Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 07:51 WIB | Selasa, 08 September 2020

76 Negara Bergabung dalam Projek Vaksin COVAX

Projek ini untuk memastikan akses yang adil dan terjangkau untuk vaksin COVID-19, dan pada tahap awal untuk tenaga medis.
Seth Berkley, kepala eksekutif aliansi vaksin GAVI. (Foto: dok, Reuters)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Sebanyak 76 negara kaya sekarang berkomitmen untuk bergabung dengan rencana alokasi vaksin COVID-19 global yang dipimpin bersama oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang bertujuan untuk membantu membeli dan mendistribusikan vaksin secara adil, kata pimpinan proyek itu pada hari Rabu (2/9).

Seth Berkley, kepala eksekutif aliansi vaksin GAVI, mengatakan rencana tersebut, yang dikenal sebagai COVAX. Sekarang telah bergabung dengan projek itu Jepang, Jerman, Norwegia, dan lebih dari 70 negara lain yang telah mendaftar, yang pada prinsipnya setuju untuk mendapatkan vaksin COVID-19 melalui fasilitas untuk populasi mereka.

"Kami memiliki, saat ini, 76 negara berpenghasilan menengah ke atas dan negara berpenghasilan tinggi yang telah mengirimkan konfirmasi niat untuk berpartisipasi, dan kami berharap jumlah itu akan meningkat," kata Berkley kepada Reuters.

“Ini kabar baik. Ini menunjukkan bahwa fasilitas COVAX terbuka untuk bisnis dan menarik minat di seluruh dunia yang kami harapkan.” Koordinator COVAX juga sedang dalam pembicaraan dengan China tentang apakah mereka mungkin juga bergabung, kata Berkley.

“Kami kemarin berdiskusi dengan pemerintah (China). Kami belum memiliki kesepakatan yang ditandatangani dengan mereka," tetapi Beijing telah memberikan" sinyal positif ".

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying, mengatakan dalam sebuah pengarahan pada hari Rabu bahwa China "mendukung COVAX dan telah berkomunikasi dengan WHO dan pihak lain" tentang hal itu.

Cegah Penimbunan Vaksin

COVAX dipimpin bersama oleh GAVI, WHO dan Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (CEPI). Ini dirancang untuk mencegah pemerintah nasional menimbun vaksin COVID-19 dan untuk fokus pada vaksinasi pertama orang-orang yang paling berisiko tinggi di setiap negara.

Para pendukungnya mengatakan bahwa strategi ini harus mengarah pada biaya vaksin yang lebih rendah untuk semua orang dan lebih cepat mengakhiri pandemi yang telah merenggut sekitar 860.000 nyawa secara global.

Negara-negara kaya yang bergabung dengan COVAX akan membiayai pembelian vaksin dari anggaran nasional mereka, dan akan bermitra dengan 92 negara miskin yang didukung melalui sumbangan sukarela untuk rencana memastikan vaksin dikirimkan secara adil, kata Berkley.

Negara-negara kaya yang berpartisipasi juga bebas untuk mendapatkan vaksin melalui kesepakatan bilateral dan rencana lainnya.

AS Tidak Bergabung

Amerika Serikat mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka tidak akan bergabung dengan COVAX, karena keberatan administrasi Trump atas keterlibatan WHO, sebuah langkah yang digambarkan oleh beberapa kritikus sebagai "mengecewakan."

Berkley mengatakan dia tidak terkejut dengan keputusan AS, tetapi akan berusaha untuk melanjutkan pembicaraan dengan Washington.

Pada hari Rabu, Uni Eropa tampaknya mengubah posisi dengan mengatakan negara-negara anggotanya dapat membeli vaksin COVID-19 potensial melalui COVAX. Dan koordinator COVAX berusaha menambah fleksibilitas untuk bergabung dalam perjanjian untuk mendorong partisipasi yang lebih besar, kata Berkley.

Semacam Polis Asuransi

WHO menggambarkan COVAX sebagai "polis asuransi yang tak ternilai" bagi semua negara untuk mengamankan akses ke vaksin COVID-19 yang aman dan efektif ketika dikembangkan dan disetujui. Koordinator rencana telah menetapkan batas waktu 18 September bagi negara-negara yang mendaftar untuk membuat komitmen yang mengikat.

Diminta untuk mengomentari keputusan AS untuk tidak bergabung dengan COVAX, dan dalam pembicaraan dengan China, seorang juru bicara WHO mengatakan: “Negara-negara memiliki waktu hingga 18 September untuk menandatangani perjanjian yang mengikat..., jadi kami akan berbicara lebih banyak tentang negara-negara yang akan bergabung."

Tujuan COVAX adalah untuk mendapatkan dan mengirimkan dua miliar dosis vaksin yang disetujui pada akhir 2021. Saat ini COVAX memiliki sembilan kandidat vaksin COVID-19 dalam portofolionya yang menggunakan berbagai teknologi dan pendekatan ilmiah yang berbeda.

Beberapa sudah dalam uji klinis tahap akhir dan dapat memiliki data yang tersedia pada akhir tahun.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home