Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:16 WIB | Jumat, 28 September 2018

Acara Akhir Pekan 29 – 30 September 2018

Ilustrasi. Mitos lokal kisah putri Kadita diangkat sebagai penghubung dengan masa lalu, merupakan pertunjukan musik tradisi dalam Festival Geopark Ciletuh 2018 di Pelabuhan Ratu Sukabumi. (Foto:.triptrus.com)

SATUHARAPAN.COM – Beberapa acara di Ibu Kota, di antaranya pertunjukan tari, pertunjukan vokal dan musik, bazaar, pameran properti, pameran bonsai, festival budaya Betawi, juga acara kemping ke alam, meramaikan acara akhir pekan di penghujung bulan September 2018.

Beberapa festival budaya juga digelar di beberapa kota, antara lain Festival Kota Tua Malang 2018, Festival Budaya dan Wisata Alam Geopark Ciletuh 2018, dan Festival Pesona Palu Nomoni.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta

Sabtu, 29 September

Galeri Indonesia Kaya, Pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Tari Eksotika Tari Indonesia oleh Wayang Orang Bharata

Indonesia memiliki sangat beragam kebudayaan. Kali ini Wayang Oorang Bharata menampilkan keragaman dari bagian Timur Indonesia. Tarian dari Timur kerap mengambil inspirasi dari gerak binatang ataupun kehidupan sehari-hari masyarakatnya, bahkan tentang perjuangan membela negara. Beberapa tarian yang akan dibawakan kali ini adalah Tari Kataga, Tari Burung Enggang, dan Tari Lenso.

Wayang Orang Bharata dikenal sebagai komunitas seniman panggung tradisional khususnya wayang orang, namun menguasai berbagai macam seni budaya tradisi Indonesia. Berdiri pada tahun 1972, Wayang Orang Bharata kini telah memiliki regenerasi hingga angkatan ke-8 yang meneruskan seni tradisi.

The Gandaria City Hall, Gandaria City Mall, Jakarta, Popmama Expo 2018

Acara berlangsung pada Jumat (28/9) – Sabtu (29/9).

Popmama Expo bertujuan untuk menjadi platform bagi multi-stakeholder dari merek, mama dan anak-anak dan untuk menawarkan produk, informasi, dan harga terbaik yang paling lengkap. Popmama Expo menawarkan diskon terbesar untuk produk bayi dan keluarga.

Tersedia untuk ibu: Fashion & Clothing, Bags, Apparel & Accessories, Beauty & Slimming Product, Vitamin & Healthy Food, Breast & Feeding Set, Cord Blood & Stem Cells Bank, Shopping Apps.

Untuk bayi: Skin Care, Medical & Safety, Toiletries & Hygiene, Baby Fashion & Clothing, Baby Footwear, Apparel & Accessories, Milk & Nutrition, Toys, Education, KID, Toys, Kids Fashion & Clothing, Apparel & Accessories, Education & Learning Products

Untuk keluarga: Automotive, Electronic, Property, Insurance, Saving & Education Investment Plan, Mobile Application

Book your ticket now : bit.ly/tiket-popex2018

Info dan kontak: Facebook: Popmama Expo 2018, Instgram: @popmama.expo, Website: expo.popmama.com

The Hall Senayan City, Lantai 8, Jakarta, Kidz Station Warehouse Sale 2018

Acara berlangsung pada Senin (24/9) – Sabtu (29/9).

Jangan lewatkan Kidz Station Warehouse Sale yang berlangsung di The Hall Senayan City lantai 8. Beragam mainan dengan discount up to 90 persen.

Info dan kontak: Facebook: Kidz Station, Twitter & Instagram: @kidzstation

Plaza Festival (Depan Food Colony), Jl HR Rasuna Said No C22 Jakarta, Bazaar Multiproduct Jakarta

Acara berlangsung pada Senin (24/9) – Minggu (30/9).

