Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:21 WIB | Jumat, 18 Mei 2018

Acara Akhir Pekan 19 – 20 Mei 2018

Ilustrasi. Festival Budaya Isen Mulang 2018 di Palagkaraya Kalimantan Tengah. (Foto: presidentpost.id)

SATUHARAPAN.COM – Memasuki bulan Ramadan, acara-acara menyambut Ramadan memeriahkan akhir pekan bulan Mei. Di antaranya,  festival kuliner ngabuburit, bazaar kuliner, festival budaya, pertunjukkan seni tari dan musik tradisional, International Family Day, dan juga Festivazal Budaya Isen Mulang 2018 di Palangkaraya.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta

Sabtu, 19 Mei

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Musik Menabuh Nusa oleh DuaDrum

DuaDrum adalah sebuah band dengan format dan konsep musik yang sangat unik serta kekinian, menggunakan set up dua buah drum dalam satu panggung.

DuaDrum dibentuk pada tahun 2014. Selain dalam media sosial, Yoiqball & Yandi Andaputra juga aktif dalam banyak festival musik internasional. DuaDrum akan membawakan lagu-lagu nasional Indonesia, yang menceritakan tentang keindahan dan kecintaan kita akan Indonesia yang patut dilestarikan.

Main Lobby 1, Lippo Mall Puri, Jakarta, Tasteventura Kampoeng Ramadan

Acara berlangsung pada Jumat (18/5) – Minggu (20/5).

Mari bergabung dalam bazaar kuliner pada Tasteventura Kampoeng Ramadhan, yang akan diramaikan oleh sajian berikut ini: Kue Cubit Pancang, Kue Ape, Es Blewah dan Kelapa Muda, Es Selendang Mayang & Tahu Gejrot Jadul Pa Anda, Kolak & Kepal Milo Kantin Tata, Kuliner Belitung Tjhai, Cendol De Keraton & Serabi De Keraton, Es Bugar, Mie Kocok Bandung Marika & Es Gooyobod Marika, Es Kopdur Jes Jos, Es Blewah & Kelapa Muda, Soto Mie Bogor Kabita & Es Doger 86, Es Pisang Ijo & Coto Makassar, dan banyak lagi.

Info dan kontak: Telp: 02129111111, Facebook: Lippo Mall Puri, Instagram: @yourlippomallpuri, Website: lippomallpuri.com

La Piazza, Kelapa Gading, Jakarta, Festival Kuliner Ngabuburit 2018 

Acara berlangsung Jumat (18/5) - Minggu (3/6); Senin-Kamis: 16.00-22.00 WIB, Jumat-Sabtu: 16.00-23.00 WIB, Minggu dan Hari Libur: 16.00-22.00 WIB

Nikmati ragam menu berbuka puasa yang menggugah selera bersama keluarga dan sahabat tercinta di Festival Kuliner Ngabuburit.

Lepas rasa dahaga dan laparmu seusai beribadah puasa dengan menu: Aneka Kolak, Lontong Sayur, Sate Kambing, Soto Betawi, Nasi Kucing, Martabak Kubang, Nasi Goreng Kambing, Tahu Gimbal, Sate Padang, Es Campur Jelly, Es Pisang Ungu, Es Ketan Duren, dan masih banyak lagi

Jangan lewatkan juga aneka hiburannya: Punakawan Show, Acoustic Religi Performance, Rampak Bedug, Info dan kontak: Facebook: Mal Kelapa Gading, Twitter & Instagram: @MKGLaPiazza, Website: malkelapagading.com

Atrium 2 Mall of Indonesia, Lobby 1, Jakarta, Tropical Market  

Acara berlangsung pada Kamis (10/5) – Minggu (20/5)

Mau coba makan buah eksotis asli Indonesia dengan harga miring? Di Tropical Market penggunjung bisa menikmati berbagai buah langka dan eksotis dari Indonesia seperti Kelengkeng Merah, Nangkadak, Kedondong Mini, Gandaria, Duren Pelangi, Jambu Jamaica dan masih banyak lagi! Selain itu, juga bisa menikmati berbagai buah langsung dari petaninya .

