Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 17:20 WIB | Kamis, 09 Juni 2016

5.000 Pengemis Musiman Masuk Jakarta Jelang Ramadan

Ilustrasi. Anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) mengamankan sejumlah pengemis yang baru saja tertangkap ke atas truk di Kota Kediri, Jawa Timur, Kamis (26/5). Razia dengan menyisir sejumlah ruas jalan protokol tersebut guna menjaga suasana kondunsif sekaligus memberantas praktik eksploitasi anak dengan modus diajak mengemis. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Kementerian Sosial mencatat sekitar 5.000 pengemis musiman masuk ke wilayah DKI Jakarta menjelang bulan Ramadan tahun ini. Kebanyakan pengemis musiman itu berasal dari Jawa Barat, sebagian dari kawasan Pantai Utara (Pantura) Jawa, Jawa Timur dan dari Lampung.

Direktur Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial Kemensos Sonny W Manalu menjelaskan bahwa berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya penambahan pengemis musiman bisa sampai 5.000 yang masuk ke Jakarta menjelang puasa.

Penanganan pengemis musiman itu disebutnya memerlukan cara yang represif melibatkan aparat Satpol PP dan kepolisian karena kadang keberadaan mereka meresahkan.

"Caranya mereka harus dipulangkan paksa. Kita sudah lakukan ini misalnya Pemda DKI Jakarta memulangkan mereka dengan bus saat puasa dan kita bantu itu," kata Sonny W Manalu di Jakarta, hari Kamis (9/6).

Para pengemis musiman itu biasanya berkumpul di sekitar masjid yang tempat orang banyak beribadah dengan harapan mereka memberikan sedekah.

Menurut Sonny, penanganan pengemis musiman itu seharusnya dilakukan dari hulu yaitu dari daerah asal mereka.

Pemerintah daerah asal seharusnya melakukan pencegahan misalnya dengan membuat program padat karya menjelang Ramadhan sehingga wwarganya tidak ada yang pergi ke daerah lain untuk mengemis.

Dengan padat karya, pemda menyiapkan lapangan kerja mencegah mereka mengemis didaerah lain. 

Menurut Sonny beberapa daerah sudah menerapkan itu tapi tidak berpengaruh signifikan.

"Karena memang ada beberapa daerah yang kulturnya seperti itu, bahkan ada yang orang tuanya memang mendukung. Kita tahu karena mereka ini berkelompok dan ada satu keluarga yang mengemis," ujar Sonny. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home