Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:49 WIB | Jumat, 20 April 2018

Acara Akhir Pekan 21 - 22 April 2018

Ilustrasi. Festival Seba Baduy merupakan tradisi khas masyarakat Baduy (Foto: journal.sociolla.com)

SATUHARAPAN.COM – Berbagai acara hiburan, termasuk yang bertema Hari Kartini, akan meramaikan pertengahan April ini, antara lain pertunjukan monolog, wedding exhibition, festival kuliner,  pet expo, dan acara yang ditunggu anak-anak Disney on Ice 2018.

Tak ketinggalan berbagai acara festival digelar, termasuk Jakarta Fashion and Food Festival di Jakarta Utara, Festival Budaya Seba Baduy di Banten, dan berbagai acara di Surabaya, Bandung Yogyakarta dan Bali.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta.

Sabtu, 21 April

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Monolog Episode: Tarung/Stripping/Rubberneck oleh Titimangsa Foundation

Episode: Tarung/Stripping/Rubberneck merupakan salah satu pementasan yang disajikan untuk memperingati hari Kartini. Pementasan yang berupa monolog dari tiga orang perempuan ini bercerita tentang permasalahan perempuan di ranah pribadi dan juga publik. Dengan naskah yang ditulis langsung oleh para penampil, pertunjukan ini akan menjadi salah satu testimoni dari pergulatan yang harus di hadapi perempuan, dan semakin memperlihatkan bahwa permasalahan perempuan modern tidak hanya berkutat di ranah domestik.

Titimangsa Foundation adalah yayasan nirlaba yang bergerak di bidang budaya, didirikan oleh Happy Salma bersama Yulia Evina Bhara pada Oktober 2007. Pada perjalanannya Happy menjalankan Titimangsa Foundation ditujukan untuk wadah kecintaan terhadap karya sastra, menulis, dan berakting. Titimangsa sendiri artinya adalah terjadi pada saat yang tepat.

Serang Banten, Festival Exciting Banten on Seba Baduy

Festival Exciting Banten on Seba Baduy adalah tradisi Seba Baduy, di mana 2.000 warga adat Baduy akan datang ke kota-kota di Banten.

Tradisi Seba Baduy adalah upacara tahunan warga Baduy berjalan kaki 100 kilometer lebih dari pedalaman. Acara akan dilaksanakan pada 20-22 April 2018. Sebanyak 2.000 warga adat akan mendatangi Abah Gede (kepala daerah) mulai dari bupati Lebak, Pandeglang, Serang dan Gubernur Banten.

Acara Seba Baduy akan dibungkus dalam Festival Gebyar Exciting Banten. Acara akan digelar serempak di Lebak, Pandeglang, Kota Serang, Kabupaten Serang dan Rangkasbitung. Rencananya 2.000 orang dari warga adat Baduy termasuk Baduy Dalam yaitu Kampung Cibeo, Cikartawana, dan Cikeusik akan bertemu dengan Bupati Lebak di pendopo Rangkasbitung.

Khusus warga Baduy Dalam dijadwalkan berangkat pukul 04.00 WIB karena harus berjalan kaki 100 kilometer lebih. Keesokan harinya, warga adat kemudian ke Pandeglang lalu ke Kota Serang untuk bertemu dengan Gubernur Banten sebagai Bapak Gede. Pelaksanaan Seba menurutnya juga diatur dalam kalender adat Baduy, di mana pelaksanaan Seba harus sesuai dengan penanggalan adat pada tanggal ke-4 dan ke-5 bulan Sapar. Selain akan menyapa kepala daerah, warga juga akan membawa hasil bumi masyarakat Baduy mulai dari pisang, gula aren dan beras terbaik.

