Loading...
SAINS
Penulis: Rewindinar 08:24 WIB | Senin, 24 Agustus 2020

6 Fakta Tentang Roti Tawar

6 Fakta Tentang Roti Tawar
Roti tawar. (Foto: IG @rotikusetiabudhi168bandung)
6 Fakta Tentang Roti Tawar
(Foto: IG @rotikusetiabudhi168bandung)
6 Fakta Tentang Roti Tawar
(Foto: IG @rotikusetiabudhi168bandung)

SATUHARAPAN.COM-Roti tawar sudah menjadi keseharian konsumsi manusia modern saat ini. Di Indonesia, roti termasuk salah satu sarapan dan camilan favorit. Namun di sebagian wilayah dunia, roti, termasuk roti tawar, adalah makanan pokok.

Roti tawar sendiri diperkenalkan kepada publik pada tahun 1928 oleh Chillicothe Baking Company dari Chillicothe, Missouri, Amerika Serikat. Dengan usianya yang sangat panjang, tentu roti tawar mempunyai banyak fakta dan sejarah yang melingkupinya. Apa saja?

1. Mesin mengiris roti tawar diciptakan pertama kali oleh Otto Frederick Rohwedder dari Iowa setelah purwarupa nya mangalami kehancuran akibat kebakaran pada tahun 1917.

2. Roti tawar saat itu diklaim sebagai penemuan terbesar dalam industri roti.

3. Atas alasan Perang Dunia II, pada tahun 1943 Pemerintah Amerika Serikat memberlakukan larangan produksi roti tawar atau roti iris. Namun larangan itu dicabut dalam tujuh pekan.

4. Sampai saat ini, European Patent Office (EPO) mencatat ada 344 paten yang berjudul roti iris" dan alat pengiris roti.

5. Di Inggris, 60% produksi digunakan untuk membuat roti.  Ironisnya, 32% roti dibuang dengan tingkat konsumsi per orang per hari sebanyak 113 gram.

6. Rekor roti terpanjang adalah 1.211 meter yang dibuat di Portugal pada tahun 2005. (Express

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home