Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:28 WIB | Jumat, 06 Juli 2018

Acara Akhir Pekan 7 – 8 Juli 2018

Ilustrasi. Pertunjukan Musik La Javanaise oleh Amelia Ong. (Foto: indonesiakaya.com)

SATUHARAPAN.COM – Masih dalam suasana liburan, beberapa acara digelar untuk memeriahkannya, antara lain pertunjukan tari dan musik, festival komik, games dan toys, pameran otomotif, festival budaya, dan pameran koran dan majalah tempo dulu yang digelar di Yogyakarta. 

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta

Sabtu, 7 Juli

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Tari Catuah Langkah Gumarang Sakti oleh Gumarang Sakti Dance Company

Presentasi sejarah tari Gumarang Sakti, berakar dari seni tradisi Minangkabau menuju tari kontemporer yang diakui oleh dunia tari internasional di era 1990an. Berpijak dari filosofi dan bunga-bunga (balabek) Silek (Silat) Minangkabau, Gusmiati Suid, pendiri Gumarang Sakti, menciptakan gerak-gerak dasar yang menjadi ciri khas Gumarang Sakti. Meluas dengan memadukan teknik tari modern dan balet, gaya tari Gumarang Sakti menjadi kian kuat pada saat Boi G Sakti mulai aktif sebagai koreografer.

Gumarang Sakti Group berdiri pada tahun 1982 di Batusangkar, Sumatera Barat oleh almarhumah Gusmiati Suid, yang dikenal sebagai koreografer perempuan yang berkiprah internasional. Berpijak pada akar tradisi seni budaya Minangkabau, Gusmiati Suid telah melahirkan banyak karya tari kontemporer yang monumental.

Gumarang Sakti hijrah ke Depok, Jawa Barat pada tahun 1989 dan melebarkan sayapnya menjadi Dance Company sesuai dengan tuntutan kerja profesional guna mengikuti perkembangan kerja internasional yang semakin meluas.

Dalam kiprahnya Gumarang Sakti Dance Company telah mengikuti berbagai pertunjukan tari di Asia, Eropa, Australia, dan Amerika Serikat.

@america Pacific Place, pukul 18.30 – 20.30 WIB, Gabrielle Stravelli Trio in Concert

Gabrielle Stravelli tampil dengan basis Amerika Pat O'Leary dan pianis Indonesia, Nial Djuliarso. Ketiganya akan memainkan komposisi asli bersama berbagai macam materi dari Great American Songbook.

Gandaria City Mini Atrium LG Floor, Jakarta, LotteMart Electronic Fair

Acara berlangsung pada Senin (2/7) – Minggu (8/7).

Pameran elektronik di Gandaria City Mini Atrium LG Floor digelar bagi siapa pun yang sedang memerlukan produk elektronik. Produk bisa dicicil tanpa kartu kredit dengan cicilan 0 persen. Temukan juga berbagai penawaran spesial selama pameran berlangsung.

Info dan kontak: Facebook: Lottemart Indonesia, Twitter & Instagram: @lottemartIndo, Website: lottemart.co.id

Epiwalk Kuningan Jakarta, Festival Komik Comicfest ID 2018

Acara berlangsung pada Sabtu (7/8) – Minggu (8/8), harga tiket masuk: gratis.

ComicFest ID adalah festival komik yang menitikberatkan pada karya komikus lokal dan diramaikan oleh tamu komikus internasional serta cosplayer internasional, dan telah berhasil menarik lebih dari 10.000 pengunjung dalam waktu 2 hari.

Di sisi edukasinya, ComicFest ID adalah salah satu event komik pertama di Indonesia, yang mengadakan workshop yang dibawakan oleh komikus tingkat profesional, dengan materi yang dipersiapkan untuk para individu yang berniat untuk memperdalam keahlian mereka dan bersiap untuk terjun ke dunia profesional.

Ada deretan guest star dan acara menarik, mulai dari Live Drawing Battle, Meet & Greet, dengan para guest cosplayer internasional & official cosplayer dari re:ON comics, kompetisi costreet, dubbing, dan masih banyak acara lainnya.

Kunjungi comicfest.id untuk informasi lengkap Comicfest ID 2018.

Info dan kontak: Facebook: ComicFest ID, Instagram: @comicfest.id, Website: comicfest.id

Central Park Mall, Jakarta, Summer Up Sale – Central Park Mall

Acara berlangsung pada Jumat (29/6) – Minggu (29/7).

