Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:43 WIB | Jumat, 23 Februari 2018

Acara Akhir Pekan 24 – 25 Februari 2018

Ilustrasi. Jumpa pers jelang wayang orang Srikandi Nekat di kawasan Sudirman, Jakarta, Kamis (15/2). (Foto: jawapos.com/Dedi Yondra/JawaPos.com)

SATUHARAPAN.COM – Akhir pekan di akhir Februari ini akan diramaikan berbagai acara hiburan, antara lain pesta sastra, pergelaran wayang, festival wedding, festival kuliner. Tak ketinggalan beberapa acara kreativitas anak muda, antara lain komik fair, kompetisi tamiya, Weekend at The Museum, dan beberapa acara menarik yang digelar di Bandung, Surabaya bahkan di Bontang  Kalimantan Timur.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta.

Sabtu, 24 Februari

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00 WIB, Pesta Sastra Melihat Masa Lalu, Melihat Masa Kini oleh Titimangsa Foundation

Melihat Sastra merupakan sebuah apresiasi atas perjalanan panjang para penulis Indonesia dalam berinteraksi, berafiliasi, dan bertransformasi dengan masanya. Acara ini akan mempertemukan penulis-penulis antargenerasi dengan latar sosial dan minat yang berbeda.

Dikemas dengan menarik, menampilkan video-video dan pertunjukan yang diiringi musik modern, sehingga acara ini dapat dikatakan sebagai salah satu “pesta sastra” masa kini, untuk generasi muda.

Titimangsa Foundation adalah yayasan nirlaba yang bergerak di bidang budaya, didirikan oleh Happy Salma bersama Yulia Evina Bhara pada Oktober 2007. Pada perjalanannya Happy menjalankan Titimangsa Foundation, ditujukan untuk wadah kecintaan terhadap karya sastra, menulis, dan berakting.

Titimangsa sendiri artinya adalah terjadi pada saat yang tepat. Titimangsa terbentuk karena dirasa dibutuhkan sebagai sarana untuk dapat berkesenian khususnya mengadaptasi karya sastra Indonesia ke dalam pertunjukan teater. Dalam perjalanannya, Titimangsa telah menghasilkan beberapa karya pertunjukan maupun literatur yang patut diperhitungkan.

Kartika Expo Balai Kartini Jakarta, The Jakarta 14th Toys & Comics Fair 2018

Acara berlangsung pada Sabtu (24/2) – Minggu (25/2).

Harga tiket masuk presale Rp 45.000 (bisa didapatkan di Indomaret), Normal Rp50.000 (Anak di bawah usia 5 tahun gratis).  

Peserta: Tokopedia (to be confirm), LEGO – ALJ Indonesia, Dunia Bricks, Victory Toys, Multitoys, Hot Toys, Bandai Tamashii, Gunpla, Banpresto, XM Studios, EMWAY, EMCO, Hotwheels, Toyspot Funko, Glitch, Majorette, Jada Toys, Elex Media, M&C! Comic, Gramedia Kids, Kompas Boardgame (to be confirm), Teh Kotak, Ultra Jaya (to be confirm)

Info dan kontak: Facebook: The Jakarta Toys And Comics Fair

Jakarta Convention Center (Education Training Expo), pukul 08.00 – selesai, Kompetisi  Games Advanced Tamiya dan Innovative Competition

Biaya pendaftaran: gratis

Binus ASO School of Engineering mengadakan ”Advanced Tamiya dan Innovative Competition”

Advance Tamiya adalah lomba Tamiya dengan menggunakan track advance, terdapat berbagai warna pada track yang memiliki fungsi tertentu. Dengan menambahkan color sensor pada Tamiya kita, maka Tamiya kita dapat mengikuti fungsi lampu dan menyelesaikan track dengan waktu tercepat.

Lomba terbuka bagi peserta yang berasal dari SMA maupun sederajat dengan masing-masing tim terdiri atas 3 orang. Gratis masuk maksimal 3 tim setiap sekolah.

Dapatkan kesempatan untuk mengembangkan keahlian dalam bidang robotic & innovation, dan peserta dapat meraih kesempatan untuk mendapatkan hadiah yang sangat menarik berupa beasiswa dengan total sejumlah 65 juta rupiah. 

Info dan kontak: Telp: 081310236962, Facebook: BINUS ASO School of Engineering, Website: base.binus.ac.id

The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan & JW Marriott Hotel Jakarta, A One-Stop Wedding & Honeymoon Destination Jakarta Wedding & Honeymoon Festival 2018

Berlangsung pada Jumat (23/2) – Minggu (25/2), digelar secara bersamaan di tiga tempat tersebut.