Berbagai workshop dan kompetisi (gratis) juga diselenggarakan, seperti: Fruit Carving Competition (12 Mei 2018, jam 16.00 WIB), How To Cook Organic (13 Mei 2018, jam 14.00 WIB), Urban Gardening (20 Mei 2018, jam 14.00 WIB)

Info dan kontak: Facebook: Mall of Indonesia, Instagram: @mallofindonesia, Website: mallofindonesia.com

Sepanjang Jalan Bugis, Kebon Bawang Tanjung Priok, Jakarta Utara, pukul 10.00-23.00 WIB, Festival Bugis Tanjung Priok

Acara berlangsung pada Sabtu (19/5) – Minggu (20/5).

Ayo, datang dan ambil bagian dalam keseruan Festival Bugis Tanjung Priok. Berbagai acara yang seru cocok untuk mengisi akhir pekan ini. 

Daftar acara: Palang Pintu, Tarian, Gambang Kromong, Lenong Betawi, Penampilan Band betawi, 100 stand bazar kuliner & multiproduct, Wahana Anak

Blu Plaza Bekasi, Jl Chairil Anwar No 27-36, pukul 15.30 – selesai, Bazar Kuliner Ramadan 

Acara berlangsung pada Jumat (19/5) – Minggu (20/5).

Di Bazar Kuliner Ramadan ini, jika membeli maka sama dengan bersedekah, sebab keuntungan yang didapat oleh pihak penyelenggara akan disalurkan untuk kegiatan Belanja Bareng Yatim Dhuafa, di mana anak-anak yatim dhuafa akan diajak untuk membeli baju Lebaran. Senangnya belanja sambil memuliakan anak yatim dhuafa.

Selain bazar, ada juga lomba mewarnai, tausiyah, pertunjukan Ramadan

Juga akan diramaikan oleh: Ustadz Mochamad Maulana Akbar Tanjung S.pd.I (Dai Muda korp muballing Bani Shaleh), Ustadz Anwar Anshori Mahdum S.Pd.I (Ustadz Radio Dakta 107 dm dN Dakta tv), Kak Mae (pendongeng), El fatah (Nasyid), M. Hadil Hermansyah (komunitas pejuang subuh), Rio Geovani Nur Muhammad Al Hafizh S pd.I (ketua umum Hafidz on the street Bekasi), Akbar Al Yunus (DPA ODOJ Bekasi), Alfina Putri Kustanti (Peduli Hijab)

Harga Tiket Masuk Rp30.000 sudah termasuk donasi untuk anak yatim pada Sabtu (19/5), pukul 15.00 – 16.00 WIB di Taman Jajanan Blu Plaza.

Bagi peserta lomba mewarnai, jangan lupa untuk membawa: meja lipat, alat mewarnai, hati yang bahagia.

Hadiah akan diberikan pada: pada Minggu (20/5) Pukul 15.00 WIB.

Apabila pemenang tidak hadir maka akan dianggap gugur.

Info dan kontak: Telp: 089674304734, Facebook: Blu Plaza Bekasi, Website: volunteer.dompetdhuafa.org

Paris Van Java, Bandung,  Kampoeng Van Java

Acara berlangsung pada Rabu (16/5) – Selasa (1/7).

Sudah tahu belum ada sawah di tengah kota Bandung? Yuk, ke Kampoeng Van Java, untuk menyegarkan diri dengan menikmati lantunan kecapi dan suling dengan suasana sawah di Paris Van Java!

Pengunjung bisa ngabuburit seru dengan berfoto dengan kostum ala Kabayan dan Nyi Iteung dengan Rp20.000 saja! Atau kamu bisa menikmati kuliner zaman dulu seperti getuk jiwel, bola ubi, ketan dan jagung bakar, es goyobod, es doger, es cingcau, es cendol dan es lembayung untuk berbuka puasa. Jangan lupa juga, bakalan ada Photo Contest “Van Java” dan dapatkan hadiah menarik!

Info dan kontak: Facebook: Paris Van Java, Twitter: @pvjbandung, Instagram: @pvjofficial, Website: parisvanjava.id

Cafe Cinde, Jalan Pahlawan no 58 – Bandung, pukul 15.00 – 19.00, PlayTime Bandung 

Agenda ngabuburit bisa bermacam-macam, misalnya nonton film di bioskop, mengikuti kegiatan sosial, baca buku atau main board game bareng!  Nah, seperti biasa Boardgame.id bulan ini kembali mengundang kalian yang tinggal di Bandung dan sekitarnya untuk datang ke PlayTime.

Ada banyak judul board game yang tersedia yang bisa dimainkan sama-sama. Ada board game-board game asli Indonesia superseru seperti The Festivals, Aquatico, Kakak Teladan, Waroong Wars dan lainnya.

