Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 16:13 WIB | Rabu, 02 Februari 2022

Akibat Konflik, Belasan Juta Warga Nigeria Terancam Kelaparan

Ibrahim Mohammed, kiri, seorang petani yang kehilangan sebagian besar bibit dan lahan pertaniannya karena serangan kekerasan di utara Nigeria, bekerja di ladang padi bersama anggota keluarganya di desa Agatu di pinggiran Negara Bagian Benue di Nigeria tengah utara, Rabu, 5 Januari 2022. (Foto-foto: dok. AP/ Chinedu Asadu)

AGATU, SATUHARAPAN.COM-Hari menunjukkan pukul dua siang dan Hannah Mgbede bertanya kepada suaminya apakah dia dapat beristirahat pertama hari ini dari mengirik beras, sehingga dia dapat menyusui bayi perempuan mereka yang berusia 18 bulan yang diikat di punggungnya selama pekerjaan yang melelahkan.

Suaminya Ibrahim Mohammed, 45 tahun, biasa memanen sebanyak 10 karung beras setahun dari pertaniannya. Tapi itu turun menjadi hanya tiga kantong setelah penyerang membakar rumahnya hingga rata dengan tanah beberapa tahun yang lalu, ketika kekerasan antara petani dan penggembala meningkat di bagian barat laut dan tengah Nigeria.

Dengan hasil yang menurun itu, Mohammed tidak menghasilkan cukup uang untuk membeli bibit untuk menanam ubi, kedelai, dan jagung guinea (sorgum).

“Kadang-kadang kami makan sekali (sehari),” kata Mohammed, yang memiliki tiga anak, berusia lima tahun ke bawah. “Sejak krisis, hanya dengan kasih karunia Tuhan kita diberi makan untuk tetap hidup.”

Di sini, di negara bagian Benue, panen beras, ubi, dan kedelai pernah begitu melimpah sehingga disebut sebagai “keranjang makanan Nigeria.” Namun gelombang kekerasan selama beberapa tahun terakhir telah mengurangi hasil panen di negara bagian utara-tengah negara terpadat di Afrika itu.

Lebih dari satu juta petani di negara bagian itu telah mengungsi karena kekerasan komunal antara penggembala dan petani yang bersaing untuk mendapatkan air dan tanah, kata para pejabat. “Kami sedang menuju krisis pangan,” kata Gubernur negara bagian Benue, Samuel Ortom, kepada The Associated Press.

Di Nigeria utara, setidaknya 13 juta orang sekarang menghadapi kelaparan di tengah musim paceklik, menurut Program Pangan Dunia PBB. Kekerasan juga telah mengganggu penjualan makanan karena jalan terlalu tidak aman bagi petani untuk mengangkut hasil panen dan pasar dan telah dihancurkan oleh penyerang.

Produksi beras telah turun begitu banyak sehingga harganya melonjak lebih dari 60% di negara bagian Benue serta beberapa bagian lain negara itu. “Ada risiko kelaparan yang sangat nyata karena konflik dan COVID-19 telah membuat lebih sulit untuk menjangkau mereka yang paling membutuhkan,” kata juru bicara badan PBB itu kepada AP.

Ribuan orang Nigeria telah tewas dalam bentrokan selama puluhan tahun antara komunitas agraris dan penggembala ternak nomaden yang memperebutkan akses terbatas ke air dan lahan penggembalaan. Para petani sering menuduh para penggembala merambah ladang mereka sementara para penggembala, yang kebanyakan berasal dari suku Fulani, mengklaim bahwa lahan pertanian adalah jalur penggembalaan tradisional mereka.

Pemerintah kini telah meluncurkan inisiatif di bawah Rencana Transformasi Peternakan Nasional dengan harapan menyelesaikan konflik yang diperburuk oleh proliferasi senjata dan kegagalan pemerintah untuk menuntut pelaku masa lalu dari kedua kelompok.

Sekitar 3.000 orang yang melarikan diri dari kekerasan di negara bagian Benue dan kini tinggal di sebuah kamp di wilayah pemerintah daerah Guma.

Mtonga Iliamgee, 43 tahun, mengatakan setiap hari adalah perjuangan untuk memberi makan keluarganya yang terdiri dari 10 orang. Dia terlihat menyiapkan makanan satu-satunya hari itu pada pukul satu siang. “Kita hidup untuk hari ini dan kita tidak tahu apa yang akan terjadi besok,” katanya.

Felix Agune, wakil kepala sekolah kamp, ​​​​mengatakan beberapa anak datang ke kelas sambil menangis karena mereka tidak sarapan. Organisasi-organisasi non-pemerintah mencoba untuk mengisi kesenjangan tetapi “tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan kelaparan besar-besaran yang menyebar di seluruh negara bagian Benue,” kata Rex Elanu, direktur program untuk One to One Healthcare Initiative.

Pejabat pemerintah bersikeras mereka bekerja untuk membuat lahan pertanian cukup aman bagi orang untuk kembali dan bekerja di lahan tersebut. Mereka juga mencoba untuk mendorong penggembala nomaden untuk mengambil peternakan sehingga mereka tidakbertentangan dengan petani.

Benih dan pupuk juga telah dipasok kepada petani di masa lalu untuk meningkatkan produksi pangan, meredam dampak pandemi dan mendorong lebih banyak pemuda untuk terjun ke pertanian, menurut juru bicara kementerian pertanian.

Terlepas dari kekerasan tersebut, para petani Nigeria telah mampu menghasilkan panen yang cukup untuk membuat negara itu dapat mencukupi kebutuhan pokok seperti beras, singkong, dan ubi.

“Nigeria bertahan dengan produk yang dihasilkan oleh petani kecil,” kata Theodore Ogaziechi dari kementerian pertanian. “Para petani melakukan yang terbaik untuk memberi makan bangsa.”

Petani tangguh tetapi juga takut karena beberapa yang telah berusaha untuk kembali ke pertanian mereka telah terbunuh, Ortom memperingatkan, gubernur negara bagian Benue. “Jika ada keamanan bagi para petani ini, kami akan terus mempertahankan posisi kami sebagai lumbung pangan bangsa,” katanya. “Tetapi jika tidak ada yang dilakukan, seperti sekarang, itu adalah tantangan besar.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home