Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:29 WIB | Selasa, 27 Desember 2022

70 Pesawat Tempur China Memasuki Zona Pertahanan Taiwan

Kapal Fregat Kang Ding Di Hua dari Angkatan Laut Taiwan meninggalkan pelabuhan untuk memantau kapal Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA), di lokasi yang dirahasiakan di Taiwan 8 Agustus 2022. (Foto: dok. Reuters)

TAIPEI, SATUHARAPAN.COM-Tujuh puluh satu pesawat angkatan udara China termasuk jet tempur dan drone memasuki zona identifikasi pertahanan udara Taiwan dalam 24 jam terakhir, kata pemerintah pulau itu pada hari Senin (26/12), serangan terbesar yang dilaporkan hingga saat ini.

Serangan itu termasuk 43 pesawat China yang melintasi garis median Selat Taiwan, penyangga tidak resmi antara kedua belah pihak yang terletak di dalam zona pertahanan, kata Kementerian Pertahanan Taiwan dalam sebuah laporan, saat Beijing melanjutkan kegiatan militer di dekat pulau yang diklaim China.

Kantor Berita Pusat resmi Taiwan mengatakan itu adalah serangan angkatan udara China terbesar hingga saat ini, meskipun tidak ada rasa khawatir di pulau itu, yang telah menyaksikan peningkatan tekanan China yang terus-menerus dalam beberapa tahun terakhir.

China, yang mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya sendiri, mengatakan telah melakukan "latihan serangan" di laut dan wilayah udara di sekitar Taiwan pada hari Minggu (25/12) sebagai tanggapan atas apa yang dikatakannya sebagai provokasi dari pulau yang diperintah secara demokratis dan Amerika Serikat.

Taiwan, yang dengan keras menolak klaim kedaulatan China, mengatakan latihan itu menunjukkan Beijing menghancurkan perdamaian regional dan berusaha mengintimidasi rakyat Taiwan.

Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen, berbicara pada sebuah upacara militer pada Senin (26/12) pagi, menegaskan kembali perlunya Taiwan untuk meningkatkan kapasitas pertahanannya karena "perluasan otoritarianisme yang berkelanjutan", meskipun dia tidak menyebutkan aktivitas militer terbaru.

“Semakin banyak persiapan yang kita buat, semakin kecil kemungkinan akan ada upaya agresi yang terburu-buru. Semakin kita bersatu, Taiwan akan semakin kuat dan aman,” kata Tsai kepada para perwira yang berkumpul.

Beberapa pesawat China, sebagian besar jet tempur, melintasi garis median di Selat Taiwan yang sensitif sebelum kembali ke China, menurut peta yang disediakan oleh kementerian pertahanan Taiwan. Tujuh kapal angkatan laut China juga terdeteksi di dekat Taiwan, kata kementerian itu.

Militer China juga mengirim pesawat peringatan dini, peperangan elektronik dan antikapal selam, serta drone, ke zona identifikasi pertahanan udara selatan Taiwan, atau ADIZ, menurut laporan tersebut, yang merinci aktivitas China di dekat Taiwan selama 24 jam hingga pukul 06:00 pagi.

Taipei mengeluhkan misi berulang kali oleh angkatan udara China selama dua tahun terakhir, seringkali di wilayah selatan ADIZ-nya.

Taiwan mengirim pesawat tempur yang tidak ditentukan untuk memperingatkan pesawat China, sementara sistem rudal memantau penerbangan mereka, kata kementerian itu, menggunakan kata-kata standar untuk tanggapannya.

China telah meningkatkan tekanan diplomatik, militer, dan ekonominya dalam beberapa tahun terakhir di pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu untuk menerima pemerintahan Beijing. Pemerintah Taiwan mengatakan menginginkan perdamaian tetapi akan mempertahankan diri jika diserang. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home