Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:42 WIB | Jumat, 22 September 2017

Acara Akhir Pekan 23-24 September 2017

Ilustrasi. Pemutaran film Layar Merdeka Vol. 2 oleh Kolektif. (Foto: .indonesiakaya.com)

SATUHARAPAN.COM – Acara akhir pekan di bulan September akan diramaikan dengan berbagai acara, antara lain pemutaran film, festival paduan suara, konser musik Jazz, juga travel fair,  dan beberapa acara tidak saja yang ada di Jakarta, tapi juga di beberapa daerah antara lain festival kuliner di Solo, Bandung, dan juga festival film di Bali dan Festival Scooter di Yogyakarta. 

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta.

Sabtu, 23 September

Galeri Indonesia Kaya.  Pukul 15:00 WIB, Pemutaran Film  Layar Merdeka Vol. 2 oleh Kolektif

Layar Merdeka Vol. 2 kali ini mengangkat empat cerita dari Indonesia Timur, yakni film berjudul Memoria, yang mengisahkan seorang ibu mencoba melupakan memori ketika ia menjadi korban perang di Timor Leste. Maria adalah salah satu korban kekerasan seksual di Timor Leste saat masa kelam kemerdekaan mereka. Film Salawaku, yang mengisahkan seorang anak Maluku bernama Salawaku dan gadis metropolitan yang berasal dari Jakarta bernama Saras bertemu dan melakukan perjalanan untuk mencari kakak perempuan Salawaku yang hilang.

Film berikutnya berjudul Nokas yang menceritakan upaya seorang pemuda bernama Nokas, yang ingin menikahi kekasihnya Ci, gadis cantik yang bekerja di peternakan ayam di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Tidak mudah menikahi gadis Timor, pihak lelaki biasanya diminta untuk membayar mahar kepada orang tua dan saudara pihak perempuan. Dengan pendekatan observasional, film ini mengikuti usaha Nokas dalam menyiasati biaya pernikahannya. Dan film terakhir adalah Kitorang Basudara, mengisahkan seorang pemuda tinggal di asrama yang semakin penuh  berjuang untuk menyelesaikan pendidikannya.

Ciputra Artpreneur Jakarta, Festival Paduan Suara Gerejawi 9 - HKBP Pasar Rebo

Festival paduan suara untuk umum yang  diadakan setiap dua tahun oleh Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Pasar Rebo. Untuk tahun ini ada 40 kelompok paduan suara, akan bersaing dalam kompetisi ini, dibagi dengan beberapa kategori yakni, paduan suara anak-anak, campuran paduan suara gerejawi dan paduan suara publik.

Harga tiket masuk:  Gold Rp 250.000, Silver Rp 175.000, Bronze Rp 150.000, dan Wing Rp 100.000.

Tiket dapat diperoleh di HKBP Pasar Rebo Jl. Raya Kiwi No.65, Jakarta Timur 13720 (Dengan janji)

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi: Lidya Silalahi - 0817 0141 083, Andy Siahaan - 0899 872 6872, Michaela Sitorus - 0812 9094 2544, Fitri Sitinjak - 0813 1580 5100

Ikuti Instagram kami @fpsghkbppsrebo untuk mendapatkan update terbaru tentang Festival Paduan Suara Gerejawi 9 - HKBP Pasar Rebo

@america Pacific Place, Pukul 18.30 – 20.30 WIB, Pertunjukkan Konser Musik A Broadway Journey Through Time Oleh Jaksis

Untuk merayakan ulang tahun pertama mereka, Jaksical mempersembahkan: "A Journey Through Time." Konser yang akan membawakan lagu-lagu Musical Amerika dan Broadway dari berbagai era yang telah mengilhami perjalanan musik mereka.

Minggu 24 September

Galeri Indonesia Kaya,  Pukul 15:00 WIB,  Jazz Eastival oleh The Swing Boss Jazz Band Feat. Pita Loppies Mollucas

Mari rayakan festival wilayah Indonesia Timur bersama The Swing Boss Jazz Band, Pita “Moluccas” Loppies, Sion a cappella, dan Ronald “ABE” dalam Jazz Eastival.   The Swing Boss Jazz Band dikenal sebagai grup yang meredefinisi lagu tradisional (folksongs) dan karya klasik komponis dalam negeri (Ismail Marzuki, dsb.). Mereka menampilkan Indonesian Folksongs dalam kemasan jazz swing dan bossanova yang melegenda. Keunikan aransemen musik The Swing Boss Jazz Band muncul karena paduan 3 generasi yang hadir sekaligus dalam grup ini. Generasi baby boomers, generasi X, dan generasi Y, semua menyatu di The Swing Boss Jazz Band. Ketiga generasi itu hadir karena anggota grup ini memiliki rentang usia yang lebar, yang termuda Raymond 28 tahun hingga Om Imran Hasan yang berusia 65 tahun. Jadi grup ini seperti grup eyang yang bermusik bersama cucunya.

