Loading...
BUDAYA
Penulis: Reporter Satuharapan 19:01 WIB | Senin, 28 Oktober 2019

Ambon Tampilkan Alat Musik Tahuri di APCCC 2019

Pemerintah Kota Ambon memberikan alat musik tahuri kepada Manajer Adelaide Festival Center sebagai penyelenggara APCCC 2019. (Foto: Antara)

AMBON, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menampilkan alat musik tahuri, yakni alat musik tradisional Maluku yang berasal dari laut berupa kerang atau kulit bia, di Asia Pacific Creative Cities Conference (APCCC) di Adelaide, Australia Selatan, pada 23-27 Oktober 2019.

“Alat musik tahuri diberikan kepada manajer Adelaide Festival Center sebagai penyelenggara APCCC untuk souvenir dari Kota Ambon,” kata Direktur Ambon Music Office (AMO) Ronny Loppies, Senin (28/10/2019).

Ia mengatakan, alat musik tahuri diberikan mengingat tahuri merupakan logo Ambon kota musik.

“Kami sangat bersyukur karena souvenir yang diberikan itu disimpan di ruang penyimpanan penghargaan dari berbagai negara,” katanya.

Ronny menjelaskan, Kota Ambon mendapat undangan dari Wali Kota Adelaide dan Director of UNESCO City of Music of Adelaide untuk mengikuti APCCC 2019.

“Kota Ambon merupakan satu-satunya kota yang diundang padahal belum menjadi kota musik dunia UNESCO, tetapi ini apresiasi tinggi yang diberikan bagi Kota Ambon,” ujarnya.

Ia mengakui, kehadiran Kota Ambon di ajang itu sekaligus membangun jaringan dengan kota kreatif di Asia Pasifik.

Peristiwa itu juga dimanfaatkan Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy untuk bertemu Wali Kota Adelaide Sandy Verschoor.

Banyak hal yang dibicarakan, termasuk tahun 2020 Kota Ambon akan terlibat dalam APCCC.

“Jika tahun ini Kota Ambon hanya menjadi undangan, sesuai rencana tahun depan akan terlibat dan masuk dalam agenda kegiatan APCCC 2020,” kata Ronny. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home