Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 15:01 WIB | Jumat, 16 Juli 2021

Afghanistan Serang Taliban untuk Rebut Perbatasan dengan Pakistan

Tentara Nasional Afghanistan (ANA) berpatroli di daerah dekat pos pemeriksaan yang direbut kembali dari Taliban, di distrik Alishing, Provinsi Laghman, Afghanistan, pada 8 Juli 2021. (Foto: dok. Reuters)

KABUL, SATUHARAPAN.COM-Pasukan Afghanistan bentrok dengan pejuang Taliban pada hari Jumat (16/7) setelah melancarkan operasi untuk merebut kembali Spin Boldak, perbatasan utama dengan Pakistan, kata polisi.

"Pasukan Afghanistan berperang melawan Taliban, yang berlindung di rumah-rumah warga sipil," kata Jamal Nasir Barakzai, juru bicara polisi untuk Provinsi Kandahar selatan, mengatakan kepada AFP.

Pasukan Afghanistan berada di pasar utama kota perbatasan, kata penduduk. “Ada pertempuran sengit,” kata Mohammad Zahir, warga Spin Boldak.

Penyeberangan itu jatuh ke tangan Taliban awal pekan ini, bagian dari serangan luas yang diluncurkan oleh gerilyawan pada awal Mei ketika pasukan Amerika Serikat memulai penarikan terakhir mereka dari negara itu.

Titik perbatasan itu menyediakan akses langsung ke Provinsi Balochistan di Pakistan, di mana kepemimpinan tertinggi Taliban telah bermarkas selama beberapa dekade, bersama dengan sejumlah pejuang cadangan yang tidak diketahui yang secara teratur memasuki Afghanistan untuk membantu meningkatkan barisan mereka. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home