Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 13:26 WIB | Jumat, 30 Agustus 2019

Acara Akhir Pekan 31 Agustus – 1 September 2019

Festival Tabut Bengkulu 2017. (Foto Antarabengkulu)

SATUHARAPAN.COM – Akhir pekan di penghujung bulan Agustus ini, akan dimeriahkan pertunjukan musik, tari, pameran lukisan Outsider Artpreneur, festival toys, Jogjatronik Digital Expo 2019, Islamic Tourism Expo 2019, Jogja Islamic Book Fair 2019, dan Festival Tabut Bengkulu 2019.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta

Sabtu, 31 Agustus

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Musik Merdeka, Hidup Baru (?) oleh Nisfulail

Merdeka, Hidup Baru (?) merupakan refleksi dalam memaknai kemerdekan di ruang yang lebih kecil, ruang personal. Kapan kita akan merdeka dan memperbarui hidup dari segala bentuk belenggu yang 'menjajah' kreativitas hingga jati diri.

Dalam pertunjukan musik kali ini, Nisfulail akan membawakan repertoar karya sendiri dan beberapa karya dari Guruh Soekarnoputra. Menggabungkan elemen musik modern dan sentuhan tradisional yang dikemas secara minimalis dengan piano-synthesizer oleh Rizqi Khaitsul, gitar akustik oleh Ragipta Utama, cello oleh Indra Waskito, dan soprano saxophone oleh Noerman Rizky.

Nisfulail Dwi Puspita, akrab dipanggil Ninis. Dilahirkan di Malang, 9 Februari 1992, ia kini menetap di Yogyakarta meneruskan profesinya sebagai penyanyi, penulis lagu, juga pelatih vokal. Ia memulai debut bernyanyi sejak usia 10 tahun melalui kompetisi bernyanyi di Malang, mulai tingkat kota sampai tingkat Asia. Berlatih vokal di bawah bimbingan Eduardus Suseno Harjito selama 7 tahun, ia melanjutkan pendidikan di Institut Seni Indonesia Yogyakarta dan mengambil jurusan Musik pada tahun 2011-2018. Kemudian Nisfulail dibimbing oleh Siswanto selaku dosen mayor vokal pop-jazz.

Dalam pengalamannya bernyanyi, antara lain ia pernah mengikuti vocal masterclass oleh Indra Aziz, dan berkolaborasi dengan musisi jazz Brazil, Lica Cecato. Turut serta dalam workshop jazz di Lassale College of Art Singapore. Nisfulail pernah menjadi Finalis 20 Besar Indonesian Idol 2012, ia juga memenangkan Juara 1 Bintang Radio Indonesia 2012,  Juara 1 Bintang Radio ASEAN 2013. Juara 1 I-Sing Yogyakarta dan Juara 2 I-Sing Nasional 2018.

Nisfulail juga aktif bergabung di Forum Musik Tembi sejak tahun 2012 dan berhasil menggelar resital vokal tunggal bertajuk "Smaradhana" Tribute To Guruh Soekarnoputra pada tahun 2015 di Tembi Rumah Budaya. Selain terus menabung karya Nisfulail juga sedang giat membangun sekolah vokal di Yogyakarta "Pitch Vocalwork" sejak 2018. Saat ini ia juga aktif menjadi vocal director beberapa penyanyi di Yogyakarta.

JIEXPO Kemayoran Hall B3, pukul 10.00 – 21.00, Battle of the Toys Jakarta 2019

Acara berlangsung pada Sabtu (31/8) – Minggu (1/9), harga tiket masuk: Rp90.000/hari, Rp170.000 untuk tiket tembusan 2 hari

Diselenggarakan pertama kali di tahun 2008, Battle of The Toys Jakarta, telah menarik ribuan orang untuk datang dan mengalami pameran mainan terbesar di Indonesia. Pertemuan penggemar, tempat berburu kolektor, dan pameran item edisi terbatas, dan juga acara tahunannya yang disoroti dalam program “Enjoy Jakarta”.

Pertunjukan lain sebagai hiburan gratis untuk semua pengunjung seperti, pertunjukan cosplay, kompetisi permainan, talkshow dengan pembicara terkenal dari industri kreatif juga disajikan sehingga dapat memberikan nilai lebih dan pengalaman bagi pengunjung dan peserta pameran juga.

