Loading...
BUDAYA
Penulis: Francisca Christy Rosana 14:44 WIB | Sabtu, 12 September 2015

Ahok Mimpikan Balai Kota Disulap Jadi Bioskop Gratis

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Balai Kota DKI, Sabtu (12/9). (Foto: Francisca Christy Rosana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), memimpikan ruangan Balai Agung yang terletak di Balai Kota DKI Jakarta disulap menjadi bioskop gratis. Mimpi itu terlontar seusai Ahok meresmikan pembukaan Balai Kota sebagai lokasi wisata akhir pekan.

Ruangan yang cukup luas dengan Liquid Crystal Display (LCD) yang memadai merupakan potensi yang dianggap Ahok dapat dimanfaatkan untuk memutar film-film nasional lama besutan sutradara-sutradara ternama Nusantara. Masyarakat pun dapat dengan gratis menonton film yang diputar setiap akhir pekan di kantor gubernur. Ide disulapnya Balai Agung menjadi ruangan sekelas bioskop merupakan upaya promosi dari rangkaian pembukaan Balai Kota DKI sebagai lokasi wisata.

“Film-film nasional yang sudah tidak beredar di bioskop kan banyak orang nggak sempat nonton, saya pengen Sabtu Minggu puter di sini, tapi saya mau ganti proyektor di sini (Balai Agung, Red) dengan kapasitas yang lebih tajam biar sama kayak bioskop,” ujar Ahok di Balai Kota DKI, Sabtu (12/9).

Selain itu, ia juga berniat memberi ruang-ruang terbuka bagi sutradara muda yang ingin memutar film-film pendeknya. Sineas pun diberi ruang untuk memamerkan hasil karyanya di hadapan masyarkat.

“Bisa diputar misalnya jam 10.00 atau jam 12.00 terus habis itu off, lalu jam 14.00 sampai jam 16.00 diputar lagi. Bisa beda-beda filmnya. Ini akan memperamai perfilman nasional sehingga sutradara-sutradara muda dan sutradara film pendek yang nggak ada tempat muter, dia bisa muter film di sini,” kata Ahok.

Pemerintah akan menyeleksi film-film yang hendak diputar di Balai Agung, Balai Kota Jakarta. Film yang menjadi rekomendari Ahok di antaranya film sejarah, seperti Soekarno, Soedirman, dan film-film Benjamin S.

“Yang pasti nggak mungkin film Hollywood. India juga jangan. Warkop bolehlah,” ujar Ahok.  

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home