Seba merupakan upacara wajib dan amanat leluhur warga Baduy. Pelaksanaan ini memiliki makna batiniah menjunjung amanat leluhur dan secara lahirian datang kepada pemerintah. Khusus bagi Baduy Dalam, aturan adat melarang mereka mengendarai segala jenis kendaraan bermotor. Mereka berjalan kaki dari pedalaman selatan melewati hutan sampai ke Serang.

Ada beragam kegiatan yang disiapkan berupa pameran, fesyen, ekonomi kreatif kerajinan tenun dari Baduy, pameran busana adat, ekonomi kreatif, kerajinan tenun dan ragam hasil bumi akan dipertontonkan pada perhelatan festival tersebut.

Puri Ratna Ballroom, Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta, pukul 10.00-19.00 WIB, Grand Sahid Jaya Wedding Exhibition 2018

Pengunjung dapat menemui ahli pernikahan untuk membantu Anda mempersiapkan hari istimewa Anda, di acara yang berlangsung Sabtu (21/4) - Minggu (22/4).

Ditawarkan paket wedding mulai dari Rp70.000.000, dapatkan juga tiket penerbangan pulang pergi Jakarta-Bali, dan uang tunai hingga Rp10 juta.

Info dan kontak: Telp: 021-5704444 (ext. 1492 or 1490), Email: wedding@grandsahidjaya.com, Facebook: Grand Sahid Jaya Twitter & Instagram: @grandsahidjaya

Jl Al Kautsar Kp Rawa Badung, Jatinegara – Jakarta Timur, Pergelaran Seni Budaya Betawi & Festival Rawa Kuning

Dalam rangka membudayakan kesenian-kesenian Jakarta, dipergelarkan Ondel–ondel, Tari Cokek, Gambang Kromong, Tanjidor, Lenong Palang Pintu. 

Acara yang didukung oleh Pemprov DKI Jakarta ini dilangsungkan Sabtu (21/4) - Minggu (22/4), dimeriahkan bazaar kategori: fashion, aksesori, handycraft, kuliner, properti, otomotif, banking dan lainnya.

Booth Reservation: 0838.9134.0811 (Hp/Wa), 021 – 8430.7613 (Office), @arisipromoeo (Instagram), https://arisipromoeobazaar.blogspot.co.id/

Pluit Village Mall, Jakarta, Festival Bakso – Pluit Village

Acara berlangsung pada Jumat (20/4) – Minggu (22/4)

Kabar gembira, Pluit Village mengadakan Festival Bakso. Para pencinta bakso boleh langsung merapat dan menikmati berbagai macam jenis bakso spesial dan lezat!

Info dan kontak: Facebook: Pluit Village Mall, Twitter: @pluitvillage, Instagram: @pluit_village

ICE BSD Tangerang,  Kartini On The Road

Tanggal: 21 April 2018

Jadilah 370 wanita yang terpilih untuk memecahkan Rekor Muri, Penggantian Aki Mobil Terbanyak pada tanggal 21 April 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, bagi Anda pengendara: Toyota: Avanza, Vios, Yaris, Rush, Agya, Calya, Daihatsu: Xenia, Terios, Sigra, Ayla, Honda: Brio, Mobilio, City, BRV, Suzuki: Ertiga, Swift, Xover.

Daftarkan diri Anda segera! Kirim Nama, Alamat, dan hasil scan/foto SIM A & STNK mobil Anda ke email: kartiniontheroad@gmail.com

Info dan kontak: Telp 1: 085695992056, Telp 2: 085695992057, Telp 3: 08819991010, Instagram: @shopanddrive

Atrium 1-3, Lippo Mall Kemang, Jakarta, Sneakerpeak Kemang Vol 3

Acara berlangsung pada Rabu (18/4) – Minggu (22/4).

Konten acara:Turnamen Pong oleh @indonesiapong dengan hadiah luar biasa!, Bicara: @ isser.whitey.james | @ajihandokopurbo | @ Dr.Tirta | @indosneakerteam_

Lagu: @adhisants (@lofiindeh) | @jidho | @daffajnaro | @gerryblz | @putraptr, Father Care Superior oleh @ne_in Ada di Sana!

