Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:43 WIB | Kamis, 09 September 2021

Afghanistan: Taliban Larang Demonstrasi Kecuali Ada Izin

Seorang anggota pasukan Taliban menodongkan senjatanya ke pengunjuk rasa, ketika demonstran Afghanistan meneriakkan slogan-slogan selama protes anti Pakistan, di dekat kedutaan Pakistan di Kabul, Afghanistan, Selasa, 7 September 2021. (Foto: dok. Reuters)

KABUL, SATUHARAPAN.COM-Kementerian dalam negeri pemerintah baru Taliban sedang berusaha untuk mengakhiri protes di Afghanistan setelah berhari-hari demonstrasi yang menyebabkan serangan keras terhadap pengunjuk rasa.

Menteri telah mengeluarkan perintah untuk mengakhiri semua protes di negara itu, kecuali jika demonstran mendapatkan izin sebelumnya, termasuk persetujuan untuk slogan dan spanduk.

Tidak mungkin para perempuan yang telah memimpin hampir setiap hari protes menuntut hak-hak mereka dari penguasa ekstremis negara itu akan diizinkan untuk memprotes di bawah aturan baru.

Dalam kata-kata pernyataan kementerian: “Diumumkan kepada semua warga negara untuk tidak mencoba pada saat ini untuk mengadakan demonstrasi apa pun dengan nama apa pun.”

Tiga pekan setelah merebut kekuasaan, Taliban mengumumkan pemerintahan sementara yang semuanya laki-laki pada hari Selasa (7/9) yang mencakup Kementerian Bimbingan dan Panggilan, sebelumnya dikenal sebagai Kementerian Promosi Kebajikan dan Hukuman Kejahatan atau polisi moral.

Selama pemerintahan Taliban tahun 1996-2001, anak perempuan tidak bisa bersekolah dan perempuan dilarang bekerja atau belajar.

Perempuan harus menutupi wajah mereka dan ditemani oleh kerabat laki-laki di depan umum. Mereka yang melanggar aturan terkadang dipermalukan atau dipukuli oleh pasukan polisi moral Taliban.

Sejak Taliban merebut ibu kota Kabul pada 15 Agustus, perempuan muda Afghanistan telah melakukan protes di kota-kota besar, menuntut hak mereka setelah gerilyawan melarang banyak dari mereka meninggalkan rumah mereka untuk bekerja dan anak perempuan dari sekolah atau universitas. (AP/Reuters)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home