Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Heri Darmanto 00:12 WIB | Jumat, 16 Juli 2021

Akselerasi Kemajuan Catur Dengan Memanfaatkan Teknologi (1)

Catur. (Foto: earlytorise.com)

SATUHARAPAN.COM - Catur adalah olahraga otak yang membutuhkan skill ilmu catur mumpuni dan kekuatan otak yang prima agar sukses caturnya. Skill Ilmu catur tinggi didapat dari study, belajar ilmu teori catur dari buku-buku catur, web juga dari sekolah/klub catur atau langsung dari pelatih catur private. Kekuatan otak catur yang kuat didapat dari hasil latihan berpikir catur yang intensif sehari-harinya. Kekuatan otak juga dipengaruhi oleh IQ atau kecerdasan, usia dan kondisi fisik mental saat bertanding.

Di jaman milenial ini peran teknologi sangat signifikan untuk mengakselerasi kemajuan catur. Pecatur bisa belajar catur, berlatih catur di mana saja, kapan saja, tidak harus tatap muka dengan pelatih caturnya. Apalagi di masa wabah pandemi covid-19 yang saat ini semakin mewabah sampai pemerintah memberlakukan PPKM Darurat. Tulisan ini akan membahas peran teknologi dalam proses belajar berlatih catur.

Belajar ilmu catur, berlatih catur, bermain catur bahkan bertanding catur bisa dilakukan dengan bantuan teknologi, main dari laptop dan atau hp baik offline atau online via internet dengan software, app atau web yang sekarang banyak tersedia baik yang free/gratis ataupun yang premium berbayar. Tulisan ini akan membahas secara ringkas lebih dulu, diteruskan seri berikutnya lanjutan pada postingan artikel berikutnya dengan pembahasan yang lebih detil.

Banyak cara memanfaatkan teknologi (baik dari laptop atau dari HP) untuk belajar dan berlatih catur sebagai berikut:

Belajar Ilmu Teori Catur dari buku catur digital atau artikel catur di website. Teori catur yang baik adalah keniscayaan bagi pecatur agar caturnya bagus. Teori catur bisa didapat dari buku catur (baik yg cetakan atau versi digital ebook), artikel web catur atau bahkan video catur. Teori catur tersebut dibaca, ditulis dirangkum, dihapalkan, dipahami, dan dipraktekkan dalam permainan sendiri.

Belajar Ilmu Teori Catur dari Video Catur di internet seperti Youtube juga bisa dilakukan untuk menyerap ilmu catur. Bisa dipilih video catur berkualitas sebagai bahan belajar catur. Ada ratusan channel catur dengan ribuan konten catur yang bisa ditonton dikonsumsi oleh pecatur. Mensubscribe channel catur yang berkualitas adalah tindakan yang perlu.

Belajar Ilmu Teori Catur dari artikel website catur adalah cara berikutnya bagi pecatur untuk menyerap ilmu catur ke dalam otak. Dengan ilmu catur yang mumpuni, pecatur memiliki panduan kuat untuk memutuskan langkah catur. Banyak sekali ribuan bahkan jutaan artikel catur yang tersedia di internet. Silakan mengakses dari website catur terkenal seperti chess.com, chessbase dan lain-lainnya. Pencarian artikel catur bisa pakai mesin pencari Google. Kita akan bahas lebih detil di postingan berikutnya.

Belajar Ilmu Teori Catur dari klub catur atau sekolah catur atau les private catur. Bagi pecatur yang serius ingin berprestasi bisa mengalokasikan dana untuk les catur private atau ke sekolah catur. Di masa pandemi les catur bisa pakai cara virtual dari zoom meeting. Keuntungan les catur dengan pelatih catur adalah belajar catur jadi lebih terarah, bisa bertanya kepada pelatihnya coach jika ada kesulitan teori catur. Latihan bisa lebih teratur efisien dengan pengawasan coach catur. Selain itu coach catur akan menjelaskan teori catur dengan lengkap sampai siswa jelas mengerti.

Selain belajar ilmu teori catur dengan cara membaca, menyimak, menulis, merangkum, menghapalkan, memahami, tanya jawab dan lain-lain, proses lainnya adalah berlatih catur, melatih ilmu catur dengan mengerjakan puzzle atau problem catur secara spesifik ilmu skill catur tertentu (opening, ending, taktik, sparring, dll) baik dengan bantuan software, app atau dari web catur.

Berlatih Opening Catur dengan bantuan teknologi. Berlatih opening catur dengan cara menyimak mengikuti perkembangan teori opening terbaru dari para Grandmaster atau ahli catur. Berlatih opening catur dengan cara menyimak dari database catur yang pernah dimainkan manusia dengan memanfaatkan ilmu statistik akan diketahui kecenderungan peluang menang dari sebuah posisi opening catur. Berlatih opening catur dengan cara menyimak mengikuti analisa catur dari engine komputer catur yang semakin lama semakin canggih saja, jauh meninggalkan kemampuan manusia bermain catur. Dan seterusnya.

Berlatih Ending Catur dengan bantuan teknologi. Berlatih ending catur juga bisa dibantu teknologi dengan cara menebak langkah penyelesaian ending dari posisi-posisi catur atau problem catur khusus ending. Berlatih ending catur dengan menyimak ending catur yang dimainkan oleh para Grandmaster catur dunia. Berlatih ending catur dengan cara menyelesaikan ending catur melawan engine catur. Dan seterusnya.

Berlatih Taktik Catur dengan bantuan teknologi. Berlatih taktik catur sangat bisa dilakukan dengan bantuan komputer atau HP dengan koneksi internet atau tanpa internet (offline). Berlatih taktik catur dengan cara memecahkan sebanyak-banyaknya puzzle atau problem catur dengan tingkat kesulitan yang beragam. Berlatih taktik catur secara online dengan dibatasi waktunya untuk meningkatkan kecepatan berpikir catur kita. Berlatih taktik catur dengan cara berlomba taktik dengan pecatur lain di sebrang dunia sana secara online, dan seterusnya.

Berlatih Kalkulasi Catur dengan bantuan teknologi. Berlatih kalkulasi catur dengan cara bermain catur buta di laptop atau HP untuk meningkatkan visualisasi catur kita. Berlatih kalkulasi catur dengan cara mengerjakan posisi catur taktik atau ending tanpa ditunjukkan posisi buah caturnya atau blind (buta). Dan cara-cara lainnya akan kita bahas nanti di postingan berikutnya.

Berlatih Strategi Catur dengan bantuan teknologi. Strategi catur bisa dilatih dengan komputer dan internet juga dari hp dengan mengerjakan puzzle atau problem catur strategi. Puzzle catur strategi biasanya memuat bangunan catur tenang dengan sedikit atau tanpa taktik. 

Berlatih Sparring Catur atau Ikut Turnamen Catur dengan bantuan teknologi. Jaman sekarang latihan catur, bermain catur, ikut pertandingan catur bisa secara online dari laptop atau HP. Bisa sparringan catur 24 jam kapanpun waktu kita longgar bisa main. Dari hasil kita main catur online, nantinya bisa dievaluasi apa kelemahan catur kita. Praktek sparring catur atau ikut turnamen catur tentunya adalah untuk menguji kemampuan catur kita sejauh mana dan juga mempraktekkan ilmu catur yang sudah kita pelajari, sudah kita miliki kuasai di otak kita.

Pada artikel berikutnya kita akan bahas lebih detil belajar catur berbantu teknologi ini. Simak dan ikuti terus. Belajar catur dengan bantuan komputer akan lebih cepet pinter. 

 

MN Heri Darmanto


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home