Kualifikasi tenant: aksesoris, tas, sepatu, kosmetik, dll

CP: 0858 9166 9585,  0812 8253 3867

JCC – Hall A & B Jakarta, Pukul 09.00-22.00 WIB, Indonesia Property Expo – September 2018

Acara berlangsung pada Sabtu (22/9) – Minggu (30/9), masuk gratis.

Pameran properti terlengkap dan terbesar di Indonesia kembali hadir, menampilkan ratusan proyek se-Jabodetabek dan wilayah lainnya!

Info dan kontak: Facebook: Indonesia Property Expo

The Hook Resto & Cafe Jl Cikatomas II no 35 (Jl Suryo Area) Senopati, Jakarta Selatan, Pukul 10.00 – selesai, Food styling and photography workshop: Learn How to Make an Instagenic Food Photograph oleh Charlie Sugiri

Harga tiket masuk  Rp200.000.

Suka foto dulu sebelum makan? Atau ingin terjun ke dunia food blogger tapi bingung bagaimana cara mendapatkan foto makanan yang instagenic? Food Styling and Photography Workshop: Learn how to make to instagenic food photograph oleh Charlie Sugiri menyediakan jawabannya.

Bakal ada Talk Show bersama Foodioz (food blogger) yang akan berbagi pengalaman mereka selama menjadi food blogger di dunia perkulineran.

Tempat terbatas!

Pendaftaran bisa dilakukan dengan klik link di bawah ini https://maubelajarapa.com/workshop/media/photography/learn-about-food-styling-and-photography/

CP: Kezia (08999246663)

Mall Balekota Jl Jendral Sudirman Km 10 Tangerang Kota, Pameran Nasional Bonsai dan Suiseki Masterpeace 2018

Acara berlangsung pada Sabtu (29/9) – Minggu (7/10), masuk gratis.

Pameran Nasional Bonsai dan Suiseki dimeriahkan oleh demo bonsai dari master nasional dan internasional

Info dan kontak: Sujono: 0877 8166 0970

Jalan Raya kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Festival Budaya Betawi Kalisari

Acara berlangsung pada Sabtu (29/9) – Minggu (30/9).

Festival yang akan diselenggarakan di sepanjang Jalan Raya Kalisari II ini dibuka langsung oleh Wali Kota Jakarta Timur, dimeriahkan oleh Festival Seni Budaya Betawi, Palang pintu, Tanjidor, Tarian Nusantara, Qosidah, pemutaran layar tancap, bazaar multiproduk.

Kawasan Ekowisata Curug Ciampea, Tenjolaya, Bogor, Camping Ceria Curug Ciampea

Acara berlangsung pada Sabtu (29/9) – Minggu (30/9).

Biaya: Rp175.000/peserta

Mahasiswa kehutanan dan mahasiswa pencinta alam dalam rangka mempraktikkan ilmu ekowisata yang diperoleh di perkuliahan, menawarkan acara kemping ke alam.  

Kegiatan diawali dengan penjemputan di meeting poin pada Sabtu siang, menuju lokasi, menelusuri hutan pinus, menikmati senja dari bukit, membangun kemah, bercerita dengan kawan baru ditemani api unggun, tidur dalam pelukan alam bebas. 

Esoknya peserta diajak menelusuri lembah, lalu menemukan keindahan air terjun Ciampea, peserta dapat menikmati air terjun untuk melepas penat, selanjutnya peserta akan mendapat cerita tentang pemanenan pinus, lalu kembali pulang diantarkan ke stasiun Bogor/Kampus IPB Dramaga lagi.

Kontak WA dan pendaftaran peserta : [Lutfy] 087880259059, kontak email dan pendaftaran peserta : pree.euy@gmail.com

Pakuwon Mall, Jl Puncak Indah Lontar No2, Surabaya, Mother & Baby Fair 2018 Surabaya

Acara berlangsung pada Jumat (28/9) – Minggu (30/9).