BOTT merupakan event dimana segala jenis mainan atau produk-produk eksklusif dari berbagai perusahaan figure terbesar akan memamerkan produk-produk terbarunya.

Ikuti juga kegiatan menarik lainnya, seperti: Cosplay show, Game competition, Talk show with famous and well-known speakers from the creative industry, Meet and Greet with guest star lineup Yoffy (Psychic Lover), Ishiguro Hideo, and Mochizuki Yuta

Info dan kontak: Facebook: Battle of The Toys, Instagram: @bottindonesia, Website: bott.cognitix.id/bott

Universitas Multimedia Nusantara Jakarta, pukul 16:00 – 22:00, Maxima – Universitas Multimedia Nusantara

Harga Tiket Masuk (HTM): Rp 25.000

Dikemas secara interaktif, mulai dari 180 degree Photo Booth, Food Bazaar, serta penampilan menarik dari UKM Seni Budaya, pastinya memesona pengunjung.

Ditambah lagi, Isyana Sarasvati akan hadir mengguncang panggung Malam Puncak Maxima 2019!

Info dan Kontak: LINE@: @vuu3203w, Instagram: @maximaumn

Ciputra Artpreneur Jakarta, Pameran Lukisan Outsider Artpreneur

Acara berlangsung pada Kamis (28/8) – Minggu (8/9).

Sebagai bentuk kepedulian terhadap pengembangan bakat seni para penyandang disabilitas, Ciputra Artpreneur pertama kalinya menyelenggarakan Outsider Artpreneur – sebuah pameran yang menampilkan lebih dari 100 instalasi dan lukisan karya orang-orang berkebutuhan khusus, di antaranya Hana Madness, Anfield Wibowo, Dwi Putro, Oliver dan Aldy, serta memamerkan karya-karya seniman ternama Indonesia seperti Hanafi Muhammad. Salah satu di antaranya merupakan hasil kolaborasi dengan seniman ternama Indonesia yang diwujudkan dalam bentuk instalasi berjudul ‘Ship of Love’.

Pameran ini dikurasi oleh Jean Couteau, sejarawan seni ternama asal Prancis yang lebih dari 20 tahun mendalami seni budaya Bali dan telah menulis berbagai judul buku yang membahas berbagai hal tentang seni budaya Bali. Selain pameran, juga akan ada pemutaran film, bedah karya, workshop, dan music performance.

Ciputra Artpreneur Jakarta, Charity Concert Series

Acara berlangsung pada Kamis (29/8) – Minggu (8/9).

Rangkaian konser amal mendukung program Lepas Pasung

Bersama : Efek Rumah Kaca (29 Agustus 2019), Endah N Rhesa & Friend (30 Agustus 2019), Meda Kawu (31 Agustus 2019), Riani Sovana (1 September 2019), Duta Pamungkas (2 September 2019), Kunto Adji (6 September 2019), Marco Marche (8 September 2019)

SMP Mutiara Bunda, Jl Padang Golf no 11, Arcamanik, Bandung, pukul: 08.00-15.00 WIB, English Olympic

Acara berlangsung pada Sabtu (31/8).

Harga tiket masuk:  Rp125.000. includes Certificate, Snack, Lunch Voucher, Merchandise

SMP Mutiara Bunda bekerja sama dengan EF English First Centers for Kids and Teens dan MHI Event Organizer, mempersembahkan kompetisi literasi bahasa Inggris yang paling menarik dan inspiratif MEO tahun ini (Mutbun English Olympic 2019).

Storytelling and Spelling Bee Competition untuk kelas 5 dan 6

Pemenang akan menerima: piala, oleh-oleh, dan rekening tabungan

Pembayaran melalui transfer bank ke: BNI Syariah: 6655336602., PT Mutiara Harmoni Indonesia

Info dan kontak: 0812 2366 4410 (WhatsApp)

Jogjatronik Mall, Pukul: 10.00-21.00 WIB, Jogjatronik Digital Expo 2019

Acara berlangsung pada Minggu (1/9) – Minggu (8/9), masuk gratis.

Jogjatronik Digital Expo adalah event yang akan diselenggarakan di Jogjatronik Mall pada tanggal 1-8 September 2019 dengan rangkaian acara banyaknya promo-promo terkait digital seperti laptop, PC, printer, CCTV, aksesori, dan masih banyak lainnya.