Empat rumah mode terkemuka turut berpartisipasi memeriahkan festival ini. Rusly Tjohnardi menampilkan koleksi berjudul “Classicalisto” yang menampilkan gaun-gaun nan indah yang dirancang berdasarkan pengalaman pribadi Rusly saat mendesain gaun untuk berbagai macam kepribadian mempelai wanita. Ada pula Billy Tjong dengan koleksi “Devine Beauty” yang diciptakan dalam aneka ragam bentuk dan warna terinspirasi dari beragam karakter wanita yang berbeda beda. Lalu ada pula Maisonmet by Mety Choa yang menampilkan koleksi “Celestial Wilderness”, yang terinspirasi dari aneka tekstur kekayaan alam seperti padang pasir dan alur sungai pegunungan. Untuk koleksi mewah jas dan tuxedo pria, Wong Hang Tailor yang sudah dikenal sebagai penyedia jas pria premium sejak 1933, kali ini menampilkan “Men in Tie” beberapa koleksi klasik dan juga koleksi dengan bahan yang trend di 2018.

Info dan kontak: Ms. Dini Karunia, Telp: 81514163712, Email: dini.karunia@marriott.com, Ms. Ayu Asthiti, Telp: 08121011811, Email: ayu.asthiti@marriott.com, Website: jwhf2018.com

JIExpo Kemayoran Jakarta, Jakarta Mega Wedding Festival - Februari 2018

Acara berlangsung pada Jumat (23/2) – Minggu (25/2).

Salah satu pameran pernikahan terbesar di Indonesia, Jakarta Mega Wedding Festival 2018 memberikan calon pengantin dan calon pengantin pria dengan semua yang mereka butuhkan untuk hari besar mereka: gaun pengantin dan pakaian pengantin, fotografi pre-wedding, catering, event organizer, souvenir, cincin kawin, bulan madu tujuan, hiburan, tempat pernikahan dan tentu saja kue pengantin.

Pengunjung juga memiliki kesempatan untuk memenangkan hadiah utama untuk transaksi mereka. Grandprize Rp 250.000.000!

Info dan kontak: Instagram: @WEDDINGAS_JMWF, Website: weddingas.com

Grand Indonesia Exhibition Hall, Level 5 West Mall, pukul 11.00 –  21.00 WIB, Festival kecantikan Simply Pop Up Market Urban Culture Festival

Acara berlangsung pada Kamis (22/2) – Minggu (25/2).

Bergabunglah dengan "Urban Workshop" kami, seperti: Lipstic Making Workshop by Emina, Make Up Class (Japanesse look) by Canmake, Hanging Shelf Workshop by Macrame, Handcrafting Ceramic Workshop by Dam-Dam, Make Up Class (Korean Look) by Holika-Holika, Nail Art Workshop by Lash Tokyo, Singing, Dance and Fashion Show Performance by Vanela School, Singing and Dance Performance by KBL Course, Samyang Challenge, dan kegiatan menarik lainnya.

Meet and Greet with Enterprenuer Artist antara lain: Nia Ramadhani, Ariel Tatum, Titi Kamal.

Untuk info detail bisa cek IG @garudaorganizer

Trans Studio Mall Bandung, Pameran Pariwisata Nusantara Ekraft Expo 2018 – Bandung

Acara berlangsung pada Kamis (22/2) – Minggu (25/2).

Harga tiket masuk gratis dan terbuka untuk umum.

Sebagai komitmen untuk mengembangkan usaha kecil dan menengah serta penyebaran informasi dari berbagai sektor perekonomian industri kreatif termasuk sektor peluang investasi dan pariwisata, maka PT Solindo Duta Praga (EO Solindo Group) bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bandung akan menyelenggarakan Nusantara Ekraft Expo 2018

Info dan kontak: Raana (0813 8455 5945), Instagram: @solindoconvex

Gedung dan Halaman Koprasi Karyawan Pupuk Kalimantan Timur,  Bontang Fair 2018

Acara berlangsung pada Jumat (23/2) – Rabu (28/2)

Acara ini berbentuk Pameran UMKM, Bazar, Festival Kuliner, Lomba Tari Nusantara se-Kaltim, Parade Band dan Lomba Fashion Show. Tiket masuk gratis.