Moms, Mother & Baby Indonesia mempersembahkan #MBFairSurabaya2018. Jangan lewatkan pameran produk ibu & anak terbesar ini dan temukan berbagai produk unggulan hanya di #MBFairSurabaya2018. Banyak diskon, sampai 70 persen lho. Dapatkan juga berbagai promo menarik dari puluhan tenant hanya selama #MBFairSurabaya2018. Selain itu akan ada banyak kegiatan seru lain seperti Educative Talkshow, Permainan, Kids Playground dan beragam hiburan menarik.

Informasi lebih lanjut hubungi 085811055030 via WhatsApp (office hour, 10.00-17.00 WIB).

Kunjungi juga motherandbabyfair.com untuk mengetahui lebih lanjut event #MBFairSurabaya2018

Info dan kontak: Facebook: Mother and Baby Indonesia, Twitter & Instagram: @motherbabyind, Website: motherandbabyfair.com

Grand City Surabaya, Pukul 10.00-21.00 WIB, Fashion Fair 2018 Surabaya

Acara berlangsung pada Rabu (26/9) – Minggu (30/9), masuk gratis. 

Menilik kesuksesan penyelenggaraan Fashion Fair Surabaya yang telah terselenggara tiga tahun berturut-turut, dan melihat besarnya minat masyarakat di wilayah timur Pulau Jawa yang sangat antusias akan tren fashion di Tanah Ar, kami kembali mengajak perajin, produsen dan pengusaha industri fashion berpartisipasi dalam pameran Fashion Fair Surabaya 2018.

Profil Peserta: Produsen, Perajin, Pedagang, Kolektor, BUMN Pembina UKM, Dinas dan Instansi Pembina terkait.

Profil Pengunjung: Eksportir, Pedagang, Kolektor, Pemerhati, Akademisi, Masyarakat Umum.

Info dan kontak: Email: info@mediatamabinakreasi.com, Facebook: Fashion Fair Event, Instagram: @fashionfair.event Website: fashioncraftfair.com

Bentara Budaya Bali, Pukul 18.00 WITA, Pemutaran Film Kisah Tersembunyi Lintas Negeri

Sinema Bentara bulan ini menghadirkan film-film pendek terpilih, peraih berbagai penghargaan dari dalam dan luar negeri, yang mengedepankan cerita seputar panorama kekayaan kultural setempat, berikut adat-istiadat, kepercayaan dan kearifan lokal, yang sebagian dibayang-bayangi perang dan konflik, berikut situasi sosial ekonomi yang melatarinya.

Pada tayangan hari pertama, dihadirkan film-film pendek buah cipta sineas Indonesia bagian Timur, juga sutradara-sutradara dari jazirah Timur, seperti Irak, Suriah, Afghanistan, kerja sama program East Cinema dari WaterTreeFilm dan Bentara Budaya Bali.

Salah satunya, kita akan menyaksikan bagaimana perjuangan seorang pianist asal Yarmouk, Suriah, berupaya berbagi kebahagiaan dengan bermain piano guna menghibur anak-anak dan masyarakat setempat yang dilanda teror dan konflik, hingga berjuang melanjutkan hidup dengan melakukan perjalanan berbahaya ke negeri Eropa.

Adapun pada hari kedua, ditayangkan film-film pendek yang terinspirasi dari cerita rakyat atau kisah-kisah tersembunyi yang mengandung pesan dan kearifan lokal Bali, seperti cerita Manik Angkeran, Pedanda Baka (Si Bangau), Kebo Iwa, I Rajapala, kreasi mahasiswa program studi Film dan Televisi FSRD ISI Denpasar angkatan 2015. Kerja sama ini didukung Udayana Science Club.

Lawang, Kabupaten Malang,  Festival Kota Tua Malang 2018

Acara berlangsung pada Kamis (27/9) – Sabtu (29/9).

Malang yang terletak di Jawa Timur memang menarik dikunjungi. Selain menawarkan sejumlah destinasi wisata, kota yang berada sekitar 90 km di selatan Surabaya ini memiliki hawa yang sejuk. Maklumlah, Malang berada di ketinggian 480-667 meter di atas permukaan laut, dan dikelilingi beberapa gunung, seperti Gunung Semeru di sebelah timur, Gunung Kawi di barat, Gunung Arjuna di utara dan Gunung Kelud di selatan.

