Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:39 WIB | Sabtu, 27 Februari 2021

60 Tewas dalam Pertempuran di Yaman Melawan Houthi Yang Didukung Iran

Pasukan pemerintah menembak ke arah milisi Houthi selama bentrokan di barat laut Marib di Yaman tengah pada 11 Februari 2021. (Foto: dok. AFP)

ADEN, SATUHARAPAN.COM-Lebih dari 60 pejuang tewas dalam bentrokan di Yaman hari Jumat (26/2) antara milisi Houthi yang didukung Iran dan pasukan pemerintah di Provinsi Marib, di wilayah utara yang strategis, kata sumber-sumber pemerintah.

Korban tewas termasuk sedikitnya 27 pasukan pro pemerintah dan 34 pejuang Houthi, kata satu sumber pemerintah mengatakan kepada AFP, dan menambahkan bahwa itu adalah hari bentrokan "paling keras" sejak pertempuran meletus awal bulan ini.

Kelompok Houthi pindah ke perbukitan dekat bendungan di barat daya kota Marib, pijakan utama terakhir di utara untuk pemerintah Yaman, di mana daerah itu dilandayang "pertempuran paling sengit," menurut sumber itu.

BACA JUGA:

Anak Yama dalam Bahaya Kematian Akibat Kelaparan

Badan PBB: Krisis Kelaparan Mengancam Yaman

Sebuah sumber militer mengatakan bahwa pasukan pro pemerintah berhasil menghalau serangan Houthi dan melaporkan pertempuran sengit yang berlangsung "lebih dari delapan jam" di wilayah Ablah di selatan kota Marib. Ada korban jiwa di kedua sisi, kata sumber militer menambahkan.

Awal bulan ini, Houthi yang didukung Iran melanjutkan upaya untuk merebut kota Marib, yang terletak dekat dengan beberapa ladang minyak terkaya Yaman. Menguasai wilayah itu akan menjadi hadiah utama bagi para pemberontak. (AFP)

Editor : Sabar Subekti

Kampus Maranatha
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home