Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 11:10 WIB | Selasa, 23 Juni 2015

Abe Dijadwalkan Hadiri Peringatan Perang Okinawa

Ilustrasi: PM Jepang, Shinzo Abe. (Foto: bbc.com).

OKINAWA, SATUHARAPAN.COM – Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe dijadwalkan menghadiri Peringatan berakhirnya perang Okinawa. Menurut bbc.com Abe dijadwalkan  menyampaikan pidato pada puncak peringatan yang akan dilakukan pada Selasa (23/6) bersama  warga Jepang yang akan berkumpul di Itoman, Okinawa. Warga Jepang memperingati 70 tahun berakhirnya Perang Okinawa

Pada akhir April lalu, Abe menyatakan "penyesalan mendalam" terkait peran Jepang pada Perang Dunia II.  Sedikitnya 80.000 tentara Jepang tewas dan lebih dari 100.000 warga Okinawa dibunuh atau bunuh diri selama pertempuran 82 hari dengan pasukan Sekutu pimpinan Amerika Serikat.

Lebih dari 12.000 tentara AS juga tewas di pulau itu yang terletak sekitar 550 km barat daya dari daratan Jepang.

Karena letaknya yang strategis, Pulau Okinawa dipandang pasukan sekutu sebagai lokasi penting untuk memulai serangan ke daratan Jepang.

Serangan itu tidak pernah terjadi karena Tokyo langsung menyerah menyusul penjatuhan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki pada Agustus 1945.

Pulau Okinawa kini masih menjadi basis angkatan udara Amerika Serikat.

Meski demikian, Okinawa tetap diduduki militer AS sampai Washington DC menyerahkannya ke Tokyo pada 1972.

Wilayah paling selatan di Jepang itu hingga kini masih menjadi basis militer AS yang dihuni sekitar 26.000 serdadu.

Sebuah proyek kontroversial untuk memindahkan pangkalan angkatan udara AS dari wilayah perkotaan ke pesisir baru-baru ini memicu konflik antara pemerintah pusat di Tokyo dan para pejabat Okinawa.

Peristiwa Okinawa

Peristiwa Okinawa yang berakhir 22 Juni 1945, menurut history.com merupakan penanda berakhirnya perang dunia II.

Di hari yang sama, Letnan Jenderal Mitsuru Ushijima, komandan pertahanan Okinawa, melakukan harakiri bersama pejabat dan prajurit Jepang lainnya.

Dalam pertempuran Okinawa yang berlangsung mulai dari April sampai dengan Juni 1945 dari pihak Jepang takluk karena kehilangan 120 ribu tentara, sedangkan 12.500 tentara AS tewas dan 35 ribu luka-luka.

Dari 36 kapal perang pasukan sekutu, sebagian besar dapat dihancurkan oleh sekitar 2.000 pilot Jepang yang menjalankan misi kamikaze. (bbc.com/history.com).

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home