Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 21:20 WIB | Jumat, 18 Agustus 2017

Acara Akhir Pekan 19 - 20 Agustus 2017

Pemain Teater Koma mementaskan lakon berjudul Warisan di Gedung Kesenian Jakarta, Kamis (10/8) malam. Pementasan karya sutradara N. Riantiarno itu merupakan representasi dari kondisi bangsa ini soal Utang dan Korupsi yang dipentaskan untuk umum hingga 20 Agustus 2017 di Gedung Kesenian Jakarta. (Foto: Antara/Makna Zaezar).

SATUHARAPAN.COM – Berbagai acara di pertengahan bulan Agustus akan meramaikan akhir pekan Anda, pertunjukkan musik keroncong, band metal, festival market, hingga ke wedding exhibition, juga ada lomba kreativitas anak muda diantaranya lomba Kopi Barista, Anime Festival Asia (C3 AFA), hingga lomba foto instagram. Namun tak kalah menarik perayaan kemerdekaan yang digelar di Ancol yang memiliki acara yang sangat menarik dan sayang untuk dilewatkan.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta.

Sabtu, 19 Agustus

Galeri Indonesia Kaya,  Pukul 15:00 WIB, Pertunjukkan  Tembang Keroncong Untuk Pejuang oleh Yayasan Retno Dumilah dan Sekar Budaya Nusantara

Keroncong dalam acara ini disajikan untuk hiburan dan juga dalam upaya melestarikan tembang keroncong serta membuat variasi lagu-lagu keroncong dengan irama yang disesuaikan dengan perkembangan zaman. Acara ini diselenggarakan juga untuk berbagi kebahagiaan bersama para veteran dengan bernyanyi dan menari bersama. Sebuah cara kecil untuk mengapresiasi perjuangan mereka yang telah membawa Indonesia ke masa yang merdeka dan aman.

Yayasan Retno Dumilah dan Sekar Budaya Nusantara merupakan penggagas kegiatan Lomba Tembang dan Cipta Karya Lagu Keroncong 2017, yang memiliki tujuan untuk mengembangkan dan melestarikan budaya tradisi musik keroncong di Indonesia.

Atrium 1, Lippo Mall Puri, Jakarta, Pukul. 10.00-22.00 WIB Festival Amazing Pet Weekend Carnival 2017

Amazing Pet Weekend Carnival: edisi Hari Kemerdekaan spesial! Merencanakan membawa anjing Anda ke Amazing Pet Weekend Carnival akhir pekan ini? Simak syarat dan ketentuan untuk masuk anjing di bawah ini:

Tolong simpan anjing Anda di sekitar area luar. Anjing diperbolehkan berada di dalam area mal hanya pada SABTU dan Sabtu (19/8) dan Minggu (20/8). Untuk masuk ke area mall indoor, anjing harus dibawa oleh pemiliknya, atau dimasukkan ke dalam carrier, kennel box, atau stroller. Hanya anjing yang divaksinasi sepenuhnya yang diizinkan.

Info dan kontak: Facebook: Lippo Mall Puri, Twitter: @LippoMallPuri, Instagram: @yourlippomallpuri, Website: lippomallpuri.com

Bentara Budaya Solo, Pukul 19.30 WIB, Ode Bulan Agustus#3 Paduan Suara Mahasiswa (PSM)  dan Teater Besar ISI Surakarta Kentingan, Jebres, Solo

Balai Soedjatmoko bersama dengan Bentara Budaya yang lain kembali mengadakan Ode Agustus, sebuah acara yang berisikan lagu – lagu daerah dan lagu nasional dari Paduan Suara Mahasiswa (PSM). Untuk Ode Agustus tahun akan diikuti sembilan PSM, terdiri dari berbagai kampus di Solo dan Klaten, yakni PSM Vitalis ATMI (Solo), Perfibono ABA Pignatelli (Solo), Acuto Choir Universitas Setia Budi (Solo), Voca Erudita UNS (Solo), Talenta Unisri (Solo), Voca Al Kindi UMS (Solo), Vox Magistra FKIP UNS (Solo), Divina Etnika ISI Surakarta (Solo), Celesta Symphony Choir Unwindha (Klaten).

