Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 14:58 WIB | Jumat, 30 September 2016

Agenda Hiburan 1 – 2 Oktober 2016

Pertunjukan "Roedjak Tjingoer Avasa ketika Janji Tak Terikat Lagi" persembahan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran Trisakti di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, di Jakarta Pusat, 1 Oktober 2016. (Foto: jakarta.go.id)

SATUHARAPAN.COM - Aneka pertunjukan, pameran, festival kuliner, festival kreativitas anak-anak muda, meramaikan akhir pekan di awal Oktober ini. Ada beberapa acara yang pantas dikunjungi selama akhir pekan di Jakarta, atau juga di Bandung, bersama keluarga, teman, atau orang-orang istimewa.

Berikut acara pertunjukan dan hiburan pilihan Redaksi satuharapan.com yang dapat menemani pencinta seni dan hiburan melewatkan akhir pekan.

 

Sabtu, 1 Oktober 2016

Jakarta Convention Center (JCC)Festival Comic Con 2016

Jakarta Convention Center menggelar Festival Comic Con 2016, menghadirkan bintang Kamen Rider.

Anak Jakarta yang suka film, komik, dan segala bentuk karya seni populer lain, pasti sudah akrab dengan Festival Comic Con. Untuk kedua kalinya, Comic Con Indonesia kembali digelar, menampilkan bintang tamu Hiroshi Fujioka, pemeran “Kamen Rider 1”. Akan hadir pula Alex Milne, penulis dan seniman yang membuat “Transformer”.

Comic Con 2016 juga mempersembahkan kejuaraan dunia Cosplay 2016, di mana pemenangnya akan mewakili Indonesia di acara cosplay tingkat dunia “2017 Chicago Comic dan Entertainment Expo”.

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00: Muda Mode "Batik Tanpa Batas"

Galeri Indonesia Kaya di Grand Indonesia Shopping Town, Jakarta Pusat, menghadirkan Oemah Etnik x Amanda Hartanto dalam acara Muda Mode: "Batik Tanpa Batas".

Menyambut peringatan Hari Batik Nasional 2 Oktober, Oemah Etnik dan Amanda Hartanto Batik hadir untuk mengingatkan kembali betapa penting apresiasi terhadap batik tulis dan batik cap. Batik bukan hanya sekadar motif yang indah, tetapi juga proses berkarya dengan dedikasi dan orisinalitas yang tinggi.

Oemah Etnik adalah fashion brand yang didirikan pada 2013 oleh Rizki Triana, dengan misi mempromosikan warisan budaya Indonesia kepada generasi muda dengan cara mengubah kain tradisional menjadi baju modern. Oemah Etnik dapat ditemui di situs resminya www.oemahetnik.com,  dan brand ini telah berpartisipasi di festival mode di dalam maupun luar negeri.

Amanda Hartanto Batik (AHB) didirikan pada tahun 2011 oleh pendirinya yang merupakan desainer tekstil dan mempunyai kecintaan tinggi terhadap batik. Amanda menggabungkan teknik modern dalam mendesain tekstil dengan elemen batik, sesuatu yang dekat di hati orang Indonesia. Dimulai dari sebuah usaha kecil, AHB telah menjadi salah satu brand lokal yang patut diperhitungkan.

Titan Center, pukul 20.00 - 22.00: Charity Concert For Elderly Sheila On 7

Titan Center di Jl Boulevard Bintaro Blok B7/B1 No 5, Bintaro Sektor 7, Tangerang Selatan menggelar Charity Concert For Elderly Sheila On 7.

Konser digelar Titan Center bekerja sama dengan Perkumpulan Bakti Sosial ibu-ibu Bintaro, dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia International, sebagai bentuk kepedulian terhadap kaum lanjut usia.

Harga tiket masuk Gold Rp 500.000, dan Silver Rp 350.000. Reservasi tiket dapat menghubungi: Perkumpulan Bakti Sosial Ibu-ibu Bintaro Hetty: 0899 5076 529, dan Asih  0821 1158 7722 dan Titan Center (09.00 – 17.00 WIB) Telp  0888 8167804.  Email : ticketing@titan-center.co.id

Tjihapit Fest Bandung

Tjihapit Fest Bandung digelar di Kawasan Cihapit di Jl Ciliwung (di depan Masjid Istiqomah) Bandung, pada Sabtu dan Minggu, 1  - 2 Oktober 2016, menghadirkan program acara antara lain food truck, cosplay, entertainment, band performance, dance performance, stand up comedy, street fire, bazaar dan games, senam zumba, lomba photo selfie, hingga cek kesehatan gratis.

