Loading...
EKONOMI
Penulis: Bob H. Simbolon 16:16 WIB | Selasa, 31 Mei 2016

Ada 27.444 Tenaga Kerja Asing Bekerja di RI

Direktur Pengendalian Penggunaan Tenaga Kerja Asing Kementerian Ketenagakerjaan (PPTKA Kemenaker), Rahmawati Yaunidar (Kanan) Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi IX DPR-RI dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta pada hari Selasa (31/5) (Foto: Bob H Simbolon)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Tenaga kerja asing yang bekerja di Indonesia hingga april tahun 2016 sebanyak 27.444 orang. Negara terbanyak bekerja di Indonesia berasal dari dari Tiongkok dengan jumlah 9.654 orang.

Direktur Pengendalian Penggunaan Tenaga Kerja Asing Kementerian Ketenagakerjaan (PPTKA Kemenaker), Rahmawati Yaunidar mengatakan, jumlah terbanyak kedua berasal dari Jepang dengan jumlah 3.700 orang diikuti urutan ketiga berasal dari Korea Selatan sebanyak 2.003 orang.

"Sedangkan tenaga kerja asing sedikit berasal dari negara Inggris dengan jumlah 604 orang diikuti oleh negara Philippina dengan jumlah 880 orang dan Australia sebanyak 813 orang," kata dia saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi IX DPR-RI dengan Kementerian Ketenagakerjaan, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta pada hari Selasa (31/5).

Dia menjelaskan, tenaga kerja asing banyak tersebar berdasarkan jabatan profesional sebanyak 8.860 orang, sedangkan untuk konsultan sebanyak 4594 orang dan ikuti pekerjaan sebagai manager sebanyak 4.820 orang.

"Sedangkan untuk jabatan sebagai teknisi merupakan jabatan pekerjaan terbanyak setelah profesinal sebanyak 4.951 orang," kata dia.

Dia juga mengatakan, pengawasan orang asing yang berada di Indonesia dikoordinir oleh Ditjen Imigrasi dengan keanggotaan dari Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Intelijen Strategis (BAIS), Polri, Pengawasan Ketenagakerjaan, Keimigrasian, Kemenlu dan Kejaksaan.

"Fungsinya bukan hanya mengawasi Tenaga Kerja Asing termasuk orang luar negeri yang berada di Indonesia," kata dia. 

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home