Biar tambah seru, Boardgame.id juga akan menghadirkan pilihan judul board game luar negeri yang pastinya seru. Dan masih banyak lagi board game yang akan bisa dimainkan. Tak perlu khawatir kalau sama sekali tidak tahu cara memainkan board game yang tersedia. Ada PlayTime coach yang akan senantiasa menemani, memandu dan mengajari bermain board game. Juga boleh membawa board game sendiri lho!

Untuk pendaftaran bisa melakukan registrasi dengan membeli tiket secara online lewat aplikasi Goers dengan harga tiket yang lebih murah. Registrasi on the spot juga bisa, hanya harganya berbeda. Registrasi online lewat aplikasi Goers di sini (http://goers.co/uts8xy).

Harga tiket masuk Online Rp 50.000 per orang (include free takjil, drink, appetizer & main course), On the Spot Rp 50.000 per orang (include free takjil, drink, appetizer & main course).

Kali ini tiket PlayTime sudah termasuk takjil, minuman, camilan dan ayam geprek mozzarella untuk menemani berbuka puasa. Jadi selain bermain board game, kita juga bakal mengajak untuk buka puasa bersama.

Info dan kontak: Info : http://boardgame.id/ngabuburit-playtime-bandung/Kontak : isa@boardgame.id / 089-8712-0785 (Isa)

Metro Dept Store Trans Studio Mall Bandung, Kilau Raya Kemenangan

Acara berlangsung pada Selasa (1/5) – Selasa (31/7).

Sambut kilau raya kemenangan bersama #METROdept! Belanja selama periode bulan suci Ramadan dan raih kesempatan mendapatkan berbagai promo menarik bagi Anda sekeluarga, dengan tambahan diskon 10 persen untuk pengguna KK dan 5 persen untuk debit @bankmega.

Free Umroh Packages pada (10/50) – Minggu (24/7), minimal berbelanja Rp.2.000.000 dapatkan kesempatan umroh bersama keluarga

Stamp Collecting, Selasa (1/5) – Selasa (31/7), kumpulkan stamp dan dapatkan produk eksklusif Cast Iron Cookpot (Rp.199.000-Rp.649.000), Violetta Crystalware (Rp.399.000-Rp.449.000) Hanya tersedia di Metro Jakarta dan Metro Bandung selama persediaan masih ada. Free Family Ramadhan Iftar. Gratis buka puasa bersama keluarga di hotel bintang lima

Info dan kontak: Facebook: Trans Studio Mall Bandung, Instagram: @transstudiomallbandung, Website: transstudiomall.com

Bentara Budaya Bali, pukul 18.00 WITA, Lintas Tematik Film Pendek

Acara berlangsung pada Sabtu (19/5) – Minggu (20/5).

Sinema Bentara kali ini menghadirkan sejumlah film pendek Indonesia maupun internasional dengan beragam tematik juga genre. Film pendek besutan sutradara aneka bangsa ini menyuguhkan sisi imajinatif  penuh arti dari scene-scene terpilih yang memfokuskan pada kedalaman cerita.

Misalnya saja, sejumlah film pendek animasi yang terangkum dalam bingkai Short Export 2017 kerja sama dengan Pusat Kebudayaan Jerman, Goethe Institut Indonesien, memaparkan kompleksitas hubungan antarmanusia yang berbeda latar namun memiliki suatu bahasa ungkap kemanusiaan yang sama; penghormatan pada kesetaran dan keadilan.

Short Export 2017 merangkum film-film pendek fiksi dan animasi terpilih dari Jerman, hasil seleksi lebih dari 500 entri pada Clermont-Ferrand Festival. Festival Film Pendek Internasional Clermont-Ferrand merupakan titik pertemuan paling penting untuk film pendek internasional. Program ini merupakan kerja sama antara AG Kurzfilm - Asosiasi Film Pendek Jerman, Goethe-Institut Lyon, Festival Film Pendek Internasional Clermont-Ferrand, dan Kurz FilmAgentur Hamburg.

Palangkaraya Kalimantan Tengah, Festival Budaya Isen Mulang 2018

Acara berlangsung pada Sabtu (19/5) – Kamis (24/5).