Info dan kontak: 085246945818 Razak, 081254378707 Mail

City of Tomorrow (CITO) Surabaya, Expo Properti 2018 – Surabaya

Acara berlangsung pada Sabtu (24/2) - Minggu (4/3).

Pasar properti akan kembali bangkit pada 2018. Tekanan ekonomi secara eksternal sudah mulai melandai, begitu juga Pemerintahan Indonesia juga mengeluarkan berbagai kebijakan moneter dan fiskal guna penguatan fondasi perekonomian dalam negeri. Sehingga banyak pengembang yang mulai menyiapkan produk terbarunya, begitu juga masyarakat mulai melirik berbagai produk investasi untuk mengucurkan dananya yang semula ditandon secara konvensional.

Info dan kontak: 031 8417788, 031 8477788

The Origin Coffee & Dine – Cleo Business Hotel, Jl Raya Jemursari No 157, Surabaya, pukul 12.00 WIB-selesai, Festival Kuliner Fire Noodle Challenge

Pengunjung dapat menjajal keberanian dengan ikut Fire Noodle Challenge di The Origin Coffee & Dine (@theorigin.sby)

Tersedia hadiah-hadiah: Voucher menginap di Hotel Solaris Malang (@solarishotel), Voucher menginap di Cleo Business Hotel, Voucher Makan di The Origin Coffee & Dine, Kartu Member The Origin Coffee & Dine.

Harga tiket masuk: Rp.75.000/group (1 group 2 orang)

Informasi & pendaftaran hubungi 0813 3935 5553 (WA)

Info dan kontak: Whatsapp: 081339355553, Facebook: Cleo Business Hotel, Instagram: @theorigin.sby

LG Atrium Ciputra World, Surabaya, Soerabaja Start Up Fest

Acara berlangsung pada Rabu (21/2) – Minggu (25/2).

Acara: Entrepreneur Seminar, 20+ Food & Fashion Tenant, Games, Music Performance,

CP: Yulianto 087852623398, Alex 081249477854

Website: http://imooji.com/stage/v5/2eBQH/5937

Bentara Budaya Bali, pukul 18.30 WITA, Pameran Topeng & Pertunjukan Tari Samadi dan Luh Menek

Acara berlangsung pada Sabtu (24/2) – Minggu (25/2).

Pameran untuk umum : 25 Februari  - 3 Maret 2018, pukul 10.00 – 18.00 WITA, Workshop & demonstrasi membuat topeng : 25 – 26 Februari 2018, pukul 14.00 WITA

Pameran topeng dan pertunjukan tari, yang menghadirkan seniman Samadi dan penari Luh Menek, kali ini merupakan rangkaian program memaknai 35 Tahun Bentara Budaya, 2017 lalu. Pada kesempatan perayaan tersebut diberikan Anugerah Bentara Budaya kepada 7 Pengabdi Seni Budaya, antara lain Abdul Chaer (akademisi, ahli bahasa), Pardiman Djoyonegoro (komposer gamelan), Rudolf Puspa (tokoh teater), Sukirun (seniman Ludruk), Toni Harsono (pelestari Wayang Potehi), termasuk pula Samadi (seniman topeng Panji) dan Ni Luh Menek (maestro tari).

Ni Luh Menek, salah satu dari para maestro Bali yang mengabdikan keseluruhan hidupnya dalam bidang seni tari. Ia juga berhasil mengangkat nama Desa Tejakula sebagai sebuah ikon yang identik dengan spesialis tari yang ia tarikan. Sejak usia dini ia telah belajar tari dibimbing oleh I Wanres dan I Gede Manik, dua tokoh pencipta tari Kebyar di Bali Utara. Bersama kedua maestro ini Luh Menek tekun mendalami Tari Teruna Jaya dan Tari Palewakya.

Samadi, bernama lengkap Mardi Yitno Utomo, merupakan pembuat topeng dari Bobung, Putat, Patuk, Gunungkidul. Sejak usia muda ia telah menekuni kerajinan di Bobung. Kini ia lebih banyak menekuni pembuatan topeng klasik seperti topeng-topeng untuk acara Panji ataupun topeng wayang.

Minggu, 25 Februari

Teater Besar, Taman Ismail Marzuki Jakarta, pukul 19.30, Pergelaran Wayang Srikandi Nekat

Sanggar Cita Prasanna, yang bernaung di bawah Yayasan Retno Sekar Budoyo, yang membangkitkan kembali wayang orang dengan menggelar pementasan Wayang Orang berjudul "Srikandi Nekat".