Info dan kontak: Facebook: Lippo Mall Kemang, Twitter & Instagram: @lippomallkemang

Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Hall 10, Tangerang, Disney on Ice 2018

Acara berlangsung pada Rabu (18/4) - Minggu (22/4).

Dimeriahkan oleh lebih dari 50 pemain berkarakter Disney yang tak terlupakan, dengan Mickey Mouse dan kekasihnya Minnie Mouse, Donald Duck, Goofy, dan banyak putri termasuk Cinderella, Rapunzel, Ariel, Snow White, dan Tiana. Hidupkan kembali keajaiban Disney's Frozen dengan Anna, Elsa, dan Olaf.

Bergabunglah bersama lebih dari 30 lagu yang tak terlupakan termasuk favorit seperti "Let It Go", "You've Got a Friend in Me" dan "Hakuna Matata". Saat-saat yang menyenangkan dari Disney • Toy Story Pixar, Finding Nemo, Lion King, Beauty and The Beast, Aladdin, dan banyak lagi tokoh Disney lainnya yang  akan membuat seluruh keluarga terpikat dengan kenangan yang akan bertahan seumur hidup.

Tiket: loket.com/event/disney-on-ice-2018

Info dan kontak: Email: disneyoniceindonesia@gmail.com, Situs web: disneyoniceindonesia.com

Bandung Indah Plaza, Food Fest Vol 16 2018

 Acara berlangsung pada Kamis (19/4) – Minggu (22/4).

Food Fest Vol.16 kembali hadir!

Datang dan coba berbagai menu lezat yang ada di sini.

Daftar acara: Kids Activity, Community Performance, School Performance, Accoustic Performance, Chef Table, DJ Performance, Eating Tournament, Dance Performance

Info dan kontak: Whatsapp: 085691480620, Twitter: @foodfestbdg, Instagram: @foodfestivalbandung

Pakuwon Trade Centre, Surabaya, Surabaya Pet Show 2018

Acara berlangsung pada Jumat (20/4) - Minggu (22/4).

Pameran pencinta hewan terlengkap akan segera hadir untuk Anda! Datanglah ke Surabaya Pet Show. Jangan lewatkan kesempatan untuk bertemu dengan berbagai hewan lucu, eksotik dan langka. Berbagai acara menarik dalam dunia hewan (pet) akan diselenggarakan.

Daftar acara: Dog Fun Show, Cat Show, Cat Fun Show, Adopt Day, Tarantula Expo, Tarantula Contest, Kelomang Contest, Sugar Glider Competition, Sugar Glider Expo, Parrot Show, Rabbit Expo, Reptile Show, Carnivorous Plant Expo, Talkshow with Animal Doctor, dan banyak lagi.

Info dan kontak: Email: Octaviadi@kristamedia.com, Facebook: Surabaya Pet Show, Website: surabayapetexpo.com

JX International Surabaya, pukul 10.00-22.00 WIB, Mendem Duren – JX International Surabaya

Acara berlangsung pada Rabu (18/4) – Minggu (22/4).

Bursa duren, dari kebun langsung di sejumlah kawasan Jawa Timur dan Jawa Tengah. Anda bisa menikmati aneka varietas durian lokal dengan cita rasa khas.

Dimeriahkan: Miss Duren 2018, Kontes Belah Duren, Festival Anak Milenial

Info dan kontak: Telp 1: 0818500295, Telp 2: 08180500600

Bentara Budaya Yogyakarta, pukul 9.00 – 21.00 WIB, Pameran Seni Rupa Kelompok Bumbon Pengilon

Acara berlangsung pada Sabtu (21/4) – Minggu (29/4).

