Loading...
INDONESIA
Penulis: Francisca Christy Rosana 16:26 WIB | Minggu, 16 Agustus 2015

Ahok-Djarot Napak Tilas Tempat Bersejarah

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bersiap menaiki sepeda ontel. (Foto: Francisca Christy Rosana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Satu hari menjelang Hari Kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia, Gubernur DKI Jakarta bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat beserta jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD) menggelar napak tilas di beberapa tempat bersejarah. 

Pukul 13.40 WIB, di halaman Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, puluhan sepeda ontel sudah terparkir rapi. Hiasan bendera merah putih semerbak mewarnai sepeda-sepeda klasik itu. 

Ahok yang telah ditunggu-tunggu oleh sejumlah SKPD, komunitas pesepeda, dan awak media pun  keluar dari ruangannya. Berbeda dengan Djarot yang mengenakan kostum olahraga dan sepatu lari, Ahok nampak mengenakan pakaian formal dengan kemeja putih dan sepatu pantofel hitam. Awalnya, Ahok diperkirakan tak akan mengikuti rombongan mengayuh sepeda. Namun, ternyata Ahok menyatakan berniat mengayuh sepeda dari Balai Kota - Tugu Proklamasi - Gedung Joang. 

Awalnya, rute yang akan diikuti Ahok meliputi Gedung Pancasila, Gedung Joang 45, Gedung Naskah Proklamasi, Karet Bivak, Tugu Proklamasi. 

"‎Ya ini namanya juga napak tilas, supaya orang tahu kan sejarahnya gimana, sampai merdeka perjuangannya, rute mana yang penting. Sehingga 70 tahun merdeka, orang nggak lupa dan jadi nget gitu lho sejarah-sejarahnya. Jadi kita lakoni," ujar Ahok. 

"Ini enggak sampai berdarah, nggak smpe mati kok. Cuma dijemur doang. Supaya kita tahu, kalo perjuangan dulu tuh bener-bener mengorbankan nyawa. Kita jangankan nyawa, darah aja kagak. Hehehe," Ahok menambahkan. 

Mengenakan topi dan tanda kepala merah putih, Ahok pun meluncur bersama rombongan. Rute terakhir di Gedong Joang ia tiba pukul 14.45 WIB langsung disambut penari kolosal dan sejumlah veteran dari Solo, Semarang, Yogyakarta, dan Blitar. 

Malam nanti, Ahok bersama Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan berziarah di Tan Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pukul 00.00 WIB. Sementara, Djarot dijadwaklan menghadiri malam sarasehan di Tugu Proklamasi pukul 19.00 WIB. 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home