Waktu musim panas adalah saat yang tepat untuk bersenang-senang dengan pakaian yang sempurna, nikmati summer sale up to 80 persen dengan tenant pilihan  

Diskon hingga 80 persen, Metaphor diskon hingga 70 persen

Info dan kontak:  Facebook: Central Park Mall, Instagram: @centralparkmall

JIExpo, Kemayoran, Jakarta, pukul 11.00 – 21.00, Festival Game Indonesia Game Xperience 2018

Acara berlangsung pada Sabtu (7/7) – Minggu (8/7).

Harga tiket masuk: Sebelum tanggal 7 Juli 1 Day Pass: Rp50.000, 2 Days Pass: Rp75.000, On the spot 1 Day Pass: Rp100.000, 2 Days Pass: Rp150.000.

Indonesia Game Xperience 2018

Festival game paling keren hadir di dekat Anda setelah liburan. Nikmati konten ramah keluarga, seperti e sports, bazaar, cosplay, FNB, AR, VR, area wanita, dan zona anak-anak dengan teman dan keluarga Anda. Beli tiket sementara diskon 50 persen berakhir!

Highlights: E-Sports, Gaming Arcade, Virtual Reality (VR), Game Industry Booth, Cosplay, Trading Cards, Board Games, Retro Gaming, Artist’s Alley, Toy Marketplace, Kids Zone, Ladies Area, Food Bazaar, dan banyak lagi.

Info dan kontak:  Facebook: Advance Guard, Website: indonesiagx.com

Vallet Parking Novotel, Trade Mall Mangga 2 Square, Jakarta, Rice Vaganza – Mangga 2 Square

Acara berlangsung pada Kamis (5/7) – Minggu (8/7).

Bagi Food Lovers yang ingin mencari sesuatu yang baru, jangan lewatkan event Rice Vaganza, untuk mencoba semua menu berbagai macam nasi, dengan harga pas.

Daftar kuliner yang ditampilkan: Nasi Bogana Tegal, Nasi Liwet Solo, Nasi Gudeg Yogya, Nasi Krawu Gresik, Nasi Serpang Madura, Nasi Lemak Medan, Nasi Jambal Bogor, Nasi Kuning Bandung, Nasi Cikur Bandung, Nasi Tutug Oncom Bandung, Nasi Minyak Palembang, Nasi Campur Bali, Nasi Tumpang Kediri, Nasi Goreng Cakalang Manado, Nasi Goreng Roe, Nasi Bakar, Nasi Campur Babi Panggang Belitung, Nasi Songsui, Nasi Ketam Sambal Lumpang, Es Kopyor

Info dan kontak: Telp: 021-62313000, Facebook: Mangga2Square, Twitter: @TM_M2S_APG, Instagram: @mangga2square

Grand Metropolitan Bekasi, Bekasi Toys Fair 2018

Acara berlangsung pada Jumat (6/7) – Minggu (29/7).

Surga mainan anak kini ada di Bekasi! Bawa semua adik, anak atau keponakan untuk datang ke Bekasi Toys Fair. Bahagiakan mereka dengan mendaftarkannya pada event atau kompetisi berikut Ini: Kids Fashion Show, Coloring Competition, Meet And Greet, Drama Musical, Magician Show, Acrobat Show, Kids Voices, Music Performance.

Akan semakin meriah karena ada Toys Exhibiton, Play Ground, dan special guest Naura! Ingat, mulai besok datang ke Bekasi Toys Fair di Grand Metropolitan Bekasi!

Info dan kontak: Facebook: Grand Metropolitan, Instagram: @grandmetropolitan

QBig BSD City, Tangerang, The 2nd Indonesia Autovaganza 2018

Acara berlangsung pada Sabtu 7/7) – Minggu (8/7).

Yang sedang mencari mobil dan motor keluaran terbaru, langsung datang saja, karena beberapa brand mobil dan motor memastikan ikut berpartisipasi, seperti Toyota, Daihatsu, Mercedez Benz, Hyundai, Jaguar, Land Rover, Mitsubishi, Datsun, DFSK, Wuling, Mazda, BMW Motorrad, Triumph, Moto Guzzi, Vespa, dan masih ada beberapa brand yang melengkapi line up mobil dan motor baru di acara ini.

Rangkaian acara: Car & Motorcycle Exhibition, Modified Car Show, Sunmori, Scooter & Custom Motorcycle Show, Automotive Aftermarket Product, Helmet Exhibition, Lifestyle Bazaar, Pick Award, Vintage Market

Info dan kontak: Telp 1: 089637564793 (Yoga), Telp 2: 081281742325 (Alvin)

Galaxy Mall Surabaya, Kepo Market Chapter 16: Kepo Hero

Acara berlangsung pada Jumat (6/7) – Minggu (8/7).