Peserta pameran: Theresia Agustina Sitompul, Agustina "tina" Tri Wahyuningsih, Wahyu 'Adin' Wiedyardini, Dona Prawita Arissuta, G. Prima Puspita Sari, Nadiyah Tunnikmah, Caroline Rika Winata, Trien "iien" Afriza, Ayu Arista Murti, Utin Rini Anggraini, Roeayyah Diana P., Sari Handayani

Projek Bumbon yang ke #4 ini, kami mencoba mencari, memaknai perjalanan hidup (entah sebagai ibu, istri,dan pekerja), dengan merefleksikannya melalui cermin: benda yang sederhana secara bentuk dan fungsinya.

Minggu, 22 April

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00 WIB, Lembayung oleh Sembilan Februari Productions

Kumpulan monolog ini menampilkan lelaki-lelaki yang dinikahi oleh Lembayung, serta sudut pandang Lembayung sendiri dari masa ke masa. Lembayung mengajak kita merenungkan dan menertawakan tuntutan-tuntutan masyarakat atas citra perempuan yang sempurna, yang sering membuat hidup perempuan jadi kacau balau.

Lembayung adalah pemaparan berbagai masalah klasik perempuan Indonesia tanpa banyak protes, tanpa banyak bela diri, tanpa banyak minta iba, namun sekadar menggambarkannya sebagai komedi yang ironis.

Sembilan Februari Productions didirikan oleh lima orang pelakon dan pekerja seni muda, yaitu Eduwart Manalu, Gesata Stela, Khiva Iskak, Kiki Narendra, dan Trisa Triandesa. Selama lebih dari sepuluh tahun karier akting mereka sudah membentang dari panggung teater, tari, layar kaca, layar lebar, juga untuk iklan / komersil.

Bentara Budaya Bali, pukul 18.20 WITA, Pameran Seni Rupa Komunitas 22 IbuSang Subjek

Acara berlangsung pada Minggu (22/4) – Senin (30/4).

Bila menyimak penanggalan pada bulan Maret dan April, segera terbaca sosok Perempuan sebagai Sang Subyek dari rangkaian peristiwa. Pertama, Hari Perempuan Internasional (8 Maret) dimaknai sebagai Women’s March dengan berbagai unjuk rasa yang menuntut adanya perlindungan terhadap anak, kaum perempuan, dan minoritas. Kedua, Hari Kartini (21 April), meneguhkan penghormatan pada upaya perjuangan emansipasi; menuntut kesamaan hak dengan lelaki. 

Pameran seni rupa merujuk tajuk Sang Subyek yang diselenggarakan oleh Komunitas 22 Ibu ini, tentulah tak lepas dari upaya memberi arti dua penanggalan penting tersebut. Kurator  pameran, Hardiman, menguraikan dalam pengantarnya perihal “aku perempuan“ sebagai pokok karya, tema, atau fokus gagasan. Bukan sekadar memiliki kesamaan atau kesetaraan dengan subyek-subyek lain, tetapi juga sanggup menyusun konstruksi subyektivitas yang menjadikan dirinya memiliki kepribadian atau menjadi diri sendiri.

Mal Kelapa Gading, Jakarta Fashion dan Food Festival

Dibuka pada 5 April, Jakata Fashion and Food Fastival terdiri atas dua rangkaian acara besar, yakni Fashion Festival yang berlangsung 11 - 29 April, dan Food Festival "Kampoeng Tempo Doeloe" di LaPiazza 5 April - 6 Mei.

Food Festival tahun ini menampilkan 10 soto terbaik dari soto Nusantara, yakni Soto Kadipiro Yogyakarta, Soto Madura H Ngatidjo Madura, Soto Kesawan Madiun, Soto Betawi H Mamat Jakarta, Soto Sapi Trisakti Solo, Coto H Daeng Tayang Makassar, Soto H St Mangkuto Padang, Soto Pak H Yus Jakarta, Tauto Bumbu Pekalongan Pekalongan, Pallubasa Onta Makassar.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home