Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 17:33 WIB | Jumat, 04 Maret 2016

Amnesty: Rusia dan Suriah Sengaja Serang Rumah Sakit

Peta serangan terhadap fasilitas kesehatan di Aleppo , Oktober 2015 hingga Februari 2016. (Foto: Amnesty International)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Amnesty International, hari Kamis (3/3) menuduh pasukan Rusia dan Suriah sengaja menarget rumah sakit-rumah sakit dan fasilitas-fasilitas medis Suriah dengan serangan udara untuk memuluskan gerak maju pasukan darat yang pro-pemerintah di Aleppo Utara.

Tirana Hassan, Direktur respons krisis Amnesty International mengatakan bahwa terkait serangan udara selama tiga bulan terakhir.

“Pasukan Suriah dan Rusia telah dengan sengaja menyerang fasilitas-fasilitas kesehatan yang merupakan pelanggaran menyolok terhadap hukum kemanusiaan internasional. Tetapi yang benar-benar mengerikan adalah menghancurkan rumah-rumah sakit itu tampaknya telah menjadi bagian dari strategi militer mereka,” tuduh Hassan sebagaimana dikutip VOA.

Amnesty International menyatakan memiliki bukti kuat mengenai serangan-serangan terhadap enam fasilitas layanan kesehatan yang menewaskan tiga warga sipil, termasuk seorang petugas medis, dan melukai 44 lainnya.

Amnesty menyatakan informasi itu dikumpulkan dari para petugas medis di Anadan dan Hreitan, dua kota di dekat Aleppo.

Ini membuat jelas bahwa strategi pasukan pemerintah Suriah dan Rusia yang memberi dukungan militer adalah mengosongkan populasi kota dengan menghancurkan fasilitas-fasilitas layanan kesehatan, sistem pasokan air dan listrik, guna memfasilitasi serangan darat.

Sementara itu di tempat terpisah, utusan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Suriah, Staffan de Mistura, mengatakan gencatan senjata parsial yang telah berlangsung enam hari dalam perang saudara itu sebagian besar dipatuhi.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home