Jakarta Convention Center (JCC), Garuda Indonesia Travel Fair Jakarta

Acara berlangsung pada Jumat (22/9) – Minggu (24/9).

Terbang hemat bersama Garuda Indonesia hingga 80 persen, ke 65 rute domestik dan 19 destinasi International, serta nikmati kemudahan cicilan  persen. Temukan hanya di Garuda Indonesia Travel Fair (GATF)

Harga Tiket Masuk (HTM): Rp 35.000, Gratis tiket masuk untuk: GarudaMiles Gold: 1 pax, GarudaMiles Platinum: 2 pax, All BNI Card: 2 Pax.

Happy hour: 10.00-13.00 WIB dan 16.00-18.00 WIB, Periode penerbangan: 22 September 2017-30 Agustus 2018. Dapatkan berbagai keuntungan bagi pemegang kartu BNI, keuntungan bagi anggota GarudaMiles, penawaran istimewa untuk bagasi tambahan, sales on board, pemilihan kursi di awal, dan akses lounge, diskon hingga 50 persen khusus produk Garuda Indonesia Cargo, penawaran istimewa untuk rute-rute SkyTeam & Interline, harga istimewa untuk paket umrah, dan beragam hadiah menarik untuk pembelian tiket Anda. Dapatkan pula berbagai Lucky Draw yang menarik.

Info dan kontak: Facebook: Garuda Indonesia Travel Fair, Twitter: @IndonesiaGaruda, Instagram: @garuda.indonesia, Website: garuda-indonesia.com

Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa, Pukul. 6.00, Run to Give 2017

Bergabunglah dengan kami dalam upaya penggalangan dana amal tahunan kami 'Run to Give 2017' dengan Marriott International Hotels di Indonesia. Dana yang dikumpulkan akan diberikan kepada Yayasan Emmanuel yang telah membantu lebih dari 5.000 anak setiap bulan, melalui tujuh program yang berfokus pada pendidikan, rumah, dan layanan masyarakat.

Biaya Pendaftaran: Rp 150.000

Info dan kontak: 0822 3176 9211 (Atik) / 0899 4122809(Dianita)

Transmart Buah Batu, Bandung, Festival Kuliner Food Fest Vol 11 2017

Acara berlangsung pada Kamis (21/9) – Minggu (24/9)

Bagi para pecinta makanan, Festival makanan kembali hadir dan akan meramaikan  Transmart Buah Batu Bandung, di  akhir pekan ini. Karena akan ada 35 booth kuliner yang nikmat sekali. Datang dan nikmati semua menu-menu menarik di Foodfest Volume 11. Acara akan diramaikan juga dengan berbagai kegiatan menarik: Kids activity, Community performance, STT Telkom day, Dance Competition, Accoustic performance, Percussion master, Eating tournament, Instagram photo competition.

Info dan kontak: Twitter: @foodfestbdg, Instagram: @foodfestivalbandung

Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta, Pukul. 10.00-22.00 WIB,  Indonesia Scooter Festival 2017

Bertajuk ‘Bervespa Kita Berbudaya’ perhelatan yang baru digelar untuk pertama kalinya tersebut, akan merangkul seluruh komunitas vespa di Indonesia.

Dengan tiket masuk Rp 30.000, pengunjung akan mendapatkan berbagai hiburan dan kegiatan mulai dari Kontes Vespa, Kontes Helm, Dyno Test, Photography Contest, Kuliner, Stand Komunitas dan lain sebagainya. Dan pastinya yang sudah ditunggu, anda akan berkesempatan mengikuti lucky draw untuk mendapatkan 1 unit VBB 64’s Full Retro.

Tiket dapat dibeli on the spot. Info dan kontak: Whatsapp: 087839816976,  Email: indoscooterfest@gmail.com, Facebook: Jogjakarta Skuter Fest, Instagram: @indonesiascooterfest

Cinemaxx Theater Lippo Mall Kuta, Bali, Balinale International Film Festival 2017

Acara berlangsung pada Minggu (24/9) – Sabtu (30/9)

Tahun ini, Festival Film Internasional Bali ke 11, membawa film nasional dan internasional yang terkenal ke permukaan. Balinale 2017 akan membawa lebih banyak pecinta layar lebar, ke festival spesial ini, di mana sutradara, aktor, penulis naskah, dan lebih terkenal berkumpul dan menikmati seni film.

Diakui secara internasional untuk keragaman pemrogramannya yang terdiri dari film fiksi, dokumenter, film pendek dan fiksi, falsafah, film, dan film fiksi dan fiksi, falsafah, film dan film pemenang penghargaan internasional. Festival Film Internasional Bali yang dikenal sebagai Balinale, mempertemukan para pembuat film internasional, dengan  cara santai dan akrab, sambil mendiskusikan film, tren, peluang produksi bersama dan tuntutan industri yang semakin cepat.