Pengunjung juga dapat mengikuti kompetisi Tjihapit Awards, dengan total hadiah Rp10 juta. Info dan kontak: 081809939779, 087728006030, 08983993335, Facebook: Tjihapit Fes, Twitter & Instagram: @TjihapitFest.

Pengunjung tidak dipungut tiket masuk, alias gratis.

Gedung Kesenian Jakarta, pukul 19.00: Indonesia Dance Company "We Dance”

Gedung Kesenian Jakarta di Jl Gedung Kesenian No 1, Jakarta Pusat, menggelar acara “Indonesia Dance Company: We Dance” pada Sabtu, tanggal 1 Oktober 2016, mulai  pukul 19.00-selesai, dan Minggu, tanggal 2 Oktober 2016, mulai pukul  17.00  sampai selesai.

Summarecon Mal Kelapa Gading: Pesona Batik Wastra Nusantara

Summarecon Mal Kelapa Gading di Jakarta Utara menghadirkan Pesona Batik Wastra Nusantara, yang berakhir 2 Oktober 2016, sejak dimulai 28 September lalu, sebagai bentuk apresiasi terhadap kekayaan Indonesia, serta memperingati Hari Batik tanggal 2 Oktober.

Selain menggelar bazaar beragam jenis batik terbaik di The Forum MKG 3 serta koridor MKG 3, pengunjung Summarecon Mal Kelapa Gading pun disuguhi fashion show dari beberapa desainer terbaik Indonesia, pada tanggal 1 Oktober 2016 pukul 17.00 WIB, serta 2 Oktober 2016 pkl 14.00 WIB.

Bagi yang merasa memiliki kemampuan styling di dunia fashion, dapat menikmati kompetisi menarik pada tanggal 1 Oktober 2016 pukul 11.00 WIB, yang mengharuskan setiap peserta menghadirkan konsep styling yang menarik dan up to date dalam balutan busana batik yang disediakan panitia.

Penggemar batik juga berkesempatan mengikuti Batik Demo yang hadir pada 2 Oktober 2016 pukul 17.00 WIB.

Pada 2 Oktober pula, pengunjung dapat mengikuti workshop “Furoshiki”,  kebiasaan di Jepang, yaitu seni membuntal/membungkus kain persegi empat dalam beragam corak, yang awalnya teknik ini dipakai untuk membungkus barang bawaan masyarakat Jepang untuk dibawa ke pemandian umum.

Pada workshop, teknik ini diadaptasi dan dikembangkan menjadi sebuah teknik yang multifungsi, tidak hanya untuk kebutuhan membungkus sesuatu tetapi juga menjadi sebuah seni menggunakan corak batik Indonesia.

 

Minggu, 2 Oktober 2016

Graha Bhakti Budaya, TIM, pukul 18.00: “Roedjak Tjingoer Avasa ketika Janji Tak Terikat Lagi

Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, di Jakarta Pusat, menggelar pertunjukan “Roedjak Tjingoer Avasa ketika Janji Tak Terikat Lagi”, pergelaran seni tari, musik perkusi kontemporer, dan seni teater, persembahan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti.

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00: Mijil - A New Born

Galeri Indonesia Kaya di Grand Indonesia Shopping Town menghadirkan Cascade Trio yang mempersembahkan “Mijil - A New Born”.

Dibentuk pada September 2013, Cascade Trio sudah mengadakan konser dan memberikan master class di seluruh Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Magelang, Salatiga, Surabaya, Malang dan Bali. Pada pergelarannya kali ini, Cascade Trio mengenalkan karya-karya I.G.N. Budhiana, komponis berdarah Bali yang terkenal dengan dua karyanya, Variasi Pelog dan Variasi Gambang Suling.

Budhiana adalah pengajar musik, komponis, dan konduktor berdedikasi dari Bali yang mengajar di ISI Yogyakarta. Karya-karyanya telah dimainkan di luar negeri, tetapi namanya masih belum terlalu populer di dalam begeri.

Melibatkan dua platform seni, yaitu sketsa dan lukisan, variasi musik karya sang komponis akan ditampilkan selain dalam bentuk melodi aslinya, juga dalam bentuk karya sketsa yang menggambarkan pengalaman mendengarkan tiap-tiap variasi musik yang dipertunjukkan. Acara ini merupakan penghormatan serta mengangkat sosok komponis Indonesia yang melalui pengajarannya telah menginspirasi banyak pemusik muda Indonesia.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home