Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 12:01 WIB | Rabu, 26 Januari 2022

523 Hektare Hutan di California Diserahkan ke Keturunan Suku Asli

Foto tak bertanggal yang disediakan oleh Save the Redwoods League ini menunjukkan sebagian dari 523 hektare lahan hutan redwood di Mendocino County, California, yang diserahkan ke Dewan Hutan Belantara Sinkyone InterTribal untuk perlindungan abadi dan pengelolaan berkelanjutan. Kelompok konservasi menyerahkan hutan kayu merah bersejarah di pantai California Utara kepada keturunan penduduk asli Amerika. (Foto: Max Forster/Save the Redwoods League via AP)

LOS ANGELES, SATUHARAPAN.COM-Keturunan suku-suku asli Amerika di pesisir California Utara mengklaim kembali sebagian dari warisan mereka, termasuk hutan kayu merah kuno yang telah berdiri sejak nenek moyang mereka menjejakkan kaki di daratan itu.

Save the Redwoods League mengumumkan pada hari Selasa (25/1) bahwa mereka mentransfer lebih dari 500 acre (202 hektare) di Lost Coast ke InterTribal Sinkyone Wilderness Council.

Kelompok 10 suku yang telah mendiami daerah itu selama ribuan tahun akan bertanggung jawab untuk melindungi tanah yang dijuluki Tc'ih-Léh-Dûñ, atau "Tempat Lari Ikan", dalam bahasa Sinkyone.

Priscilla Hunter, ketua Dewan Sinkyone, mengatakan bahwa mereka akan menjadi penjaga tanah di mana orang-orangnya dipindahkan atau dipaksa melarikan diri sebelum hutan sebagian besar ditebangi untuk diambil kayunya.

“Ini benar-benar berkah,” kata Hunter, dari Coyote Valley Band of Pomo Indians. “Ini seperti penyembuhan bagi nenek moyang kita. Aku tahu nenek moyang kita bahagia. Ini diberikan kepada kami untuk dilindungi.”

Pemindahan hak tersebut menandai langkah dalam gerakan Tanah Kembali yang berkembang untuk mengembalikan tanah air Pribumi kepada keturunan mereka yang tinggal di sana selama ribuan tahun sebelum pemukim Eropa tiba.

Liga pertama kali bekerja dengan dewan Sinkyone ketika mentransfer sebidang tanah seluas 164-acre (66 hektare) di dekatnya ke kelompok itu pada tahun 2012.

Liga baru-baru ini membayar US$ 37 juta untuk bentangan indah sepanjang lima mil (delapan kilometer) dari Lost Coast dan terlarang dari perusahaan kayu untuk melindunginya dari penebangan dan akhirnya membukanya untuk umum.

Membuka akses untuk umum bukanlah prioritas pada properti yang ditransfer ke kelompok suku karena sangat terpencil, kata Sam Hodder, presiden dan CEO liga. Tapi itu menyajikan potongan penting di antara kawasan lindung lainnya.

Bukit-bukit curam naik dan turun ke anak sungai Eel River yang memiliki trout steelhead dan salmon Coho. Properti ini terakhir kali ditebang sekitar 30 tahun yang lalu dan masih memiliki sejumlah besar kayu merah tua, serta pohon pertumbuhan kedua.

"Ini adalah properti di mana Anda hampir dapat merasakannya secara nyata bahwa itu menyembuhkan, bahwa itu pulih," kata Hodder. “Anda berjalan melalui hutan dan, bahkan saat Anda melihat tunggul pohon tua yang ditebang, Anda juga bisa melihat monster yang tertinggal di belakang serta pohon redwood muda yang tumbuh dari tunggul itu di tengah lanskap berkabut.”

Liga membeli tanah itu dua tahun lalu seharga US$ 3,5 juta yang didanai oleh Pacific Gas & Electric Co. untuk menyediakan habitat bagi burung hantu tutul utara yang terancam punah dan murrelet marmer untuk mengurangi kerusakan lingkungan lainnya oleh pihak utilitas.

PG&E ditetapkan untuk keluar pada hari Selasa dari lima tahun masa percobaan kriminal untuk ledakan 2010 yang dipicu oleh saluran gas alam yang meledakkan lingkungan San Bruno dan menewaskan delapan orang. Itu telah disalahkan sejak 2017 karena memicu lebih dari 30 kebakaran hutan yang memusnahkan lebih dari 23.000 rumah dan bisnis dan menewaskan lebih dari 100 orang.

Dalam upaya untuk mengurangi kewajibannya dan kemungkinan vegetasi menyentuh saluran listrik dan memicu kebakaran, PG&E telah dikritik karena menghancurkan banyak pohon besar dan tua.

“Terima kasih kepada Save the Redwoods League karena telah memanfaatkan setiap kesempatan untuk melindungi tanah di Lost Coast yang penting untuk konservasinya,” kata Michael Evenson, wakil presiden Lost Coast League, yang mengadvokasi perlindungan air dan satwa liar di daerah tersebut. "Tapi PG&E mendapatkan lencana prestasi hijau setelah semua kehancuran yang mereka lakukan ... tidak enak."

Hawk Rosales, mantan direktur eksekutif dewan, mengatakan properti baru itu menambah kepemilikan signifikan pada 1.618,7 hektare yang dilindungi kelompok itu untuk tujuan budaya dan ekologi. Lebih penting lagi, ia mengakui pentingnya kelompok suku dalam merawat tanah.

“Selama beberapa dekade, suara suku telah terpinggirkan dalam gerakan konservasi arus utama,” kata Rosales. “Baru-baru ini mereka diundang untuk berpartisipasi secara bermakna dan mengambil peran kepemimpinan.”

Hodder mengatakan liga berusaha menghilangkan hambatan dan meningkatkan skala lahan yang dikelola oleh komunitas suku dan mengembalikan pengetahuan dan praktik Pribumi, seperti mengatur api kecil yang terkontrol untuk membersihkan semak yang mengarah ke hutan yang lebih sehat.

“Komunitas ini telah mengelola tanah ini selama ribuan tahun,” kata Hodder. “Pengecualian dari penatalayanan itu dalam banyak hal yang membuat kami berantakan.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home