Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Febriana Dyah Hardiyanti 19:02 WIB | Sabtu, 16 Juli 2016

Ahok Minta Pelayanan di Kelurahan dan Kecamatan Ditingkatkan

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menjawab pertanyaan wartawan usai diperiksa Bareskrim di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (14/7). Ahok diperiksa terkait proses pembelian lahan di Cengkareng Barat, Jakarta Barat. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, meminta seluruh pegawai di kecamatan maupun di kelurahan yang ada di ibu kota meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 

Menurut pria akrab disapa Ahok itu, kunci pelayanan masyarakat terletak pada tingkat kelurahan dan kecamatan, sehingga pelayanannya harus terus ditingkatkan. 

"Kunci pelayanan masyarakat itu sebetulnya justru ada di tingkat kelurahan dan kecamatan. Maka dari itu, camat dan lurah harus berlaku selayaknya estate manager di wilayahnya masing-masing," kata Ahok di Balai Kota, Jakarta Pusat, seperti dilansir dari Antara, hari Jumat (15/7). 

Dia menilai sampai dengan saat ini, jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah terlalu banyak. Sedangkan, menurutnya, di ibu kota tidak diperlukan banyak pegawai. 

"Makanya, saya tegaskan pelayanan masyarakat di tingkat kelurahan dan kecamatan harus selalu ditingkatkan. Dengan begitu, tidak perlu banyak-banyak pegawai," ujar Ahok. 

Sementara itu, dia menuturkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) harus berlaku sebagai kontraktor dan konsultan. Oleh karena itu, untuk mengurangi jumlah PNS di DKI, pihaknya membuat moratorium PNS. 

Mantan Bupati Belitung Timur itu mengungkapkan dengan dilakukannya moratorium tersebut, maka setiap tahun dapat dipastikan ada PNS yang pensiun, sehingga jumlahnya akan berkurang secara berangsur-angsur. 

"Makanya kami enggak mau terima PNS baru dulu. Kan ada yang mau pada pensiun sekarang, biarkan saja dulu. Untuk PNS baru nanti diadakan secara bertahap, sedang kami kaji. Intinya, kami ingin semua PNS betul-betul bekerja," ucap Ahok.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home