Pergelaran wayang orang ini untuk menyambut peringatan Hari Perempuan Internasional yang jatuh setiap tanggal 8 Maret. Juga Pergelaran Wayang Orang “Srikandi Nekat” ini merupakan trade event yang ingin menumbuhkan rasa cinta tanah air serta melestarikan budaya khususnya pada generasi millennial.

Pementasan wayang orang kali ini terbilang unik karena menggunakan perpaduan antara Bahasa Jawa dengan Bahasa Indonesia agar lebih kekinian sehingga bisa diterima generasi milenial. Perhelatan ini nantinya juga bakal melibatkan para pemain dari berbagai usia dan profesi, mulai anak-anak, orang tua, anak muda, para artis, atlet nasional, dan penari-penari profesional dari grup wayang Bharata. Dari kalangan selebritas di antaranya Dessy Mulasari, Indra Bekti, Maudy Koesnaedy, Ivy Batuta, Paquita Widjaja, Leona ‘The Voice’, Nikita Mirzani, Nia Dinata, Bambang Pamungkas, Senk Lotta, dan Deasy Noviyanti.

Menariknya, desainer kenamaan Anne Avantie juga turut ambil bagian dalam pementasan ini. Ia turut memberi sentuhan fashion bagi para pemain. Hasil dari pergelaran ini nantinya bakal disumbangkan untuk membantu Yayasan Wisma Kasih Bunda milik Anne Avantie. Cerita dalam pagelaran ini berpusat pada tokoh Srikandi, yang dengan nekatnya memperjuangkan tokoh Arjuna. Menariknya Srikandi Nekat memperpadukan unsur seni budaya wayang, musik, hingga fesyen. Sehingga kemasannya pun lebih segar.

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00 WIB, Pembacaan Puisi, Puisi Kehabisan Kata oleh Sena Didi Mime

Sastrawan, penyair, penulis cerita menggunakan sastra sebagai media ungkap karyanya dengan merangkai kata-kata secara baik dan indah serta naratif (bercerita), untuk menyampaikan pesan tersiratnya atau terkadang hanya ingin memberi impresi saja. Maka aktor, menggunakan tubuh sebagai media ungkapnya, sebagai suatu narasi visual yang nilainya setara dengan sastra yang digunakan oleh penyair dan sastrawan sebagai media ungkapnya.

Narasi visual tersebut muncul ketika tubuh dikendalikan secara teratur oleh aktor dengan saling memberikan aksi reaksi sehingga tubuh secara tidak langsung memberi pengertian, kepada khalayak tanpa bersusah payah berbicara. Kami menampilkan sastra secara naratif dengan tubuh.

Outdoor parking, Maxx Box Lippo Village Karawaci, Weekday, pukul 18.30 – 21.30 WIB, Weekend pukul 18.30 – 22.30 WIB, Tangerang, Festival of Light – Maxx Box Lippo Village

Acara berlangsung pada Kamis (15/2) – Kamis (1/4).

Tempat: Harga tiket masuk: Weekday: Rp25.000/Person, Weekend: Rp30.000/Person

Setelah sukses di berbagai kota di Indonesia, kali ini Kota Tangerang menjadi salah satu kota yang beruntung yang akan menggelar Festival Of Light nya Taman Pelangi. 

Mulai tanggal 15 Februari-01 April 2018 warga Tangerang dan sekitarnya akan dihibur dengan pertunjukan Dancing Fountain Indonesia (Air Mancur Menari) bertaraf internasional. Tidak hanya ada Dancing Fountain, pastinya akan ada banyak wahana permainan seru dan ribuan lampion beragam bentuk akan menghiasi Kota Tangerang pada malam hari.

Rangkaian acara: Spectacular Dancing Fountain Air Mancur Menari, Aneka Wahana Permainan Seru, Keindahan Peson Taman Lampion.

More Information : Telp: 0812 9818 9514 (Maya), Instagram: @festivaloflight_tamanpelangi

Bentara Budaya Bali, pukul 19.00 WITA, Pemutaran Film Dokumenter, Topeng Jejak Arkeologis dan Historis Bali

Keberadaan topeng di Bali ternyata tidak hanya mencerminkan capaian seni yang tinggi, akan tetapi juga menggambarkan adanya transformasi sosial kultural masyarakat pulau ini. Tidak heran informasi tentang seni topeng juga sudah mengemuka sejak zaman Kerajaan Gelgel (abad 15-16 M). Bahkan pada masa Kerajaan Bali Kuno, tertera pada prasasti Bebetin 896 Masehi, menyebutkan peristilahan tentang tapel, bukan hanya simbol Bhatara Bhatari, namun kala itu dihadirkan pula dalam ragam seni pertunjukan.  

