Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 18:25 WIB | Kamis, 22 September 2022

70% Anak di Dunia Mengalami Ancaman Siber Online

Stok gambar seorang anak melihat laptop. (Foto: Thomas Park/Al Arabiya)

RIYADH, SATUHARAPAN.COM-sekitar 72 persen anak-anak di dunia telah mengalami setidaknya satu jenis ancaman siber online, sebuah laporan keamanan siber baru menemukan.

Forum Keamanan Siber Global (GCF) yang berbasis di Arab Saudi dan perusahaan konsultan global Boston Consulting Group merilis laporan 'Mengapa Anak-anak Tidak Aman di Dunia Maya' pekan ini untuk meningkatkan kesadaran tentang melindungi anak-anak, salah satu kelompok paling rentan yang aktif menggunakan internet.

Menurut laporan tersebut, lebih dari 90 persen anak-anak berusia delapan tahun ke atas aktif menggunakan internet.

Iklan yang tidak diinginkan, bullying, pelecehan, dan konten yang tidak pantas menjadi beberapa ancaman utama yang dialami oleh anak-anak.

Di 24 negara dan enam wilayah, lebih dari 40.000 orang tua dan anak-anak disurvei. Temuan laporan menunjukkan bahwa perlindungan anak-anak di dunia maya gagal, menyoroti perlunya tindakan kolektif segera secara global.

Meskipun anak-anak paling aktif online di rumah atau sekolah, laporan tersebut menunjukkan bahwa hanya setengah dari anak-anak yang disurvei merasa aman saat online, dengan satu dari lima anak menyatakan bahwa mereka menghadapi intimidasi atau pelecehan dalam beberapa bentuk.

“Dengan 72 persen anak-anak menghadapi ancaman dunia maya, kami percaya perlindungan anak-anak sangat penting dalam dunia maya yang berkembang pesat,” kata Pemimpin Inisiatif dan Kemitraan GCF, Alaa al-Faadhel, dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu (21/9) dikutip Al Arabiya.

“Solusi terhadap ancaman yang meluas yang dihadapi anak-anak adalah dengan meningkatkan kesadaran akan masalah dan memastikan tindakan terpadu, dari pendidik hingga sektor swasta, dapat digerakkan. Kita semua memikul tanggung jawab untuk menciptakan tempat yang aman untuk belajar dan terhubung di Cyberspace karena semakin mengakar dalam segala hal yang kita lakukan.”

Timur Tengah dan Amerika Latin melaporkan jumlah ancaman tertinggi yang dialami oleh anak-anak secara online.

Sebagian besar anak yang disurvei untuk laporan tersebut (83 persen) mengklaim bahwa mereka akan memberi tahu orang tua mereka atau meminta bantuan jika ada ancaman online atau jika mereka merasa terancam.

Namun sebaliknya, hanya 39 persen dari orang tua yang disurvei mengatakan bahwa anak atau anak-anak mereka tidak pernah mengungkapkan keprihatinan apa pun kepada mereka, yang semakin menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana perlindungan anak di ruang online dapat dipastikan ketika orang tua tidak selalu menyadari bahaya yang mungkin mereka alami yang dihadapi saat menjelajahi web atau berinteraksi dengan orang lain di media sosial.

“Dengan hampir semua anak berusia 12 tahun sekarang online dan pembelajaran virtual meningkat selama pandemi COVID-19, menjaga anak-anak tetap aman di Cyberspace adalah masalah mendesak yang membutuhkan solusi segera,” kata Managing Director dan Partner BCG, David Panhans.

“Semua orang yang terlibat dalam ekosistem online dan perlindungan anak memiliki peran untuk dimainkan, mulai dari organisasi internasional, regulator dan lembaga penegak hukum, orang tua, pengasuh, dan penyedia pendidikan hingga perusahaan teknologi di sektor swasta.”

Laporan tersebut meminta semua pemangku kepentingan untuk mengambil tindakan guna memastikan solusi yang lebih kuat dan kerangka kerja keamanan tersedia untuk membantu mengurangi ancaman yang dihadapi anak-anak secara online.

GCF mendatang akan mempertemukan para eksekutif industri dari seluruh dunia untuk membahas perlindungan anak secara online, di antara banyak topik utama lainnya seperti pertimbangan geopolitik.

Acara tersebut akan diadakan di ibu kota Arab Saudi, Riyadh, pada 9 dan 10 November tahun ini dengan tema 'Memikirkan Kembali Tata Dunia Maya Global.'

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home