Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:45 WIB | Selasa, 10 Mei 2022

Anak Diktator Filipina, Marcos Diperkirakan Terpilih Jadi Presiden

Kandidat presiden Filipina, Ferdinand Marcos Jr., putra mendiang diktator yang namanya sama, menyampaikan pidatonya pada hari pertama masa kampanye untuk pemilihan 2022 di Arena Filipina di Bocaue, Bulacan pada 8 Februari 2022. (Foto: dok. rappler.com)

MANILA, SATUHARAPAN.COM-Dengan 94,23% suara dari daerah yang sudah dihitung, Ferdinand “Bongbong” Marcos Jr., satu-satunya putra mendiang diktator Filipina yang namanya sama, diperikirakan memenangi pemilihan presiden tahun 2022 di Filipina.

Ini adalah kemenangan bersejarah hampir empat dekade setelah orang Filipina mencopot keluarganya dari kekuasaan, mengakhiri kampanye yang dipoles dengan cara mengubur masa lalu, bersatu untuk persatuan, dan menghindari pengawasan.

Pada pukul 4:41 pagi hari Selasa, 10 Mei, hasil parsial dan tidak resmi dari server transparansi Komisi Pemilihan Umum menunjukkan Marcos Jr. memperoleh lebih dari 30 juta suara, menurut Rapller.com. Itu mewakili 58,86% dari total suara yang dilaporkan untuk semua kandidat presiden.

Ketika penghitungan suara mencapai 80% suara Marcos Jr (Bombom Marcos), mendapat 25,9 juta, jauh di depan penantang terdekatnya, Wakil Presiden saat ini, Leni Robredo, seorang pembela hak asasi manusia, yang memiliki 12,3 juta suara.

Pemenang pemilu akan menjabat pada 30 Juni untuk masa jabatan tunggal enam tahun sebagai pemimpin negara Asia Tenggara yang dilanda wabah dan penguncian COVID-19 selama dua tahun.

Presiden baru menghadapi masalah yang lebih menantang, termasuk kemiskinan dan pengangguran yang lebih dalam dan pemberontakan Muslim dan komunis selama beberapa dekade. Presiden berikutnya juga kemungkinan akan mendengar tuntutan terhadap Presiden yang akan berhenti, Rodrigo Duterte, atas ribuan pembunuhan selama tindakan keras anti-narkobanya, kematian yang sudah diselidiki oleh Pengadilan Kriminal Internasional (ICC).

Putri Duterte, Walikota kota Davao, Sara Duterte, adalah pasangan wakil presiden Marcos Jr. dalam aliansi keturunan dua pemimpin otoriter. Kemitraan mereka telah menggabungkan kekuatan suara dari kubu politik utara dan selatan mereka, meningkatkan peluang mereka tetapi menambah kekhawatiran para aktivis hak asasi manusia.

Sara Duterte juga unggul dengan 25,8 juta suara untuk wakil presiden dalam penghitungan tidak resmi dari server Komisi Pemilihan Umum. Presiden dan wakil presiden dipilih secara terpisah di Filipina.

Sejarah Filipina Terulang?

“Sejarah mungkin terulang jika mereka menang,” kata Myles Sanchez, seorang pekerja hak asasi manusia berusia 42 tahun. “Mungkin akan ada pengulangan darurat militer dan pembunuhan narkoba yang terjadi di bawah orang tua mereka.”

Dalam pernyataan video larut malam, Marcos Jr. tidak mengklaim kemenangan, tetapi berterima kasih kepada para pendukungnya, karena telah menemaninya dalam “perjalanan yang terkadang sangat sulit ini” dan mendesak mereka untuk tetap waspada sampai penghitungan suara selesai.

"Mari kita awasi pemungutan suara," katanya. “Jika kami beruntung, saya berharap bantuan Anda tidak akan berkurang, kepercayaan Anda tidak akan berkurang, karena kami memiliki banyak hal yang harus dilakukan di masa depan.”

Marcos Jr., yang ayahnya digulingkan dalam pemberontakan “Kekuatan Rakyat” yang didukung tentara tahun 1986, memimpin dalam survei pra pemilihan. Tapi Robredo terkejut, dan marah atas prospek Marcos merebut kembali kursi kekuasaan dan memanfaatkan jaringan relawan kampanye untuk mendukung pencalonannya.

