Loading...
EKONOMI
Penulis: Bob H. Simbolon 13:00 WIB | Jumat, 21 Oktober 2016

ADB Perkirakan Pertumbuhan Ekonomi Afrika Naik Tahun 2017

Ilustrasi, Pertumbuhan Ekonomi (Foto: Dok Satuharapan.com)

KHARTOUM, SATUHARAPAN.COM - Bank Pembangunan Afrika (ADB) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Afrika akan meningkatkan pada tahun 2017 meskipun pada tahun 2016 mengalami penurunan.

"Pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) Afrika diperkirakan akan turun menjadi 1,9 persen tahun ini dari 3,6 persen pada tahun 2015, tetapi angkanya akan meningkat 3,2 persen pada tahun depan," kata perwakilan Bank Pembangunan Afrika di Sudan, Abdul Kamara di Khartoum pada hari Jumat (21/10).

Menurut dia, perkiraan meningkatnya pertumbuhan ekonomi Afrika lantaran pulihnya ekonomi dunia serta naiknya harga komoditas secara bertahap.  

“Di beberapa negara yang kondisi cuacanya mendukung sehingga sektor pertanian dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Afrika," kata dia.

Dia pun mengatakan menurunnya pertumbuhan ekonomi Afrika pada tahun 2016 karena di beberapa negara di Afrika timur dan selatan mengalami kekeringan atau banjir.

“Di beberapa negara yang kaya sumber daya alam, pertumbuhan melambat karena harga komoditas yang lebih rendah memperketat anggaran pemerintah dan memengaruhi investasi." kata dia. (Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home