Loading...
RELIGI
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:36 WIB | Selasa, 25 September 2018

Anak- anak Finlandia Terima Berkat di Awal Pelajaran Baru Sekolah

Ilustrasi. Anak-anak sekolah menerima berkat pada awal pelajaran baru. (Foto lds.org)

FINLANDIA, SATUHARAPAN.COM – Saat ini, pada setiap awal semester, anak-anak di Finlandia diberkati oleh paroki mereka. Pemberkatan dilaksanakan di gereja lokal, biasanya sehubungan dengan misa malam, tetapi kadang-kadang juga selama jam sekolah biasa.

Inisiatif itu diambil sekitar sepuluh tahun yang lalu oleh salah satu keuskupan Swedia dalam Gereja Lutheran Evangelis Finlandia (ELCF), yang merupakan lembaga agama terbesar di negara itu yang memiliki anggota 4 juta dari 5,5 juta jumlah penduduk negera itu.

“Orang tua dan keluarga berkumpul bersama anak-anak mereka di gereja untuk berdoa kepada Tuhan, agar merawat anak-anak dan memberi mereka keamanan, kepercayaan diri, kesehatan, kebahagiaan, teman-teman yang baik, dan semua hal penting lainnya dalam kehidupan,” kata Mirva Sanden, ahli pendidikan dasar anak dan urusan sekolah di dewan ELCF.

Dua tahun lalu, kampanye media sosial dan media diluncurkan untuk meningkatkan kesadaran. Pada bulan Agustus dan September setiap tahun anak-anak di seluruh negeri sekarang sudah menerima berkat.

“Tanggapannya luar biasa. Ini menunjukkan kebutuhan yang jelas di antara anak-anak dan orang yang mereka cintai, untuk mengetahui bahwa seseorang memperhatikan mereka, dan bersama mereka melalui tantangan yang mengubah hidup seperti dimulainya belajar di sekolah,” kata Sandén.

Pemberian berkat disampaikan dalam bahasa Finlandia dan Swedia, yang keduanya merupakan bahasa resmi di Finlandia. Anak-anak prasekolah dan anak-anak di kelas pertama hingga kelas enam diundang. Tahun ini, sebuah himne khusus telah disusun dan dimasukkan dalam kampanye.

“Penting untuk menunjukkan bahwa ini adalah inisiatif paroki hingga seratus persen, meskipun kadang-kadang bekerja sama dengan sekolah-sekolah,” kata Sanden.

Kampanye ini memuncak pada Hari St Michael, 30 September, yang juga merupakan hari bagi semua malaikat Tuhan, ketika orang Kristen merenungkan makna pentingnya dan misi para malaikat.

Seperti negara-negara Nordik tetangga, Finlandia adalah masyarakat yang semakin sekuler.

“Pemberian berkat di sekolah jelas membuat perbedaan bagi anak-anak dan keluarga mereka. Ini memberitahu kita bahwa orang-orang merindukan makna spiritual yang lebih dalam dalam hidup mereka, dan bahwa keyakinan agama memainkan peran penting dalam hal ini,” kata Sanden.  (oikoumene.org)

Editor : Sotyati


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
LAI Got talent
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home