Festival Budaya “Isen Mulang” (FBIM) tahun ini tampaknya bakal lebih meriah dibanding tahun sebelumnya. Jika pada tahun lalu acaranya berlangsung selama empat hari, di tahun ini akan diselenggarakan selama enam hari, yakni dari tanggal 19 sampai 24 Mei 2018. “Isen Mulang” dalam bahasa Dayak Ngaju berarti “pantang mundur.”

Dilaksanakan bersamaan dengan perayaan hari jadi ke-60 Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), FBIM 2018 dipusatkan di ibukota provinsi, Palangkaraya. Dalam festival ini beragam kegiatan digelar, terutama yang mempertontonkan keragaman etnis, seni dan budaya yang ada di Kalteng yang dikemas dalam format karnaval. Selain karnaval, ada sejumlah kegiatan lain yang tak kalah menarik seperti pertunjukan seni dan budaya, permainan, lomba dan sebagainya. Ada pula semacam lomba kecantikan pariwisata, dan lomba fotografi.

Karnaval budaya yang dilangsungkan saat pembukaan festival dikabarkan akan diikuti ribuan peserta dari seluruh kota/kabupaten di Kalteng. Dengan pakaian tradisional khas berwarna-warni beserta segenap aksesori unik dari kelompok-kelompok etnis Dayak, mereka berpawai di jalan-jalan utama kota Palangkaraya. Tak sekadar berpawai, mereka juga akan membawakan sejumlah tarian dan berbagai kegiatan menarik lainnya.

Atraksi-atraksi budaya lainnya sebagian besar dikemas dalam pelbagai lomba seperti lomba perahu tradisional, kuliner tradisional, lomba tari dan lagu tradisional. Ada pula kompetisi lain yang lebih khas, yakni lomba Manyila Kayu, Balogo, Manewang, Manetek, Basei Kambei, Habayang, Manyipet, Malamang, Sepak Sawut, dan masih banyak lagi lainnya. Sepak Sawut sangat menarik karena ini merupakan pertandingan sepakbola, tapi menggunakan bola berapi yang tentu saja panas.

FBIM sejatinya adalah sebuah festival yang bertujuan menampilkan dan kian mempopulerkan keragaman budaya yang ada di Kalteng. Di samping semua atraksi seni-budaya, pengunjung juga bisa menyaksikan pameran bertajuk “Kalteng Expo,” yang biasanya memamerkan produk-produk unggulan dari sejumlah wilayah di Indonesia

Jika saja Anda ingin melancong di luar acara FBIM, ada beberapa lokasi wisata di seputar Palangkaraya yang bisa dikunjungi, seperti Taman Nasional Sebangau, Museum Balanga, Tugu Soekarno, Taman Wisata Fantasi Beach, Danau Tahai, Sungai Kahayan, Rumah Adat Bentang, dan lainnya.

Narahubung: Dinas Kebudayaan & Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah, Telepon: +62 536 4210368, Situs web: disbudpar.kalteng.go.id

Minggu, 20 Mei

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Tari Baleganjur: Sita Disita oleh Alam Dewata

Pada kali ini Alam Dewata akan mempertunjukan Baleganjur akan dipadukan dengan Kecak yang bercerita tentang Sita Disita.

Cerita dalam pertunjukan ini sendiri adalah tentang Sri Rama, putra mahkota dari kerajaan Ayodya, diasingkan dari istana ayahandanya, Sang Prabu Dasarata, karena akal jahat ibu tirinya, Dewi Kakayi. Dengan ditemani istrinya yang setia, Dewi Sita serta adik laki-lakinya, Laksamana, Sri Rama pergi ke hutan Dandaka.

Dalam perjalanannya, Dasamuka (Rahwana), Raja Alengka Pura, terpikat oleh kecantikan Dewi Sita kemudian menculiknya. Sri Rama dan Laksamana berusaha menolong Dewi Sita dari cengkeraman raja yang kejam itu. Atas bantuan putra Dewa Bayu, Hanoman, mereka berhasil mengalahkan Rahwana. Akhirnya Sri Rama berhasil merebut kembali istrinya dengan selamat.

Alam Dewata adalah sebuah komunitas seni dan Budaya Bali pimpinan I Made Suma di Jabodetabek yang resmi terbentuk pada 7 Maret 2004. Komunitas ini terus berkreasi hingga membentuk Alam Dewata Baleganjur, Alam Dewata Balakecak, Alam Dewata Band (kolaborasi band dengan etnik Bali), serta membuat dekorasi interior dan eksterior berciri khas Bali.