Yang lebih menarik lagi, Malang memiliki kawasan kota tua yang letaknya di salah satu kecamatan di Kabupaten Malang, yakni Kecamatan Lawang. Di wilayah tersebut terdapat banyak bangunan kuno yang sangat pas untuk wisata heritage. Lawang sendiri juga dikenal sebagai kota peristirahatan sejak zaman kolonial. Selain menikmati atmosfer Kota Tua, pengunjung juga akan diajak menikmati berbagai acara yang seru seperti pertunjukan seni-budaya, musik, pameran industri kreatif, festival kopi, aneka macam kuliner, pameran foto Kota Tua Tempo Doeloe, parade lintas etnis, dan atraksi-atraksi menarik lainnya.

Bangunan-bangunan kuno yang kini tersisa di Lawang cukup beragam dalam hal fungsinya di masa lalu. Ada yang berupa rumah tinggal, penginapan, kantor dan fasilitas publik lain. Ini setidaknya menunjukkan Lawang menjadi wilayah penting, mungkin juga strategis, di masa kolonial.

Sebagaimana diketahui, Lawang dilingkupi area perkebunan yang di zaman penjajahan tentunya menjadi kawasan yang sangat diincar. Belum lagi suguhan bentang alam yang amat elok, dengan gunung-gunung menjulang di batas cakrawala. Soal kesejukan udara, Lawang tentunya lebih sejuk dari Kota Malang karena posisinya lebih tinggi. Ini pula yang menjadikannya cocok untuk tempat peristirahatan baik di masa lalu maupun sekarang.

Narahubung: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Telepon: +62 31 8531814; +62 31 8531816, Email: info@disbudpar.jatimprov.go.id, Situs web: disbudpar.jatimprov.go.id

Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Festival Budaya dan Wisata Alam Geopark Ciletuh 2018

Festival Geopark Ciletuh 2018 merupakan acara yang keempat kali digelar sejak tahun 2015. Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat dan didukung sepenuhnya oleh Kementerian Pariwisata, Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan Badan Pengelola Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu.

Objek wisata Geopark Ciletuh cukup lengkap untuk kategori wisata alam, mulai dari pantai, beberapa air terjun, puncak Darma, yang memiliki pemandangan indah seperti lautan, tebing, gunung dan pemandangan lainnya yang bisa Anda nikmati dari atas bukit. Sebenarnya Anda akan disuguhi pemandangan sawah yang tidak membosankan sepanjang akses ke puncak Darma. Sangat lengkap untuk mengisi hari libur dan Anda harus mencoba jika berkunjung ke Sukabumi, terutama jika Anda pecinta alam sejati.

Festival Geopark Ciletuh 2018 akan diikuti oleh 200 seniman dan seniwati, yang akan menampilkan kebudayaan daerah, kesenian dan kuliner khas Geopark Ciletuh-Palabuhanratu yang akan berkolaborasi dengan masyarakat lokal, sehingga acara ini semakin seru dan semarak. Kesenian yang akan ditampilkan berupa cepet, rengkak penyadap jipeng, gondang, tutunggulan, suligar, pencak silat, dan wayang golek.

Untuk diketahui, Geopark Ciletuh menjadi satu di antara fokus pembangunan Pemerintah Provinsi Jawa Barat saat ini. Pembangunan ini dimaksudkan untuk menarik perhatian wisatawan lokal dan mancanegara.

Minggu, 30 September

Galeri Indonesia kaya, Pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Musik Ke Timur Badansa oleh Fabiolous feat. Saykoji

Apa yang ada di benak ketika berkunjung ke Indonesia Timur? Satu yang pasti, dansa. Mereka gemar sekali berdansa bersama, dan berdansa sudah menjadi bagian dari kegiatan masyarkat di Timur Indonesia. Tak ada pesta tanpa berdansa.

Fabiolous ditemani oleh Saykoji, akan mengajak Anda berpesta dan berdansa dengan musik mereka, memainkan lagu daerah dibalut dengan musik masa kini sambil mengajak semua untuk badansa bersama.

