Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 11:48 WIB | Senin, 30 November 2020

Aktor “Star Wars” Dave Prowse Meninggal Dunia

Aktor “Star Wars” Dave Prowse Meninggal Dunia
Topeng yang dikenakan Dave Prowse dalam memerankan tokoh Darth Vander. (Foto: AP)
Aktor “Star Wars” Dave Prowse Meninggal Dunia
Dave Prowse, yang berperan sebagai Darth Vader asli dari "Trilogi Star Wars", berpose selama Konvensi Pembuat Komik dan Fantasi New York pada Mei 1999. (Foto: dok AP)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Dave Prowse, atlet angkat besi Inggris yang beralih menjadi aktor dan berperan sebagai penjahat utama Darth Vader dalam trilogi "Star Wars" yang asli, telah meninggal adalam ia usia 85 tahun.

Prowse meninggal hari Sabtu (28/11) setelah sakit singkat, kata agennya Thomas Bowington hari Minggu (29/11).

Prowse lahir di Bristol, Inggris barat daya, pada tahun 1935. Dia  adalah juara angkat besi Inggris tiga kali dan mewakili Inggris dalam angkat besi di Commonwealth Games 1962 sebelum memasuki dunia film dengan peran yang menekankan ukuran tubuh sebagai komando, termasuk monster Frankenstein dalam dua film horor dari Hammer Studios.

Sutradara George Lucas melihat Prowse dalam bagian kecil "A Clockwork Orange" dan meminta aktor setinggi hampir dua meter itu untuk mengikuti audisi untuk tokoh Vader yang jahat atau Wookie Chewbacca dalam "Star Wars."

Prowse kemudian mengatakan kepada BBC bahwa dia mendapatkan peran sebagau Darth Vader, dan "Anda selalu mengingat orang jahat".

Secara fisik, Prowse sempurna untuk peran tersebut. Namun aksen English West Country-nya yang mendayu-dayu dianggap kurang ideal menurut James Earl Jones.

Prowse mengenakan baju besi dan helm hitam Darth Vader untuk "Star Wars" (1977), "The Empire Strikes Back" (1980) dan "Return of the Jedi" (1983).

Dia mengungkapkan penyesalannya karena, berkat topeng Vader, "Saya bisa berjalan-jalan tanpa menyebut nama."

“Semua aktor mendambakan pengakuan dan saya ingin memiliki beberapa aktor seperti Luke Skywalker dan Han Solo,” katanya kepada The Associated Press pada 1980. “Keberuntungan cenderung mengikuti ketenaran.”

Lucas mengatakan Prowse memberi fisik ke Darth Vader yang penting untuk karakter tersebut. "Dia membuat Vader melompat dari halaman dan ke layar lebar, dengan perawakan yang mengesankan dan kinerja gerakan yang sesuai dengan intensitas dan arus bawah kehadiran Vader," kata sutradara dalam sebuah pernyataan di situs resmi "Star Wars".

Dikenal Anak-anak

Prowse juga bekerja sebagai pelatih untuk aktor lain, membantu Christopher Reeve mempersiapkan diri menjadi Man of Steel dalam film hit tahun 1978 "Superman." Prowse juga dikenal oleh generasi anak-anak Inggris sebagai Green Cross Code Man, seorang pahlawan super dalam iklan keselamatan jalan raya selama tahun 1970-an dan 80-an.

Prowse menderita radang sendi selama bertahun-tahun dan berkampanye untuk mengumpulkan uang untuk penelitian penyakit itu. Pada tahun 1999 ia diangkat menjadi Anggota Ordo Kerajaan Inggris oleh Ratu Elizabeth II atas jasanya untuk amal dan keselamatan jalan raya.

Dia adalah seorang reguler di acara penggemar "Star Wars" tetapi dilarang dari konvensi resmi oleh Lucas pada tahun 2010 setelah pasangan itu berselisih.

Mark Hamill, yang memerankan Luke Skywalker dalam film "Star Wars", men-tweet bahwa Prowse adalah "pria yang baik & lebih dari Darth Vader." Hamill mengatakan aktor itu “mencintai penggemarnya seperti mereka mencintainya."

Sutradara-penulis "Shaun of the Dead" Edgar Wright juga memberikan penghormatan kepada Prowse di Twitter. “Sebagai seorang anak, Dave Prowse sangat terkenal bagi saya...” katanya.

Prowse meninggalkan istrinya Norma dan ketiga anak mereka. (AP)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home