Hey-ho Kepo Fellas! Pasar Abbit adalah perjalanan yang menyenangkan. Ayo Kepo ingin mengucapkan terima kasih kepada semua penyewa yang berpartisipasi dan pengunjung setia kami lebih dari 76.000 orang.

Dapatkah Anda merasakan sesuatu yang lebih besar akan datang? Kami yakin Anda melakukannya! Acara kami berikutnya akan luar biasa dan super  Jadi, katakan halo ke Pasar Kepo Bab 16: Kepo Hero!

Info dan kontak: Facebook: Galaxy Mall, Instagram: @galaxymallsby

Transmart Buah Batu Square Bandung, pukul 10.00 – 14.00, Science of Toys Klab Anak Planet Sains Spesial Liburan

Isi waktu liburan sekolahmu bersama Klab Anak Planet Sains Spesial Liburan.

Aktivitas apa saja yang akan kamu lakukan? Aktivitas 1, Pengenalan berbagai wahana permainan juga edukasi cara bermain yang aman, nyaman dan menyenangkan

Aktivitas 2, Bermain wahana permainan dan Game Zone di KidCity, Wahana permainan (pilih sesuai saldo Tap Card punyamu): Crazy Taxi Coaster/ Paris Swing/ Bumper Car/ Sky Rider/ Venture River/ Mini Train

 Aktivitas 3, Mengungkap hukum-hukum fisika di balik mainan.

Aktivitas 4, Merakit mainan sains sendiri.

Fasilitas apa yang kamu dapatkan? Bermain bersama instruktur berpengalaman, Tap Car KidCity (dibawa pulang), Saldo Tap Card, Tiket Game Zone (ditukar hadiah ), Alat Bahan Kegiatan (1 set kit merakit mainan sains dan pin eksklusif), Makan Siang

Peserta usia 5-12 tahun, Harga tiket masuk Rp. 250.000 per anak

Mendaftar dengan cara: Ketik: #KAPS#Liburan/ Nama Lengkap Anak/ Kota/ Sekolah/ Usia/ Email Orang Tua/ Nomor HP

Kirimkan melalui WhatsApp ke 089504242011 (Kak Tyas)

Informasi selengkapnya bisa kamu hubungi ke nomor di atas

Pergelaran Kraton Yogyakarta & Museum Sonobudoyo, Festival Panji Internasional 2018 Yogyakarta

Acara berlangsung pada Kamis (5/7) – Minggu (8/7)

Cerita Panji sejak tanggal 31 Oktober melalui situs resmi Memory of  the World-UNESCO dijadikan sebagai memory of the world (MoW), atau ingatan dunia sebagai salah satu warisan budaya dunia. Cerita Panji mempunyai nilai yang erat dengan keragaman,pendidikan karakter yang di negara Asean, dengan pusatnya di Indonesia.

Festival ini, secara keseluruhan akan digelar di 4 kota besar di Indonesia seperti Denpasar, Surabaya, Yogyakarta, dan pada puncaknya akan digelar di Jakarta. Di Kota Yogyakarta rangkaian festival ini secara keseluruhan akan di gelar dari tanggal 5-8 Juli 2018 melalui pergelaran kesenian dari negara-negara ASEAN melalui lokakarya, seminar, lomba-lomba, kunjungan budaya dan pameran.

Rangkaian Acara: Kamis (5/7) Pembukaan Pameran “Panji dalam berbagai Ekspresi Seni” Pukul 10.00 WIB – selesai

Kamis (5/7) – Minggu (8/7), Pukul 09.00-21.00 WIB Pameran di Museum Sonobudoyo.

Jumat (6/7) – Sabtu (7/7), Pukul 19.30 WIB – selesai, Pergelaran Kraton Yogyakarta

Mari kita turut melestarikan dan merayakan warisan bersama dari sastra dan budaya.

Info lebih lengkap klik festivalpanji.id,  Facebook: Festival Panji 2018, Instagram: @festpanji.id, Website: festivalpanji.id

Bentara Budaya Yogyakarta, Pameran Koran dan Majalah Tempo Dulu

Acara berlangsung pada Selasa (3/7) – Rabu (11/7).

Hadiri dan Saksikan Pameran Koran dan Majalah Tempo Dulu.

Pembukaan pameran Selasa (3/7), pukul 19:30 WIB, oleh Seniman Koran Budi Ubrux, Perform Perempuan Berkebaya Jogja

Info dan kontak: Twitter: @BbyYogya, Instagram: @bentarabudayayk

Taman Budaya Yogyakarta, Pasar Kangen Jogja #11 2018

Acara berlangsung pada Sabtu (7/7) – Senin (16/7).

