Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 12:16 WIB | Senin, 26 April 2021

Anthony Hopkins, Aktor Terbaik 2021

Anthony Hopkins, Aktor Terbaik 2021
Foto 15 Februari 2011, Anthony Hopkins tersenyum saat berpose untuk foto sebelum pemutaran perdana film barunya "The Rite" di Mexico City. (Foto: dok. AP
Anthony Hopkins, Aktor Terbaik 2021
Gambar yang dirilis oleh Sony Pictures Classics ini menunjukkan Anthony Hopkins dalam sebuah adegan dari "The Father." (Foto: Sean Gleason/Sony Pictures Classics melalui AP)

LOS ANGELES, SATUHARAPAN.COM-Setelah tiga dekade tampil sebagai aktor untuk sosok pembunuh berantai Haninibal Lecter, Anthony Hopkin meraik Oscar sebagai aktor utama terbaik. Dia memerankan seorang pria melawan demensia dalam “The Father”, dan ini memberinya trofi keduanya.

Hopkins adalah pemenang kejutan dalam kategori akting teratas. Almarhum Chadwick Boseman secara luas diperkirakan akan memenangkan penghargaan tersebut, yang dalam langkah yang sangat langka oleh akademi film adalah upacara yang berbeda.

Boseman dinominasikan untuk "Ma Rainey’s Black Bottom," film terakhirnya sebelum kanker merenggut nyawanya Agustus lalu pada usia 43 tahun. Bintang "Black Panther" itu telah didiagnosis dengan penyakit tersebut empat tahun sebelumnya dan merahasiakannya saat ia terus bekerja.

Kemenangan Hopkins juga antiklimaks di acara di mana dia tidak hadir untuk menerima trofi. Pembacaan namanya oleh Presenter Joaquin Phoenix merupakan momen dramatis terakhir dari upacara yang paling tidak biasa.

Hopkins, 83 tahun, menjadi aktor atau aktris tertua yang memenangkan Oscar, mengungguli kemenangan aktor pendukung, Christopher Plummer ,pada usia 82 dalam film 2010 "Beginners." Plummer, yang meninggal pada bulan Februari di usia 91 tahun, mendapatkan penghargaan Oscar pada usia 88 tahun untuk “All the Money in the World,” sebuah pencapaian yang berarti.

Dia telah menerima empat nominasi Oscar lainnya, termasuk tahun lalu untuk perannya sebagai Benediktus dalam "The Two Popes"; sebagai presiden eponim di "Nixon"; John Quincy Adams dalam drama perbudakan "Amistad", dan kepala pelayan setia dalam "The Remains of the Day".

Dalam wawancara tahun 2016 dengan The Associated Press, Hopkins mengatakan karier akting tidak ada dalam rencana. “Saya ingin menjadi seorang musisi, tetapi saya terjun ke bisnis ini karena kesalahan,” katanya.

“Saya masih melihat ke belakang sambil berpikir seseorang akan berkata, 'Maaf, Tony, Anda berada dalam bisnis yang salah.'”

Hopkins, yang memulai di teater tetapi merasa tidak cocok, fokus pada peran film setelah jeda layarnya bermain sebagai Richard the Lionheart dalam "The Lion in Winter" pada tahun 1968.

Pada tahun 2000, dia menjadi warga negara AS. Dia dianugerahi gelar kebangsawanan oleh Ratu Elizabeth II pada tahun 1993, memberinya hak untuk menambahkan″Sir″ di depan namanya.

Dalam ulasan penulis Associated Press Jake Coyle tentang "The Father," dia menyebutnya memukau "untuk melihat Hopkins memainkan semua perubahan suasana hati yang selalu berubah-ubah ini... Untuk seorang aktor yang begitu intens, sangat tidak sentimental.” Selain Boseman, nominasi lainnya adalah Riz Ahmed, Gary Oldman dan Steven Yeun. (AP)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home