Berbagai penghargaan Nasional telah diraih dari awal terbentuk hingga sekarang, seperti Juara 1 Festival Baleganjur dalam South Festival di Pura Amrta Jati, Cinere Jakarta Selatan tahun 2004, 7 Terpilih dalam pertunjukan Musik Tradisi Baru di Festival Musik Tembi 2013 di Yogyakarta, dan Penyaji Unggulan, Pencipta Lagu Unggulan, Penyanyi Unggulan dan Penata Musik Unggulan dalam Parade Lagu Daerah Gita Permata Nusnatara Tahun 2015 di sasono Langen Budoyo TMII.

Bentara Budaya Bali, pukul 19.00 WITA, Pentas Gamelan Salukat Kebyar Baru bersama Dewa Alit

Gamelan gong kebyar, lahir pada awal abad ke-20 (1915), yang merupakan musik gamelan kontemporer (new music),  kini telah menjadi musik tradisi. Walaupun keberadaannya dari segi jumlah keseluruhan gamelan di Bali (kuantitas) masih mendominasi, namun kenyataan sekarang sudah ada gejala bahwa lebih mengemuka sebagai komoditi musik populer yang belakangan kian sepi peminat dan pengunjung. Sebagai musik, kebyar mempunyai nilai-nilai universal sehingga memungkinkan untuk dikemunikasikan dengan musik-musik dunia, termasuk musik Barat ataupun world musik.

Pentas Gamelan Salukat bersama komposer Dewa Alit di Bentara Budaya Bali kali ini mencoba membaca fenomena Kebyar tersebut, sekaligus menawarkan sebentuk komposisi Kebyar Baru.

Akan ditampilkan sejumlah komposisi, antara lain: Kedituan (new music for gamelan), Land Is Talking (music for ricikan and gong), GeringSing (tari baru model palegongan klasik, koreografer Dayu Arya Satyani) dan Somewhere There (music for piano/ carillon and gamelan kebyar). Sebagai pianis Tomoko Nishizawa.

Dewa Alit lahir dari keluarga seniman di Bali pada tahun 1973. Sedini muda ini telah bersentuhan dengan gamelan Bali. Tidak hanya bermain gamelan, sedari remaja Dewa Alit telah membuat komposisi dan kini ia diakui sebagai salah satu komposer gamelan terkemuka untuk generasinya di Bali. Ia juga dikenal memiliki pendekatan yang terbilang ‘’avantgrade“ namun tetap mempertimbangkan nilai-nilai tradisi dalam musiknya. 

Karyanya “Geregel“ (2000) sangat berpengaruh baik di Bali maupun di luar negeri, menjadi bahan analisis 50 halaman pada “The Perspectives on New Music“. Dewa Alit mendirikan grup Gamelan Salukat pada 2007, mengkhususkan diri dalam memainkan komposisi-komposisi terkini ciptaan Dewa Alit. Gamelan Salukat telah melakukan tur  ke USA dengan Bang on the Can, USA dalam produksi opera baru Evan Ziporyn "A House in Bali" pada tahun 2009 dan 2010. Kelompok ini sekarang mempersiapkan tur Eropa pertama mereka pada bulan Juni 2018.

Neo Soho Mall Lantai L3A, Jakarta Barat, pukul 10.00 – 14.30 WIB, International Family Day

Nikmati waktu bersama keluarga Anda dengan Jakarta World Academy di Neo Soho L3A. Kegiatan seru yang hebat untuk seluruh keluarga Anda menanti. Ditambah hadiah gratis dan kejutan!

Anak-anak, akan menikmati berbagai seni dan kerajinan seperti lukisan wajah, lukisan topeng, dan banyak lagi kegiatan yang mengasyikkan. Akan ada kegiatan musik dan gerakan, menggunakan piano lantai besar yang dapat dinikmati anak-anak. Balita Anda (1 - 2 tahun) juga akan mendapat perawatan saat mereka terlibat dalam permainan sensorik yang menyenangkan.

Untuk orang tua ada acara Talkshow Smart Parenting dengan tema "Tips berbicara dengan anak, agar anak mendengarkan".

Harga tiket masuk: Rp100.000 (Free Goodie Bag Get Free Art & Craft Books,Cute Dolls, Drinks, Games,Voucher, and Toys) * T&C Apply

Info dan kontak: 0888 0890 7128 (untuk RSVP & Info)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home