Para pejabat mengatakan pemilihan itu relatif damai meskipun ada kantong-kantong kekerasan di selatan negara itu yang bergejolak. Ribuan personel polisi dan militer dikerahkan untuk mengamankan daerah pemilihan, terutama di daerah pedesaan dengan sejarah persaingan politik yang keras.

Orang Filipina berdiri dalam antrean panjang untuk memberikan suara mereka, dengan dimulainya pemungutan suara tertunda beberapa jam di beberapa daerah karena mesin pemungutan suara yang tidak berfungsi, pemadaman listrik, cuaca buruk dan masalah lainnya.

Delapan orang lainnya ikut serta dalam pemilihan presiden, termasuk mantan bintang tinju Manny Pacquiao, Walikota Manila, Isko Moreno, dan mantan kepala polisi nasional, Senator Panfilo Lacson.

Sanchez mengatakan kekerasan dan pelanggaran yang menandai era darurat militer di bawah Marcos, dan perang narkoba Duterte lebih dari tiga dekade kemudian, mengorbankan orang-orang terkasih dari dua generasi keluarganya. Neneknya dilecehkan secara seksual dan kakeknya disiksa oleh pasukan kontra-pemberontakan di bawah Marcos pada awal 1980-an di desa pertanian mereka yang miskin di provinsi Leyte Selatan.

Di bawah tindakan keras Duterte, saudara laki-laki Sanchez, saudara perempuan dan saudara ipar perempuan secara salah dikaitkan dengan obat-obatan terlarang dan dibunuh secara terpisah, katanya kepada The Associated Press dalam sebuah wawancara. Dia menggambarkan pembunuhan saudara-saudaranya sebagai "mimpi buruk yang telah menyebabkan rasa sakit yang tak terkatakan."

Dia memohon orang Filipina untuk tidak memilih politisi yang secara terbuka membela pembunuhan yang meluas atau dengan mudah mengabaikannya.

Marcos Jr dan Sara Duterte menghindari isu-isu yang bergejolak seperti itu dalam kampanye dan malah berpegang teguh pada seruan perang persatuan nasional, meskipun kepresidenan ayah mereka membuka beberapa divisi paling bergejolak di Filipina.

“Saya telah belajar dalam kampanye kami untuk tidak membalas,” kata Sara Duterte kepada pengikutnya pada hari Sabtu malam di hari terakhir kampanye, di mana dia dan Marcos Jr. mengucapkan terima kasih kepada kerumunan besar di malam musik rap, pertunjukan tari, dan kembang api di dekat Teluk Manila.

Pada rapat umum sendiri, Robredo berterima kasih kepada para pendukungnya yang membuat serangan mendadak bertabur bintang dan mengobarkan pertempuran dari rumah ke rumah untuk mendukung merek politiknya yang bersih dan langsung. Dia meminta mereka untuk memperjuangkan cita-cita patriotik di luar pemilihan.

“Kami telah belajar bahwa mereka yang telah terbangun tidak akan pernah menutup mata mereka lagi,” kata Robredo kepada orang banyak yang memenuhi avenue utama di distrik keuangan ibu kota Makati. “Adalah hak kami untuk memiliki masa depan yang bermartabat dan merupakan tanggung jawab kami untuk memperjuangkannya.”

Di provinsi Maguindanao, sebuah titik rawan keamanan di selatan, tiga penjaga desa dibunuh oleh orang-orang bersenjata di luar sebuah pusat pemilihan di kota Buluan, yang sempat mengganggu pemungutan suara. Sembilan calon pemilih dan rekan-rekan mereka terluka secara terpisah Minggu malam ketika orang-orang tak dikenal menembakkan lima granatdi balai kota Datu Unsay, kata polisi.

Selain kursi kepresidenan, lebih dari 18.000 jabatan pemerintah sedang diperebutkan, termasuk setengah dari 24 anggota Senat, lebih dari 300 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat, serta kantor-kantor provinsi dan lokal di seluruh nusantara yang berpenduduk lebih dari 109 juta orang Filipina.

Lebih dari 67 juta orang terdaftar untuk memilih, termasuk sekitar 1,6 juta orang Filipina di luar negeri.

Dalam pemilihan 2016, Duterte muncul sebagai pemenang yang jelas dalam beberapa jam setelah jajak pendapat ditutup dan penantang utamanya dengan cepat kebobolan. Pemilihan wakil presiden tahun itu dimenangkan secara tipis oleh Robredo atas Marcos Jr., dan hasilnya lebih lambat diketahui. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home