Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 06:29 WIB | Minggu, 16 Agustus 2020

Anggota Uni Eropa Setujui Tindakan Balasan Terhadap Turki

Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan Keamanan, Josep Borrell Fontelles. (Foto: Uni Eropa)

SATUHARAPAN.COM-Negara-negara anggota Uni Eropa (UE) pada hari Jumat (14/8) sepakat untuk mempersiapkan langkah-langkah balasan sebagai tanggapan atas aktivitas angkatan laut Turki di Mediterania Timur.

Menyusul pertemuan mendesak yang diadakan oleh Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan, Josep Borrell, para menteri luar negeri dari 27 negara anggota menganggap mobilisasi angkatan laut baru-baru ini oleh Turki akan "mengarah pada antagonisme dan ketidakpercayaan yang lebih besar".

Para menteri menegaskan kembali dukungan kuat kepada Borrell untuk membangun kembali dialog dan memfasilitasi keterlibatan kembali dengan Turki. Borrell juga akan mempersiapkan "pilihan tentang tindakan yang lebih tepat jika ketegangan tidak mereda," menurut Dewan Uni Eropa.

Menekankan bahwa kemerosotan serius dalam hubungan dengan Turki memiliki konsekuensi strategis yang luas bagi seluruh UE, dan para menteri mengatakan diskusi yang lebih luas tentang hubungan dengan Turki akan diadakan pada Agustus ini.

Jumat lalu, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengatakan negaranya melanjutkan kegiatan pengeboran di Mediterania timur, satu hari setelah Mesir dan Yunani menandatangani perjanjian tentang demarkasi perbatasan maritim antara kedua negara dan menetapkan zona ekonomi eksklusif di antara mereka di Laut Mediterania. (Xinhua)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home