Loading...
SAINS
Penulis: Melki 12:54 WIB | Jumat, 03 Februari 2023

Anak Stunting dapat Diderita Pada Semua Level Ekonomi

Ilustrasi - Tumbuh kembang anak. IStock/choreograph.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Masalah kurang gizi dan nutrisi kronis yang ditandai tinggi badan anak lebih pendek dari standar anak seusianya atau stunting, bisa dialami oleh semua anak dari berbagai level ekonomi.

"Stunting bisa dialami oleh semua anak dari berbagai level ekonomi, jadi penyebab masih tingginya angka stunting di Indonesia sangat kompleks," ujar dokter spesialis anak dengan keahlian khusus di bidang endokrinologi anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. dr Aman Bhakti Pulungan, PhD, SpA(K), dalam keterangannya diterima di Jakarta, Jumat (3/2).

Aman Pulungan mengatakan banyak orangtua tidak menyadari bahwa pemeriksaan kesehatan secara dini untuk anak dapat membantu mencegah stunting, dan penyakit-penyakit lainnya, termasuk diabetes yang saat ini banyak dialami oleh anak-anak usia dini.

Stunting, dikatakan Aman, tidak hanya mengenai permasalahan tinggi badan, namun juga bisa memengaruhi perkembangan fisik dan kognitif yang tidak optimal seperti lambat berbicara atau berjalan, hingga sering mengalami sakit.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home