Sedini itu, masyarakat Bali diyakini telah mengenal berbagai jenis kesenian antara lain: lakon topeng (kala itu disebut sebagai petapukan), pewayangan, dan seni tabuh. Bali Tempo Doeloe kali ini akan mendiskusikan perihal keberadaan topeng dan kaitannya dengan transformasi sosial kultural masyarakat Bali. Sebagai narasumber adalah Drs I Gusti Made Suarbhawa (Kepala Balai Arkeologi Denpasar).

Bali Tempo Doeloe adalah sebuah agenda yang memutar seri-seri dokumenter tentang Bali Tempo Doeloe, dipadukan dengan diskusi bersama para pengamat dan pemerhati budaya, dalam memaknai perubahan kondisi Bali dari masa ke masa. Dialog berkala dan berkelanjutan yang telah digelar sedari tahun 2013 ini tidak hanya mengetengahkan sisi eksotika dari Bali masa silam, melainkan juga menyoroti problematik yang menyertai pulau ini selama aneka kurun waktu, termasuk kemungkinan refleksinya bagi masa depan.

Ciputra Artpreneur Museum, Sabtu (24/2), pukul 10.00 - 12.00, Minggu (25/2) pukul 14.00 – 16.00 WIB, Wisata Edukasi Weekend at The Museum 

Kembangkan kreativitas anak-anak Anda dan nikmati di museum melalui sesi workshop seni khusus kami!

Untuk anak usia 6 – 12 tahun, kegiatan Seni Daur Ulang: Plas Chamois Painting & Crushed Can Art, Clay Pot Painting & Houseplant, biaya: Rp. 200.000, -

Remaja usia 13 – 18 Tahun, kegiatan membuat Kerajinan dari kertas dengan Ichinogami, biaya: Rp 120.000, -

Biaya meliputi: Materi workshop, Tiket Museum untuk peserta dan 1 wali

Daftar sekarang: WhatsApp hanya 081908647143, Hubungi 021- 29 889 889

Marketing Gallery Menara Jakarta Jl Trembesi Blok D Bandar Baru, Komplek Kemayoran Jakarta Utara, pukul 12.00 – 17.00 WIB, Festival Jajanan Goceng Sepuasnya part 3

Keseruan Jajanan Goceng, hadir lagi di Marketing Gallery Menara Jakarta. Bagi yang belum sempat hadir di acara Part 1 dan Part 2, dapat mengajak keluarga, teman, kerabat beramai-ramai untuk makan kenyang goceng sepuasnya hari minggu ini. 

Terbuka untuk Umum

Info open booth: WA 087808288000, Office (021) 2928 8000

Balai Soedjatmoko Solo, pukul 09.00 – 21.00 WIB, Pameran Seni Senvisual Exhibition, oleh Desain Komunikasi Visual Universitas Sahid Surakarta

Acara berlangsung pada Minggu (25/2) – Rabu (28/2).  

Dibuka oleh Rektor Universitas Sahid Surakarta

Senvisual adalah sebuah acara kreatif Mahasiwa Desain Komunikasi Visual Universitas Sahid Surakarta, yang berisi kegiatan-kegiatan kreatif dalam dunia Desain Komunikasi Visual.

Senvisual akan menampilkan karya-karya dari Mahasiwa Desain Komunikasi Visual Universitas Sahid Surakarta dengan tema “Bebas Berlokalisasi“, guna menampilkan sesuatu yang menggoda dan menggugah rasa/gairah masyarakat pada dunia DKV, penampilan karya-karya desain dan visual kreatif yang mempresentasikan kepekaan, kepedulian, dan kebersaman mahasiswa yang hidup di tengah-tengah masyarakat. Hal ini dikarenakan secara tidak langsung mahasiswa memiliki kepedulian akan menangkap keinginan dan kebutuhan dalam kehidupan bermasyarakat.

Selain pameran, Senvisual juga mengadakan Workshop Ilustrasi dan juga tiga Talkshow yang mengangkat tema Fotografi, Brand Clothing, dan Animasi Icon dan Pictogram. Kegiatan workshop dan talkshow ini dilaksanakan untuk menarik minat kaum muda Kota Solo untuk berperilaku kreatif dan produktif. Mengajak mereka berinovasi dengan mengubah ide/gagasan inovasi menjadi aplikasi/terapan.

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Back to Home