Ode Agustus sebagai kegiatan yang diadakan untuk memperingati bulan Agustus yang merupakan bulan istimewa bagi bangsa Indonesia menjadi sangat penting saat ini. Beragamnya lagu daerah dan lagu nasional menunjukkan kalau bangsa ini memang penuh ragam, keragaman yang ditujukan dalam lagu – lagu tersebut seperti nasib lagunya yang kian terlupakan, bahkan keragaman yang merupakan kekayaan kita berhadapan dengan masifnya keliyanan yang saat ini menjadi fenomena di negeri kita tercinta.

@america Pacific Place, Pukul 18.30 – 20.30 WIB, Pertunjukan Musik  Band Metal  VoB: Youth Smashing Barriers

Bergabunglah dengan Suara Baceprot (VoB), sebuah band metal Indonesia untuk membahas bagaimana mereka menghancurkan penghalang dengan musik mereka sebagai alat untuk kritik sosial.  @america menyambut pengunjung pada tahap pertama, pertama-tama karena memungkinkan ruang. Karena keterbatasan kapasitas dan keamanan Anda, kami tidak dapat selalu menerima semua tamu.

Minggu, 20 Agustus

Galeri Indonesia Kaya,  Pukul 15:00 WIB, Pertunjukkan  Kesenian Halusinasionalis oleh Yajugaya Divisi Kesenian (YASINAN)

Memperingati, dengan kata dasar Ingat. Diperingati, sama juga diingatkan. Kenapa diingatkan, sebab ada namanya lupa. Pertunjukkan kali ini dalam rangka memperingati disuguh dengan mengingatkan akan ironi sifat kebangsaan yang acap terjadi hanya sebagai bentuk reaktif; karena terpampang pada catatan kaki kalender misalnya.

Yajugaya Divisi Kesenian ( Yasinan),  adalah kelompok yang terjadi ibarat cinta, tanpa peran kesengajaan. Lingkaran berisikan persona berbeda-beda namun satu angguk dalam penyampaian informasi secara “ya juga ya” kepada audiens.

Lippo Mall Kemang, Jakarta, City Festival Market  Damn We Love This City

Berlangsung pada ( Kamis (17/8) – Minggu (20/8)

Menghadirkan: Creative & Unique Retail Bazaa, Instagram Photo Contest, Workshops, Culinary Festival, Pop Up Barber, Fashion Show, Sneaker Market, Inspiring People Talkshow, Live Music Entertainment

Info dan kontak: Facebook: Lippo Mall Kemang, Twitter & Instagram: @lippomallkemang, Website: lippomallkemang.com

Grand Galaxy Convention Hall, Grand Galaxy Park Mall – Lt. 2, Pukul. 10:00-21:00 WIB,  3rd Bekasi Wedding Exhibition

Berlangsung pada  Jumat (18/8) – Minggu (20/8)

Harga tiket masuk: Gratis,  

Dapatkan  kesempatan memperoleh Grandprize : 4 Pasang cincin kawin berlian, 2 emas Logam Mulia, 1 Samsung J7 Prime, dan 500+ Hadiah langsung lainnya.

Spesial promo:  sepasang Cincin Berlian hanya Rp. 3.999.999

Info dan kontak: Fera 0857 7483 8316

Gedung Kesenian Jakarta, Jakarta Pusat, Pertunjukkan Teater Warisan oleh Teater Koma.

Acara berlangsung pada  Kamis (10/8) – Minggu (20/8)

Adapun lakon 'Warisan' bercerita tentang Panti Wredha yang menjadi kebanggan kota. Kala itu, kaum tua dan terlantar ditampung di panti. Namun, delapan tahun kemudian kondisi panti berubah. Panti kini mulai menampung orang kaya yang mampu membayar mahal. Panti pun dibagi untuk orang kaya dan orang miskin. Berbagai macam karakter mulai dari penulis hingga koruptor ada di situ.

Website: http://teaterkoma.org/index.php/berita/226-info-tiket-warisan

Organiser Teater Koma Phone: 082122777709, Email: tiket@teaterkoma.org, Website: teaterkoma.org

Hall A Artos Mall (Lower Ground) Magelang, Lomba Seduh Kopi, Home Brewer Competition

Program ini merupakan acara seduh kopi secara manual untuk Non Barista. Peralatan dan biji kopi membawa sendiri.

