Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 06:00 WIB | Sabtu, 27 November 2021

Afrika Selatan Tuding Inggris Terlalu Cepat Larang Perjalanan

Ini terkait dengan ditemukannya varian baru COVID-19 yang diduga lebih menular.
Tingkat vaksinasi di Afrika Selatan jauh dari target negara, hanya memberikan 130.000 dari target harian 300.000. (Foto: Reuters/Siphiwe Sibeko)

PRETORIA, SATUHARAPPAN.COM-Kementerian luar negeri Afrika Selatan mengatakan keputusan Inggris untuk melarang penerbangan dari Afrika Selatan karena deteksi varian COVID-19 baru “tampaknya terburu-buru,” karena bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum memberi saran tentang langkah selanjutnya.

“Kekhawatiran langsung kami adalah kerusakan yang akan ditimbulkan oleh keputusan ini terhadap industri pariwisata dan bisnis kedua negara,” kata Menteri Luar Negeri, Naledi Pandor, dalam sebuah pernyataan.

Dia menambahkan bahwa Afrika Selatan akan terlibat dengan otoritas Inggris untuk mencoba membuat mereka mempertimbangkan kembali keputusan mereka

Sementara itu, sejumlah negara di Eropa memutuskan untuk menghentikan perjalanan dari Afrika Selatan, terakit temuan varian baru COVID-19 byang disebut B.1.1.529.

Respons Australia

Sementara itu, Australia pada hari Jumat (26/11) mengatakan sedang menyelidiki varian COVID-19 yang baru diidentifikasi yang menyebar di Afrika Selatan dan memperingatkan akan menutup perbatasannya untuk pelancong dari negara Afrika jika risiko dari jenis baru meningkat.

Ilmuwan Afrika Selatan khawatir varian baru ini dapat menghindari respons imun tubuh dan membuatnya lebih mudah menular karena memiliki "konstelasi mutasi yang sangat tidak biasa".

Menteri Kesehatan Australia, Greg Hunt, mengatakan dia akan segera merespons jika Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengklasifikasikannya sebagai varian baru utama.

“Seperti biasa, kami fleksibel. Dan jika saran medisnya adalah bahwa kami perlu mengubahnya, kami tidak akan ragu-ragu,” kata Hunt kepada wartawan di Sydney. “Itulah yang telah kita lakukan sebagai sebuah negara, apakah telah menutup perbatasan, apakah telah memastikan ada karantina.”

Khawatir dengan varian tersebut, Inggris untuk sementara waktu melarang penerbangan dari Afrika Selatan, Namibia, Botswana, Zimbabwe, Lesotho dan Eswatini mulai Jumat, dan meminta para pelancong Inggris yang kembali dari tujuan tersebut untuk dikarantina.

Pejabat kesehatan Inggris mengatakan jenis baru dapat membuat vaksin kurang efektif, karena memiliki protein lonjakan yang berbeda dari yang ada pada virus corona asli yang menjadi dasar vaksin.

Australia awal bulan ini melonggarkan pembatasan perbatasan internasional untuk pertama kalinya selama pandemi yang memungkinkan penduduk yang divaksinasi penuh untuk kembali ke negara itu tanpa karantina setelah tingkat vaksinasi yang lebih tinggi.

Australia mencatat sekitar 205.000 kasus dan 1.985 kematian akibat COVID-19, lebih rendah dari banyak negara lain di negara maju. (Reuters/Bloomberg)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home