang memiliki tanda-tanda penyakit serius, katanya.

Kapal induk itu dapat mengangkut sekitar 2.000 pelaut, dan bersiap untuk kembali ke Mediterania. "Diputuskan untuk mengedepankan kembalinya ke Toulon, awalnya dijadwalkan pada 23 April," kata pernyataan itu.

USS Theodore Roosevelt

Di Amerika Serikat, Penjabat Sekretaris Angkatan Laut, Thomas Modly, mengundurkan diri pekan lalu setelah salah menangani wabah virus corona pada kapal induk USS Theodore Roosevelt.

Modly telah memecat kapten kapal, Brett Crozier, karena menulis surat, yang bocor ke media, dan mengeluhkan wabah virus yang tidak terkendali di antara 4.800 kru USS Theodore Roosevelt, dan menuduh Pentagon tidak menaruh perhatian yang cukup pada kasus ini.

Kapal induk itu telah merapat selama 11 hari di Guam, sehingga kru dengan lebih dari 100 orang terinfeksi virus corona yang dikonfirmasi, dapat diuji dan kapal bisa dibersihkan. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home