Ada kabar gembira buat kalian yang hobi banget berburu barang-barang lawas, aneka kuliner tradisional, makanan lawas tempo dulu, kerajinan dan mainan lawas, barang antik, maupun kesenian dan pernak pernik jadulnya lainnya.

Stand kuliner yang hadir dalam Pasar Kangen nanti bakal menyajikan beragam dagangan kuliner lawasan seperti thiwul, lopis, ketan, wedang uwuh, cenil, sate gajih, sate kere, kipo, dan sejenisnya. Selain itu juga ada beraneka jenis produk kerajinan lawasan juga seperti boneka disney, cincin akik, kaset lawasan, piringan hitam, poster dan majalah jadul, kaos motif lawasan dan koleksi buku-buku lawasan dan lainnya.

Pasar Kangen Jogja juga bakal dimeriahkan banyak kesenian tradisional. Jenis kesenian tradisi yang dimaksud seperti keroncong, jathilan, reog, wayang orang, kethoprak, wayang kulit, dan masih banyak lainnya.

Save the dates! Jangan sampai terlewatkan. Pasar Kangen Jogja tempatnya berkangenan dengan nuansa tempo dulu.

Info dan kontak: Facebook: Pasar Kangen Jogja, Instagram: @pasarkangen

Taman Lumbini dan Sekitar Candi Borobudur, Magelang, Borobudur International Art and Performance Festival 2018

Jangan lewatkan event Borobudur International Art and Performance Festival 2018 yang akan mengangkat tema: “Togetherness in Diversity”.

Datang dan saksikan langsung pergelaran seni dan budaya Indonesia dan mancanegara, yang dimeriahkan oleh Tim Kesenian Terbaik dari 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah.

Info dan kontak: Website: visitjawatengah.jatengprov.go.id

Minggu, 8 Juli

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Musik La Javanaise oleh Amelia Ong

Jawa Tengah, sebagai salah satu area di Indonesia, memiliki budaya dan adat istiadat yang kental dan khas. Musik menjadi salah satu bagian dari unik dan khasnya daerah Jawa Tengah.

Mengangkat tema Le Javanaise yang berarti Javanese atau orang Jawa, Amelia Ong akan membawakan lagu-lagu khas dari Jawa Tengah seperti lagu Cublak- cublak Suweng dan Gundul-gundul Pacul, yang tentunya akan dibawakan dengan sentuhan musik Jazz ala Amel yang akan membuat suguhan musik kali ini unik, dan tetap menggambarkan Indonesia yang beragam namun tetap satu.

Amelia Ong memulai debut kariernya dalam vokal dan piano sejak usia 4 tahun. Memiliki ketertarikan dengan musik sejak kecil, membuat Amelia tertarik untuk mengembangkan kemampuannya di bidang tarik suara dengan mendalami genre music Jazz di Perth, Australia. Debut kariernya kian meroket hingga festival music jazz skala nasional dan internasional.

Bentara Budaya Bali, pukul 18.00 Wita- Selesai, Workshop Opera in Paradise

Opera merupakan salah satu bentuk pertunjukan high-art yang lahir, berkembang, dan populer di Eropa. Dalam pementasannya, opera memakai elemen khas teater seperti latar artistik, kostum,  musik, dan akting. Dialog antartokoh dalam opera dinyanyikan, tidak dituturkan, biasanya dinyanyikan dengan teknik vokal versatile. Peran-peran yang dibawakan penyanyi opera kerap ditentukan oleh "fach" para penyanyinya. Fach pada penyanyi pria dapat dibedakan menjadi tenor, baritone, dan bass. Untuk penyanyi wanita soprano, mezzo-soprano, dan contralto.

Pada workshop kali ini, akan diperkenalkan dasar-dasar seni pertunjukan opera, teknik olah vokal, stage performance, dan elemen-elemen artistik  yang menyertainya. Akan diperbincangkan pula bagaimana kemungkinan inovasi pertunjukan opera yang ditautkan dengan kearifan lokal, baik di Bali dan Indonesia, juga upaya strategi mempopulerkan seni pertunjukan ini di Tanah Air. Akan dibincangkan pula ragam opera, semisal kreasi Teater Koma, yang konsisten mengadaptasi naskah-naskah asing menjadi bentuk pertunjukan musikal yang kaya akan unsur warna lokal, antara lain: Opera Ikan Asin, Antigoneo, Perkawinan Figaro, Sampek Ingtay, dan lain-lain.

Sebagai narasumber adalah Heny Janawati, BMus, MMus, penyanyi profesional mezzo-soprano Indonesia.

 

 

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home