Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 09:12 WIB | Sabtu, 25 Desember 2021

Afrika Selatan Protes Lelang Kunci Penjara Nelson Mandela

Seorang pria berlutut di depan sel penjara mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela, di Bagian B Penjara Keamanan Maksimum Pulau Robben. (Foto: dok. Reuters)

CAPE TOWN, SATUHARAPAN.COM-Afrika Selatan mengecam rencana pelelangan kunci sel penjara yang pernah untuk mengurung mantan presiden dan pahlawan nasional, Nelson Mandela.

Kunci sel di Pulau Robben, tempat Mandela dipenjara selama 27 tahun, adalah item utama lelang pada 28 Januari oleh rumah lelang Inggris Guernsey's.

“Tidak disadari bagi Guernsey, yang jelas tentang sejarah menyakitkan negara kita dan simbolisme kunci, untuk mempertimbangkan melelang kunci tanpa konsultasi dengan pemerintah Afrika Selatan, otoritas warisan di Afrika Selatan dan museum Pulau Robben,” kata Menteri Olahraga, Seni dan Budaya, Nathi Mthethwa dalam sebuah pernyataan, hari JUmat (24/12).

Menurut laporan media, mantan penjaga penjara Mandela, Christo Brand, adalah penjual kuncinya. “Kunci ini milik masyarakat Afrika Selatan di bawah penjagaan museum Robben Island dan negara Afrika Selatan. Itu bukan milik pribadi siapa pun,” kata Mthethwa.

"Kunci itu harus segera dikembalikan kepada pemiliknya yang sah dan lelang ini harus dihentikan."

Mandela, yang meninggal dalam usia 95 pada Desember 2013, adalah seorang aktivis anti apartheid. Dia terpilih sebagai presiden pertama Afrika Selatan yang demokratis pada Mei 1994 dan menjabat dalam peran tersebut hingga Juni 1999. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home