Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:11 WIB | Rabu, 09 Juni 2021

50% Pasukan AS Telah Ditarik dari Afghanistan

Tentara Amerika Serikat menurunkan bendera nasional selama upacara penyerahan kepada Tentara Nasional Afghanistan (ANA) di kamp Antonik di Provinsi Helmand, 2 Mei 2021. (Foto: dok. AFP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Penarikan pasukan Amerika Serikat dari Afghanistan telah mencapai lebih dari 50 persen, kata Pentagon hari Selasa (8/6), saat mendekati batas waktu 11 September untuk menarik seluruh pasukan.

Sejak Presiden Joe Biden memerintahkan keberangkatan dari Afghanistan pada bulan April, Departemen Pertahanan telah menarik sekitar 500 muatan material C-17, kata Komando Pusat militer AS (CENTCOM) dalam perkiraan mingguannya.

Militer AS ditugaskan untuk memindahkan 2.500 tentaranya, 16.000 kontraktor sipil dan ratusan ton peralatan yang berada di dalam Afghanistan pada tanggal 11 September, yang menandai peringatan 20 tahun serangan Al-Qaeda di New York dan Washington.

Sejauh ini Komando Pusat telah menyerahkan kendali enam instalasi militer kepada Kementerian Pertahanan Afghanistan, namun militer AS belum mundur dari Pangkalan Udara Bagram, pangkalan utamanya, yang terletak sekitar 30 mil (50 kilometer) timur laut Kabul.

“Kami mengantisipasi transfer tambahan pangkalan dan aset militer di masa depan,” kata pernyataan CENTCOM.

Militer AS, yang menolak untuk lebih tepat pada penarikan dan tanggal akhir keberangkatan untuk menjaga keamanan operasinya, menyatakan bahwa mereka tidak akan lagi mengeluarkan perkiraan persentase penarikan. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home