Biaya Pendaftaran: Rp25.000,-

Info dan kontak: Eki (082220355504), Didi (085743735579)

JIExpo Kemayoran Jakarta, Pameran Seni & Budaya Anime Festival Asia (C3 AFA).

Acara berlangsung pada Jumat (18/8) – Minggu (20/8)

Salah satu perhelatan pop kultur Jepang terbesar di Indonesia, Anime Festival Asia (AFA), kembali digelar di Jakarta. Selain di wilayah Asia Tenggara (Thailand, Indonesia, Malaysia, dan Singapura), C3 AFA juga akan hadir di Jepang pada bulan Agustus 2017 dan Hong Kong pada bulan Februari 2018.

C3 AFA (dulu bernama AFAID) merupakan salah satu acara pop kultur Jepang yang yang selalu dinantikan oleh para penggemar anime di Indonesia. Tak hanya berisi pameran berbagai seri anime dan perniknya yang tengah populer, acara yang telah diselenggarakan sejak tahun 2012 tersebut juga menghadirkan konser penyanyi anisong terkemuka dari Jepang,

AFA juga menjadi ajang kehadiran para bintang tamu, yang merupakan figur penting di bisnis anime (seperti seiyuu alias pengisi suara karakter anime atau produser & sutradara anime yang terkenal dengan karya mereka), serta para cosplayer professional yang menyemarakkan acara. Seperti Ying Tze dari Malaysia, Enako dari Jepang, DD-Tenka dari China, MG dari Hong Kong, serta duo cosplayer pro dari negara kita, Clarissa Punipun & Naru.

Tiket acara dapat diperoleh di : animefestival.asia/jakarta17

Info dan kontak: Facebook: AFA – Anime Festival Asia, Twitter: @animefestasia, Instagram: @animefestivalasia, Website: animefestival.asia/jakarta17,

Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka Jakarta,  Lomba Foto Instagram “Penerus Bangsa”

Berlangsung pada Rabu (16/8) – Kamis (31/8) Lomba Foto Instagram.  Biaya Pendaftaran: Rp. 35.000

Dalam merayakan Hari Kemerdekaan dan Milad I-Fotografi yang Ke 16, mempersembahkan Lomba Foto Instagram dengan tema “Penerus Bangsa“. Event keren ini diadakan oleh UKM MPF I-FOTOGRAFI UHAMKA dengan hadiah jutaan rupiah.

Pemenang akan mendapatkan uang tunai sebesar; Juara 1 Rp 1.000.000, Juara 2 Rp 750.000, Juara 3 Rp 500.000

Info dan Kontak: Whatsapp 0878-8708-9535 (Fachreza), No hp. 083877431690 (ridho), Instagram: ifotografiuhamka

Web: www.i-fotografi.com

F&Q Kemerdekaan Festival Taman Pantai Ancol

-Area Pantai Lagoon Ancol, Kamis (17/8) – Minggu (20/8), Pukul 19.00 WIB, Festival Kuliner Nusantara & Festival Layang – layang 

-Panggung Utama pasar Seni Ancol, Minggu (20/8), Pukul 10.00 WIB, Jawara Lawak Pasar Seni oleh Persatuan Seniman Komedi Indonesia diantaranya Doyok, Derry, Tarzan hingga Bagito,

-Sepanjang pesisir Pantai Ancol, Sabtu (19/8) – Minggu (20/8),    Parade Merah Putih Pasukan Berkuda & Budaya serta Parade Lagoon Seaside Carnival, Floating Stage pantai Lagoon, Special Music Lagoon bersama Armada   & Regaenation bersama Peron Satoe .

-Pantai Lagoon, Sabtu (19/8), Pesta Kembang Api Spesial Kemerdekaan Ballerina Mengibarkan Bendera di Underwater Theater Show Ocean Dream Samudra

-Ocean Dream Samudra, pengunjung dapat menyaksikan kepintaran lumba-lumba membantu para pelatih mengibarkan bendera Merah Putih mulai pukul 11.15 Wib.

-Selain Dolphin Adventure, pengibaran bendera juga dilakukan sejumlah penyelam dan ballerina di under water theater show pada Kamis (17/8) – Minggu (20/8) .

 

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home