Info dan kontak: Telp: 0361-270908, Facebook: BALINALE International Film Festival, Twitter: @BALINALE, Instagram: @bali.nale, Website: balinale.com

Benteng Vastenburg Solo, Festival Kuliner Solo 2017

Acara berlangsung pada Kamis (21/9) – Minggu (24/9)

Festival Kuliner 2017 yang dikolaborasikan dengan Festival Ragam Pasar, total ada 150 stand food & beverage dan didukung dengan berbagai acara seperti Festival Thengkleng gratis, Festival Jenang Lemu gratis, Lomba Mewarnai dan lain-lain yang tentunya akan menambah kemeriahan acara ini.

Info dan kontak: Telp 1: 081228546638, Telp 2: 082138113859

Sabuga ITB Bandung, Pukul. 8.00 – 16.00 WIB, Olimpiade Eksperimen Sains 2017.

Lejitkan Potensi Anak Indonesia dengan Eksperimen Sains, Peserta: Kelas 1-6 SD/ MI (Perseorangan atau Perwakilan Sekolah)

Hadiah utama: Piala Gubernur Jawa Barat dan total hadiah Rp 12.500.000

Biaya pendaftaran: Rp 50.000/ orang

Pendaftaran online: http://bit.ly/daftarOES Periode

Acara dimeriahkan oleh: Pameran dan Stand Pendidikan,  Art dan Science Performance, Ayo Coba Interaktif Sains, Demo Sains Spektakuler, Doorprize menarik, Bazaar

Penyelenggara: PLANET SAINS

Informasi lengkap: Website: http://www.planetsains.com, Facebook: facebook.com/sobat.sains, Email: oes2017@planetsains.com

Summarecon Mal Bekasi,  Festival Kuliner Bekasi 2017

Acara berlangsung pada Rabu (20/9) – Minggu (15/10)

Festival Kuliner Bekasi (FKB), kembali hadir membawa beragam makanan nusantara bagi para pengunjung yang rindu memanjakan lidah dengan cita rasa masakan Indonesia. Hadir dengan konsep yang berbeda yakni memadukan festival kuliner dengan hiburan musik, FKB siap memberikan sensasi yang baru bagi pengunjung.

Setiap tahunnya, FKB selalu menyajikan tema yang berbeda bagi para pengunjung untuk menikmati kuliner nusantara. Tahun ini, para pengunjung diajak mencicipi aneka kuliner dan kebudayaan khas Makassar (Sulawesi Selatan). Acara ini memiliki tagline Nganreki’ Sanggenna Bassoro yang berarti Yuk makan sampai kenyang! Selama 26 hari, pada hari Senin-Kamis pengunjung dapat menikmati acara Festival Kuliner Bekasi mulai pukul 16.00-22.00 WIB, sedangkan untuk hari Jumat mulai pukul 16.00-23.00 WIB. Untuk hari Sabtu dan hari libur dimulai pukul 11.00-23.00 WIB, sementara hari Minggu mulai pukul 11.00-22.00 WIB.

Info dan kontak: Telp: 021-29572888, Facebook: Summarecon Mal Bekasi, Twitter: @malbekasi, Instagram: @summareconmalbekasi.

Bentara Budaya Bali, Pukul 18.30 WITA, Pertunjukkan Pembacaan Puisi Peluklah Aku Oleh Frans Nadjira

Sebuah kumpulan puisi kembali lahir dari Frans Nadjira (75) bertajuk “Peluklah Aku“, merangkum 53 karya terkini dari penyair yang dikenal juga sebagai novelis dan pelukis. Sebelumnya pada tahun 2015, ia juga menerbitkan antologi puisi “Catatan Di Kertas Basah“ terdiri dari 72 puisi, disusul kemudian dua novel “Keluarga Lara“ dan “Jejak – Jejak Mimpi“ yang berlatar cerita konflik di Sulawesi Selatan semasa perlawanan Kahar Muzakkar.

Sebagaimana karyanya terdahulu, puisi-puisinya dalam buku kali ini (Penerbit de la macca, Sulawesi) juga mengalir sedemikian rupa, sarat dengan metafora khas miliknya, serta menyentuh pembacanya dengan kedalaman pengalaman yang akrab dengan simbol-simbol alam, berikut hamparan makna yang menggoda kita untuk meresapinya lebih jauh. Selain mengungkapkan dunia pribadi yang soliter, puisi-puisinya juga mengandung pesan sosial dan kepedulian.

Frans Nadjira lahir di Makassar, Sulawesi Selatan pada 1942. Mulai menulis puisi dan prosa sejak 1960-an. Belajar melukis di Akademi Seni Lukis Indonesia (ASLI) Makassar (1960). Pernah meluncurkan antologi cerpen berjudul Bercakap-cakap di Bawah Guguran Daun-daun (Denpasar, 2004), antologi puisi Curriculum Vitae di Taman Budaya (Yogyakarta, 2007), dan antologi cerpen Pohon Kunang-Kunang (2010).

 

 

Editor : Melki Pangaribuan


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home