Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 11:39 WIB | Rabu, 18 Januari 2017

55 Anggota Dewan Absen di Pelantikan Donald Trump

Warga menggelar unjuk rasa menentang presiden terpilih Donald Trump di McPherson Square di Washinton, DC, 17 Januari 2017. Meski rating penerimaan Trump sebagai presiden lebih rendah dibanding presiden lain sepanjang sejarah, namun warga Amerika memberikan kepercayaan kepada miliarder tersebut dalam satu isu utama: lapangan pekerjaan. (Foto: AFP/Andrew Caballero-Reynolds)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM – Puluhan anggota dewan dari partai Demokrat telah mengumumkan mereka tidak akan menghadiri pelantikan Donald Trump sebagai Presiden AS pada hari Jumat (20/1) mendatang.

Hingga saat ini sudah ada 55 anggota kongres yang telah menyatakan absen pada hari bersejarah bagi warga AS itu. Diperkirakan jumlahnya akan terus bertambah dalam beberapa hari terakhir menjelang pelantikan menyusul penghinaan yang dilakukan Trump kepada anggota dewan, John Lewis yang menurutnya sudah keterlaluan.

Trump mengecam ikon hak-hak sipil pada hari Sabtu (14/1) pagi setelah Lewis mengatakan dalam sebuah wawancara pada hari Jumat (13/1) yang menyatakan ia tidak menganggap Trump sebagai “Presiden yang sah”. Lewis, anggota dewan dari partai Demokrat yang mewakili Georgia ini menegaskan dia tidak akan menghadiri pelantikan.

“Anggota dewan John Lewis harus menghabiskan lebih banyak waktu untuk memperbaiki dan membantu wilayahnya yang kondisinya sudah mengerikan dan berantakan daripada mengeluhkan tentang hasil Pemilu,” kata Trump di Twitter pada Sabtu (14/1) pagi. “Dia hanya bicara, bicara dan bicara. Tidak ada aksi atau hasil nyata. Menyedihkan!”

Komentar Trump ini telah memicu kemarahan dan dukungan bagi Lewis yang pernah bersama-sama dengan Martin Luther King Jr memperjuangkan kesetaraan di AS.  Anggota Kongres Yvette Clark dari New York mengatakan di Twitter pada hari Sabtu (14/1) bahwa dia tidak akan menghadiri pelantikan karena komentar Trump.

“Ketika Anda menghina @repjohnlewis, Anda menghina Amerika.”

Anggota dewan dari Partai Demokrat lainnya, Mark Takano dan Judy Chu yang mewakili California juga mengatakan hal yang serupa di Twitter, pada hari Sabtu (14/1). Mereka tidak akan menghadiri pelantikan tersebut sebagai wujud solidaritas terhadap Lewis.

Anggota dewan lainnya, Ted Lieu yang mewakili California menyatakan melalui Twitter, bahwa dia tidak mengingkari Trump memenangkan Electoral College. Tapi dia tidak bisa menerima pernyataan Trump yang menurutnya tidak mewakili tingkah laku orang Amerika.

“Trump yang kehilangan suara populernya telah membuat serangkaian pernyataan rasis, seksis dan fanatik,” kata Lieu. “Selain itu, ia telah menyerang orang tua Gold Star, veteran seperti John McCain dan sekarang ikon hak-hak sipil, John Lewis.”

Sementara itu anggota dewan dari Partai Demokrat, Mark Pocan dari Wisconsin juga memiliki pendapat yang sama.

“Saya berencana menghadiri pelantikan pada hari Jumat (20/1) untuk menghormati kantor presiden, dan berencana pulang setelah itu untuk ikut serta dalam Women’s March di Madison pada hari Sabtu (21/1),” kata dia.

“Namun, setelah pertimbangan panjang berdasarkan dokumen peretasan Rusia dan pencalonan Trump, penanganan konflik ini dan cuitan yang ofensif akhir pekan ini tentang pahlawan nasional kita, John Lewis, saya tidak akan menghadiri pelantikan itu.”

Beberapa anggota dewan lebih memilih menghadiri aksi unjuk rasa Women’s March di Washington bahkan beberapa di antaranya ada yang ikut di wilayahnya masing-masing.

Tim transisi Trump hingga saat ini tidak menjawab pertanyaan ABC News mengenai ketidakhadiran puluhan anggota dewan tersebut.

Berikut ini daftar nama anggota dewan yang absen dalam pelantikan Donald Trump:

Rep. Ruben Gallego, D-Ariz.

Rep. Raul Grijalva, D-Ariz.

Rep. Karen Bass, D-Calif.

Rep. Tony Cardenas, D-Calif.

Rep. Judy Chu, D-Calif.

Rep. Mark DeSaulnier, D-Calif.

Rep. Jared Huffman, D-Calif.

Rep. Barbara Lee, D-Calif.

Rep. Ted Lieu, D-Calif.

Rep. Zoe Lofgren, D-Calif.

Rep. Jerry McNerney, D-Calif.

Rep. Grace Napolitano, D-Calif.

Rep. Lucille Roybal-Allard, D-Calif.

Rep. Raul Ruiz, D-Calif.

Rep. Mark Takano, D-Calif.

Rep. Juan Vargas, D-Calif.

Rep. Maxine Waters, D-Calif.

Rep. Alcee Hastings, D-Fla.

Rep. Darren Soto, D-Fla.

Rep. Frederica Wilson, D-Fla.

Rep. John Lewis, D-Ga.

Rep. Luis Gutierrez, D-Ill.

Rep. John Yarmuth, D-Ky.

Rep. Chellie Pingree, D-Maine

Rep. Anthony Brown, D-Md.

Rep. Jamie Raskin, D-Md.

Rep. Katherine Clark, D-Mass.

Rep. John Conyers, D-Mich.

Rep. Keith Ellison, D-Minn.

Rep. William Lacy Clay, D-Mo.

Rep. Carol Shea-Porter, D-N.H.

Rep. Bonnie Watson Coleman, D-N.J.

Rep. Yvette Clarke, D-N.Y.

Rep. Adriano Espaillat, D-N.Y.

Rep. Jerry Nadler, D-N.Y.

Rep. Jose Serrano, D-N.Y.

Rep. Louise Slaughter, D-N.Y.

Rep. Nydia Velazquez, D-N.Y.

Rep. Alma Adams, D-N.C.

Rep. G.K. Butterfield, D-N.C.

Rep. Marcia Fudge, D-Ohio

Rep. Earl Blumenauer, D-Ore.

Rep. Peter DeFazio, D-Ore.

Rep. Kurt Schrader, D-Ore.

Rep. Brendan Boyle, D-Pa.

Rep. Mike Doyle, D-Pa.

Rep. Dwight Evans, D-Pa.

Rep. Steve Cohen, D-Tenn.

Rep. Joaquin Castro, D-Texas

Rep. Lloyd Doggett, D-Texas

Rep. Al Green, D-Texas

Rep. Don Beyer, D-Va.

Rep. Pramila Jayapal, D-Wash.

Rep. Adam Smith, D-Wash.

Rep. Mark Pocan, D-Wis.

 

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home