Fabiolous dikenal juga sebagai Fabiola, memulai kariernya di dunia musik sebagai session player dan backing vocal untuk musisi musisi Tanah Air, seperti Rio Febrian, Eka Deli, Project Pop, Lea Simanjuntak, Sandy Sandhoro, Andien, Dian HP Big Band dan lainnya. Tahun 2014, kecintaannya akan musik berirama Dance membuatnya memulai project bernama Fabiolous. Tahun 2016, Fabiolous mengeluarkan single “Be With U” di single ini dia berkolaborasi dengan DJ dan juga produser Jocaso.

Ciputra Artpreneur Theater, Pertunjukan Musik Konser Tanda Mata Glenn Fredly

Tanda Mata, adalah sebentuk apresiasi yang dibuat oleh Glenn Fredly untuk musisi Indonesia yang berkontribusi dalam perjalanan karier musik Glenn. Acara yang diadakan setiap tahun ini, akan menghadirkan tema yang berbeda setiap tahunnya. Tidak hanya mengapresiasi musisi Indonesia tersebut,

Tanda Mata menjadi bentuk penghargaan bagi ekosistem sang musisi, yakni semua yang terlibat di belakang layar dalam membentuk karier musisi tersebut. Dengan format intimate concert, Glenn akan menghadirkan puluhan musisi antargenerasi dan antargenre untuk berbagi panggung yang sama.

Sepanjang Pesisir Teluk Palu Sulawesi Tengah, Festival Pesona Palu Nomoni (FPPN) 2018

Acara berlangsung pada Jumat (28/9) – Minggu (30/9). 

Kota Palu yang indah, ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah, akan kembali meriah dan hidup lewat penyelenggaraan event tahunan Festival Pesona Palu Nomoni. Acara ini akan dipusatkan di Sepanjang Pesisir Teluk Palu, dimulai dari ujung Hotel Wina Pantai sampai ujung menuju belokan menuju Swiss Bell Hotel.

Festival Pesona Palu Nomoni (FPPN) 2018 diselenggarakan Pemerintah Kota Palu dan didukung oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan Kementerian Pariwisata, dengan tujuan mengungkap kembali kearifan budaya masa lalu yang sudah ratusan tahun tenggelam, kemudian dimunculkan kembali dibalut dengan kemasan atraksi seni pertunjukan yang mengangkat kembali nilai-nilai kebudayaan yang arif dan luhur.

Selain untuk melestarikan tradisi masa lalu, Festival Pesona Palu Nomoni (FPPN) 2018 juga dijadikan menjadi media promosi pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah.

Selama 3 hari penyelenggaraan, Festival Pesona Palu Nomoni (FPPN)2018, akan diisi dengan berbagai pertunjukan seni dan budaya termasuk pertunjukan seruling tradisional kolosal lalove dan panggung tradisional gimba di sepanjang Teluk Palu, ritual adat Balia dari Suku Kailii. Selain pertunjukan seni dan budaya, acara ini juga direncanakan akan dimeriahkan dengan acara olahraga yang seru seperti lomba maraton internasional,  lomba berenang, lomba perahu tradisional sandeq, dan lain-lain.

Salah satu ritual yang unik dan menakjubkan dalam ritual adat Balia dari Suku Kailii adalah Ritual Pompoura. Ritual Pompoura merupakan ritual menginjak-injak bara api. Ritual dilakukan oleh Suku Kailii karena diyakini mampu mengusir penyakit.

Kota Palu juga memiliki potensi budaya dan pariwisata seperti daerah lain di Indonesia. Melihat dari geografis dan topografi, Palu dikenal sebagai kota lembah. Ini adalah kota tiga dimensi yang wilayahnya terdiri atas pantai, dataran, dan perbukitan. Makanya, sebagian besar wisatawan mancanegara yang pernah berkunjung ke daerah ini di Palu menyebut kota ini sebagai "surga di bawah khatulistiwa".

 

Editor : Sotyati


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
LAI Got talent
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home