Tidak hanya itu, masih banyak rangkaian acara yang lain, yaitu seperti workshop dengan tema Digital dan Mobile Game Tournament, ditambah dengan banyaknya undian berhadiah akan menjadikan event semakin menarik.

Info dan kontak: 0817 464 769

Minggu, 1 September

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15:00 WIB, Pertunjukan Tari #BANKOFHEROICEMOTIONS oleh Imazka Arto

Dalam pergelaran #BANKOFHEROICEMOTIONS, karya ini merupakan karya tari yang akan menceritakan dan mengangkat emosi-emosi bersejarah dari beberapa pahlawan nasional Indonesia dan diterjemahkan dalam koreografi dan diiringi lagu-lagu kebangsaan Indonesia yang selaras dengan emosi/tokoh pahlawan yang sedang diangkat.

Koreografi dikemas sesuai dengan urutan periode perjuangan para pahlawan, dari masa paling lampau hingga mendekati hari kemerdekaan Indonesia.

Karya ini ditargetkan untuk penonton semua umur, dikarenakan topik yang diangkat merupakan topik yang perlu untuk diketahui oleh siapa saja tentang sejarah Indonesia. Karya ini juga mengangkat informasi atau pelajaran mengenai emosi atau perjalanan psikologis para pahlawan, yang juga dapat kita relasikan dengan kehidupan sehari-hari untuk emosi dan pengendalian emosi sebagai manusia.

 Imazka Arto adalah seorang penari, koreografer, dan seniman muda yang sudah terlibat dalam industri tari di Jakarta selama 9 tahun. Imazka memulai perjalanan tarinya sejak ia berusia 5 tahun dengan mengikuti pelatihan ballet di sebuah institusi ternama di Indonesia, terutama Jakarta. Seiring berjalannya waktu, Imazka juga mulai mempelajari dan terlibat dalam genre-genre tari lain seperti jazz ballet, hip-hop, contemporary dan urban choreography. Selain itu, Imazka juga pernah berpartisipasi dalam workshop tari internasional seperti Urban Dance Camp di Lorrach, Jerman (2013) dan Summer Jam Dance Camp di Singapore (2015 & 2018).

Selain tertarik dan passionate di bidang seni dan tari, Imazka juga sangat tertarik terhadap ilmu psikologi. Imazka merupakan sarjana psikologi yang lulus di tahun 2014. Imazka mulai tertarik pada bidang psikologi sejak masih di bangku SMA. Menurut Imazka, ia memiliki ketertarikan yang sama terhadap seni tari dan juga psikologi, hingga bercita-cita untuk dapat menggabungkan dua hal tersebut menjadi sebuah kesatuan yang baru. Di tahun 2014, Imazka mengenal sebuah pendekatan psikologis yang disebut dance therapy dan mulai mempelajari hal tersebut.

Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Islamic Tourism Expo 2019

Acara berlangsung pada Jumat (30/8) – Minggu (1/9).

Islamic Tourism Expo adalah salah satu acara terbesar di dunia untuk kategori Pameran Pariwisata Muslim Haji & Umrah. Sebagai bagian dari Ajang International, Islamic Tourism Expo menghadirkan peluang besar untuk menemukan ide-ide segar dan merupakan titik pertemuan global di antara Industri Pariwisata Islam.

Tujuan utama bagi peserta pameran dan pengunjung di ITE adalah untuk mendapatkan lebih banyak bisnis dengan orang-orang yang biasanya tidak akan mereka temui. Dengan mengunjungi Islamic Tourism Expo, Anda dapat menjangkau pasar baru dan mengembangkan kontak yang ada.

Profil pameran: Banking, Airlines, Hoteliers, Travel Agents,  Tour Companies , Tour Operators, Visa Providers, Catering Services, Transportation / Bus Companies, National Tourism Organizations, Embassies, Government, Umra Hajj Travel Agents Associations, Media Partners, Travel Supported Industries.

Info dan kontak: Telp: 021 849 83203, Email: info@amk.biz.id, Website: islamictourismexpo.com

Kartika Expo Balai Kartini, Jakarta, Festival Toys The 6th Tomoci Fair 2019

Acara berlangsung pada Sabtu (31/8) – Minggu (1/9).

6th Tomoci Fair 2019 “The Annual Largest & Most Trusted Toys & Model Collectors Event in Indonesia”

Bagi yang ingin melihat berbagai koleksi menarik diecast, sempatkan datang tanggal 31 Agustus – 1 September nanti!

