Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:44 WIB | Sabtu, 26 Oktober 2019

Aktris Jane Fonda Ditangkap dalam Protes Iklim

Aktris Jane Fonda (tengah), bersama aktor Ted Danson (bertopi), saat ditangkap pada protes iklim di gedung Capitol, Washington DC hari Jumat (25/10). (Foto: Voaindonesia.com/AP)

AMERIKA SERIKAT, SATUHARAPAN.COM – Aktris dan aktivis Amerika Jane Fonda telah ditangkap untuk ketiga kalinya berturut-turut, ketika memimpin protes perubahan iklim di luar Gedung Kongres Amerika, Capitol.

Fonda (81 tahun) ditangkap hari Jumat (25/10) bersama sesama aktivis dan aktor Ted Danson (71 tahun)

Penangkapan Fonda adalah bagian dari apa yang dijulukinya "Fire Drill Fridays” (“Latihan Pemadaman Kebakaran Jumat”), sebuah kampanye pembangkangan sipil untuk meningkatkan kesadaran tentang perubahan iklim.

Aktris itu mengatakan, “Kita harus bersikap seperti rumah kita sedang terbakar, karena memang demikian.”

Ia merujuk sebuah frasa yang digunakan oleh Greta Thunberg, siswa Swedia dan aktivis iklim. Fonda mengatakan kepada para sesama demonstran pada hari Jumat (25/10), “Saya terinspirasi oleh Greta Thunberg,” dan menambahkan, “sangat penting bagi kita untuk membantu orang memahami bahwa krisis ini sangat mendesak.”

Polisi mengatakan, mereka menangkap 32 pengunjuk rasa pada hari Jumat (25/10) karena berdemonstrasi secara tidak sah di luar Capitol.

Pekan lalu, Fonda ditangkap bersama aktor Sam Waterston, yang bersama Fonda membintangi serial TV Grace and Frankie.

Aktris itu, yang merencanakan demonstrasi lagi Jumat (8/11) depan, terkenal di luar perannya di TV dan film karena aktivisme melawan Perang Vietnam.

Danson juga dikenal sebagai aktivis dan pada tahun 1987 mendirikan American Oceans Campaign (“Kampanye Lautan Amerika”), yang kini dikenal sebagai organisasi nirlaba, Oceana. (Voaindonesia.com)

 


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home