Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 08:25 WIB | Senin, 22 Agustus 2016

Al-Qaeda Nyatakan Perang Terhadap ISIS

Ayman al-Zawahri (Foto: thetimes.co.uk)

KAIRO, SATUHARAPAN.COM -  Pemimpin Al-Qaeda, Ayman al-Zawahiri, menyerukan jihad di seluruh dunia melawan kelompok ekstremis yang sudah dikutuk di seluruh dunia, Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Ia juga menyerukan agar pengikutnya memberikan dukungan kepada Taliban di Afganistan.

Seruan perang itu disampaikan melalui sebuah video yang diluncurkan pada hari Minggu (21/8), sebagaimana diberitakan oleh daylicaller.com.

Zawahiri mengatakan bahwa ISIS dan pemimpinnya, Abu Bakr al-Baghdadi, telah memecah-belah Mujahidin. Dia mendorong komunitas Islam untuk "berbaris di sekitar emirat," sebuah referensi kepada Taliban di Afganistan, dan menyebut dirinya secara resmi sebagai Emirat Islam Afganistan.

Pidato dalam video itu diberi judul "Jangan Terbelah di Antara Kaum Mu Sendiri" adalah yang kedua dalam serangkaian pesan yang oleh Zawahiri, berkebangsaan Mesir, disebut "Pesan Singkat ke Ummah Kemenangan," istilah dalam bahasa Arab untuk komunitas Muslim global. Video pertama menyerang Ikhwanul Muslimin, yang ia sebut sebagai "ayam."

Serial pesan Zawahiri ini tampaknya merupakan upaya untuk melawan ISIS, yang telah secara aktif bersaing dengan al-Qaeda sebagai organisasi teroris Islam global utama. Dua organisasi dengan ideologi yang sama ini,  telah bersaing secara aktif sejak munculnya ISIS pada tahun 2014.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home