Selain bisa menemukan diecast yang banyak, pengunjung juga bisa mendapatkan ilmu seputar diecast dari komunitas-komunitas yang ikutan!

Diecast Brand Bazaar: Hot Wheels, Tomica, Jada, Majorette, Maisto, Bburago, Tarmac, Etc, Community Gathering, Collectors Display, Diecast Race, Diecast Custom Competition, SuperCars Display

Info dan kontak: Facebook: Tomoci FAIR, Instagram: @tomocifairindonesia

GOR UNY Yogyakarta, Jogja Islamc Book Fair 2019

Acara berlangsung pada Minggu (1/9) – Kamis (5/9).

Pameran buku Islam terbesar dan terlengkap akan hadir kembali di Jogja. Event ini dimeriahkan dengan:  Bazaar Buku & multiproduk, Kajian, Bedah Buku, Alquran & Kitab,  Lomba Anak, Talkshow

Info stand / tenant: 0812-1585-5000 /0877-3936-5000

Bengkulu, Festival Tabut Bengkulu 2019 : Ritual Mengenang Cucu Nabi Muhammad

Acara berlangsung pada Minggu (1/9) – Selasa (10/9).

Setiap tahun, dari 1 hingga 10 Muharram pada tahun kalender Islam, yang juga menandai Tahun Baru dalam kalender Islam, orang-orang di Provinsi Bengkulu di Sumatera bersukacita dalam perayaan ritual Festival Tabut Bengkulu 2019 yang unik. Tahun ini, acara jatuh pada tanggal 1 – 10 September 2019 ketika Tabot yang bersifat religius dan sosial-budaya - akan kembali berpusat di Lapangan Merdeka di kota Bengkulu.

Festival Tabot atau Festival Tabut adalah rekreasi dari peristiwa tragis yang menimpa Hasan Hussein, cucu Nabi Muhammad, dan, karenanya, diperingati untuk menghormatinya. Menurut sejarah, pada tahun 61 dalam Kalender Islam, dalam perjalanannya ke Irak, Hussein disergap oleh pasukan Ubaidillan Bin Ziyad. Pertempuran sengit terjadi di padang pasir Karbala, tempat Hussein akhirnya terbunuh.

Diyakini bahwa ritual Tabot pertama kali dipentaskan di Bengkulu pada tahun 1685 oleh Syeh Burhanuddin, juga dikenal sebagai Imam Senggolo. Dia adalah orang pertama yang menyebarkan Islam di Bengkulu, di mana dia menikahi seorang gadis lokal. Keturunannya kemudian dikenal sebagai keluarga Tabut/Tabot. Ritual itu diturunkan dari generasi ke generasi oleh, apa yang kemudian dikenal sebagai, Komunitas Keluarga Tabot.

Seperti biasa, acara utama dari ritual ini adalah prosesi menara Tabot yang mengesankan di atas kendaraan mengapung membawa peti mati tiruan Hassan Hussein. Kreasi unik ini terbuat dari bambu, rotan, atau mesin kertas dan dihiasi dengan mewah kertas warna-warni, ukiran kayu, bunga buatan yang diterangi oleh lampu-lampu yang berkilauan. Parade disertai dengan suara musik dari instrumen tradisional mengikuti ketukan dol, drum bundar berukuran 70 - 125 sentimeter.

Dol drum ini adalah bagian penting lainnya dari parade Tabot. Banyaknya replika peti mati dan makam miniatur kemudian diarak ke pusat kota dalam peragaan ulang "medan perang Karbala." Ini adalah puncak acara yang dihadiri oleh ribuan pengunjung lokal dan internasional.

Ritual Tabot mengikuti tahapan-tahapan tertentu yang disebut: mengambik tanah, duduk penja, meradai, merjang, arak penja, arak serban, gam, araka gedang, dan tabut terbuang. Selain dan melengkapi ritual, - dan terlepas dari sifat serius dari acara tersebut, festival ini akan menampilkan serangkaian pertunjukan, kompetisi, permainan, dan olahraga dan perayaan lainnya. Di antara banyak kegiatan, tahun ini akan ada perlombaan kereta kuda tradisional, pertunjukan tari Tabot, dan pertunjukan seni dan budaya lainnya. Sebagian besar acara akan diadakan di Balai Raya Semarak Bengkulu.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home